www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Jelang Pilkada, "Perang" Baliho Bakal Calon Kepala Daerah Mulai Terlihat di Pekanbaru
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


15 Hari Usai Kontrak Berakhir Oprit Jembatan di Inhil Ambrol
Kamis, 19 Januari 2023 - 22:26:26 WIB

PEKANBARU - Akibat tak ada tanggul penahan, oprit pembangunan jembatan di Kabupaten Inhil setinggi 1,5 meter ambrol hanya berjarak beberapa hari dari kontrak selesai.

Dilansir detik.com, oprit atau penimbunan untuk menghindari turunnya tanah di sisi jembatan itu ambrol, Minggu (15/1/2023), artinya oprit ambrol setelah 15 hari kontrak selesai pada 30 Desember 2022.

Setelah kontrak diselesaikan kontraktor CV Karya Utama, oprit tiba-tiba saja ambrol. Di mana foto ambrolnya oprit terserbar di grup-grup WhatsApp beberapa hari terakhir.

Kepala Dinas PUPR-PKPP Riau, Arief Setiawan membenarkan oprit di Inhil ambrol dan fotonya tersebar. Menurutnya kegiatan itu baru selesai akhir tahun 2022.

"Kegiatan ini tahun 2022 selesai di tanggal 30 desember. Saat ini sedang proses pemeliharaan dan belum diresmikan, jadi peresmian nunggu aspal dulu karena kan masih tanggungjawab kontraktor," katanya singkat, Kamis (19/1/2023).

Sementara itu Kasi Pembangunan Jalan dan Jembatan Dinas PUPR Riau, Brantas Hartono menuturkan, oprit jembatan memiliki tinggi 1,5 meter dan ambrol karena diguyur hujan deras hingga ada kendaraan melintas.

"Itu timbunan dengan tinggi 1,5 meter. Jadi longsor karena hujan dan ada kendaraan lewat situ karena tak ada konstruksi yang menahan beton, turap tidak ada," sebutnya.

Meski begitu, Brantas mengaku oprit yang ambrol tersebut tanggungjawab CV Karya Utama. Sebab ada pemeliharaan setelah kontrak selesai selama 180 hari.

"Masa pemeliharaan itu 180 hari setelah kontrak selesai 30 desember kemarin ya. Intinya masih tanggungjawab kontraktor," ucap Brantas.

Dalam kontrak, pembangunan Jembatan H Maming di ruas Jalan Selensen-Kota Baru- Bagan Jaya dikerjakan sejak 27 Juni 2022 dengan nilai kontrak Rp6.830.539.505 dan sudah berakhir pada 30 Desember 2022.

Brantas menyebut dalam perencanaan di proyek tersebut tak ada pekerjaan dinding atau turap. Meskipun kondisinya rawan longsor akibat tergerus aliran sungai yang kerap dilalui kapal bermuatan kepala sawit.

"Dalam perencanaan tidak ada pekerjaan dinding penahan tanah atau turap. Untuk oprit sendiri saat ini sudah diperbaiki," tuturnya.

Selain itu, daerah oprit jembatan terdapat bongkar muat sawit. Sehingga jika turap beton dibangun akan menutup akses ke dermaga sawit milik masyarakat.

Akibatnya, pembuatan turap beton tidak dapat izin dari masyarakat. Sebagai solusi untuk mengatasi timbunan oprit dibuatlah menggunakan geobag dan tidak dibayar.

"Untuk mengatasi timbunan pada oprit akibat tidak adanya turap beton perlu diberi pengaman timbunan. Maka pengaman timbunan yang dilaksanakan menggunakan geobag. Item geobag tidak dibayar," pungkasnya.(*)

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Salah satu baliho bakal calon Gubernur Riau yang dipasang di simpang empat Arentka, Rabu (17/4/2024) (foto:rinai/halloriau) Jelang Pilkada, "Perang" Baliho Bakal Calon Kepala Daerah Mulai Terlihat di Pekanbaru
ICDX Bursa Indonesia.(foto: istimewa)Konflik Iran-Israel Tidak Goyahkan Kinerja Bursa Komoditas Indonesia
Kampus Prodi Doktor Sains Manajemen UIR.(foto: istimewa)UIR Hadirkan Program Doktor Sains Manajemen
Ilustrasi harga TBS naik di Riau (foto/int)Harga TBS Sawit Mitra Swadaya di Riau Nyaris Rp3 Ribu/Kg
Jurnalis dan vlogger Riau review Honda Stylo 160 Fashion Urban City Rolling di Pekanbaru (foto/ist)Serunya City Rolling Honda Stylo160 Bersama Jurnalis dan Vlogger Riau
  Man City Vs Real Madrid.Prediksi Man City Vs Real Madrid: The Citizens Menang Tipis
Lonjakan arus kendaraan di Tol Riau sepanjang musim mudik dan balik lebaran.(foto: mcr)416.007 Kendaraan Melintas di Tol Riau Saat Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024
Cabai merah keriting turun di Pekanbaru (foto/int)Cabai Merah Turun Jadi Rp25 Ribu/Kg, Ini Harga Sembako di Pekanbaru Pasca Lebaran
Pembiayaan gadai emas lebih murah di BRK Syariah (foto/ist)Pembiayaan Gadai Emas Lebih Murah di BRK Syariah, Ujrahnya Hanya Rp6.000 per Gram
AAR jual motor mantan majikan saat dititipi jaga rumah (foto/ist)Titip Rumah Saat Mudik, Motor dan Tabung Gas Malah Dijual Mantan Karyawan
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Sepanjang Jalan Rajawali Rusak Parah
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved