www.halloriau.com


Ekonomi
BREAKING NEWS :
Kejari Pelalawan Musnahkan Barang Bukti TPU yang Telah Inkracht
 
APR Kenalkan Tekstil Lokal Ramah Lingkungan untuk UMKM Fashion Riau
Jumat, 02 Juni 2023 - 17:21:25 WIB
Pakar tekstil dan serat kain PT APR, Asep Dadang Kusmiran memperkenalkan tekstil lokal ramah lingkungan kepada puluhan UMKM Fashion Riau.(foto: istimewa)
Pakar tekstil dan serat kain PT APR, Asep Dadang Kusmiran memperkenalkan tekstil lokal ramah lingkungan kepada puluhan UMKM Fashion Riau.(foto: istimewa)

Baca juga:

Dampak Investasi RAPP Ubah Pangkalan Kerinci: Dari Desa Jadi Pusat Kontribusi Ekonomi Kelas Dunia
Pagi Masih Terdeteksi 2 Hotspot di Kampar dan Siak, Titik Api Nihil
Maverick Vinales Terpikat Gaji Besar Honda, Aprilia di Ujung Tanduk

PEKANBARU - Berbagai profesi di bidang kriya, kain dan fashion lokal kembali berkumpul Rabu lalu (31/5/2023) pada Kelas Berbagi keempat gelaran Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) badan pengurus daerah Riau.

30 orang yang berkumpul sebagai peserta diantaranya terdiri dari perancang busana, penjahit, pembatik dan penenun kain khas melayu Riau.

Kegiatan yang berlangsung di Pekanbaru tersebut menghadirkan Asep Dadang Kusmiran sebagai pemateri, yakni seorang pakar tekstil dan serat kain dari PT Asia Pacific Rayon (APR), pabrik serat kain alami terbesar di Asia Tenggara dengan lokasi operasi di Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Riau.

Tak hanya memperkenalkan jenis-jenis kain yang cocok untuk iklim di Indonesia, Asep turut menjelaskan bagaimana setiap material kain memiliki cara wash and care (pencucian dan pemeliharaan) yang berbeda-beda.

"Dengan iklim indonesia yang tropis, kain dengan serat berbahan alami tentu lebih sesuai untuk konsumen kita, misalnya rayon atau viscose yang sudah terbukti lebih halus dan mampu menyerap keringat 1,5 kali lebih cepat dibandingkan kain lainnya," terangnya.

Asep menambahkan, kain khas Melayu seperti batik Bono dan tenun Siak dapat juga memadu-padankan dua jenis serat kain berbeda.

Ia menyarankan agar setiap pelaku industri fashion berani mencari tahu material kain sebelum memproduksi rancangannya agar fashion yang dihasilkan berkualitas lagi ramah lingkungan.

Salah satu peserta yang hadir untuk pertama sekali ke Kelas Berbagi API Riau ialah Sania. Pemilik brand Sania Amirah itu mengaku tertantang untuk mengeksplor jenis kain yang sesuai untuk lini bisnis fashionnya.

"Alhamdulillah materi yang diberikan bermanfaat banget bagi saya dan saya ngga sabar untuk mencoba tekstil yang ramah lingkungan, saya ingin tahu bagaimana hasilnya untuk jenis baju yang digunakan sehari-hari," akunya.

Pada kesempatan tersebut, API BPD Riau turut mengundang salah satu pelaku bisnis konveksi seragam asal Pelalawan, Rosmawati untuk berbagi pengalaman suksesnya dalam merintis usaha.

Usahanya yang dirintis sejak 2013 itu telah berhasil mendulang untung dan terus berkembang pesat hingga meraup omset hingga ratusan juta rupiah.

Pada sesi akhir kegiatan, Ketua Umum API BPD Riau, Basrie Kamba memberikan pesan penutup dan informasi perkembangan industri tekstil dalam negeri.

"API mengajak kepada seluruh peserta untuk terus berkarya dan saling berkolaborasi. Kita harus bersiap untuk industri fashion yang kompetitif dan terus inovatif," tutupnya.

Sebagai salah satu asosiasi tekstil terbesar di Indonesia, API bertujuan menjadi wadah komunikasi para perusahaan tekstil dan garmen mencakup hulu dan hilir (pembuatan benang sampai garmen) di Indonesia.

Sejak awal tahun, API BPD Riau terus konsisten menghelat pelatihan-pelatihan bagi pelaku UMKM fashion di Riau dengan di dukung APR.(rilis)



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Kegiatan pemusnahan barang bukti di Kejari Pelalawan.(foto: andi/halloriau.com)Kejari Pelalawan Musnahkan Barang Bukti TPU yang Telah Inkracht
Kantor Imigrasi Kelas II TPI Selatpanjang, Kepulauan Meranti melaksanakan layanan KetupatPermudah Masyarakat Urus Paspor, Imigrasi Selatpanjang Gelar Layanan Ketupat
Plt Direktur Ormas, Risnandar Mahiwa (kiri) disebut-sebut bakal dilantik jadi Pj Wako Pekanbaru (foto/ist)Lusa, Pj Gubri Lantik Pj Wako Pekanbaru, Nama Risnandar Mahiwa Mencuat
  Anggota Komisi II DPRD Kepulauan Meranti, Dedi Yuhara LubisDPRD Pertanyakan Anggaran Lelang Mobil Dinas yang Tak Dilaporkan, Ada Indikasi Penyelewengan
BPOM Dumai bersama pelaku usaha obat tradisional Bagansiapiapi.(foto: afrizal/halloriau.com)BPOM Dumai Beri Edukasi Pelaku Usaha Obat Tradisional Bagansiapiapi
Anggota DPRD Pekanbaru, Hamdani.(foto: int)Kritik Biaya UKT, Hamdani: Peningkatan Pendidikan Jadi Alasan, Harusnya Gratis
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Silaturahmi Tanoto Foundation Riau Bersama Jurnalis
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved