www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Ini 4 Tim yang Pastikan Tempat di Semifinal Piala AFF U-19 2024
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Arak-arakan Meriah, Bupati dan Wakil Bupati Siak Dianugerahi Gelar Adat LAMR
Minggu, 09 Juni 2024 - 19:29:51 WIB

SIAK - Bupati Siak, Alfedri dan Wakil Bupati Siak, Husni Merza diarak dari Jalan Hang Tuah menuju Gedung Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Siak, Minggu (9/6/2024).

Keduanya mengenakan pakaian adat Melayu berwarna hitam dan bercorak kuning, diiringi musik kompang dan diarak di bawah payung kuning.

Sesampainya di depan gedung LAMR Siak, mereka disambut dengan silat Melayu, sebuah bentuk penghormatan yang khas.

Setelah pertunjukan silat, Alfedri dan Husni memasuki gedung, disambut Ketua MKA LAMR Siak, Datuk Seri Wan Said dan Ketua DPH LAMR Siak, Datuk Seri Arfan Usman, beserta jajaran pengurus LAMR lainnya.

Acara ini juga dihadiri berbagai tokoh penting, termasuk Ketua MKA LAM Riau Datuk Marjohan Yusuf, Ketua DPH LAM Riau Datuk Taufik Ikram Jamil, Ketua DPRD Siak Indra Gunawan, Pj Bupati Batubara Nizamul, Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso, serta unsur Forkopimda Siak dan Riau.

Alfedri dan Husni, yang tidak mengenakan selempang dan tanjak, akan diberikan simbol-simbol adat tersebut dalam prosesi penabalan gelar.

Mereka duduk diapit Datuk Seri Wan Said dan Datuk Marjohan Yusuf, sementara acara diawali dengan tarian zapin tradisional yang dibawakan dua penari senior dengan baju Melayu berwarna orange.

Ketua DPH LAMR Siak, Datuk Seri Arfan Usman menjelaskan, penabalan gelar adat kepada Alfedri dan Husni telah dipertimbangkan dengan cermat.

"Umpama sungai sudah sampai di lubuk, umpama memanjat sudah sampai di pucuk," ujarnya dilansir tribunpekanbaru.com.

"Sudah selesai segala runding, sudah selesai semua mufakat, maka patut kiranya gelar adat datuk setia amanah dan timbalan datuk setia amanah kita berikan kepada tuan bupati alfedri dan tuan wakil bupati husni merza," sambungnya.

Menurut Datuk Arfan, gelar adat diberikan kepada seseorang yang menunjukkan perilaku baik dan mampu memanfaatkan kemampuan serta kekuatannya untuk memuliakan negeri sesuai alur adat.

"Perilaku inilah yang dapat kita rasakan dari tuan bupati siak dan tuan wakil bupati siak yang sudah berhasil membawa siak menjadi negeri yang cemerlang, gemilang dan terbilang," tuturnya.

Ia juga memuji keberhasilan Alfedri dalam melaksanakan pembangunan dan inovasi di era digital, yang membawa banyak penghargaan bagi Siak, baik di tingkat provinsi maupun nasional.

"Semua ini diraih karena tenaga dan pikiran tuan bupati berikan untuk negeri siak yang sama-sama kita cintai ini," lanjutnya.

Alfedri sebelumnya telah diakui sebagai Timbalan Datuk Setia Amanah saat menjabat sebagai Wakil Bupati Siak periode 2011-2021.

Oleh karena itu, gelar yang diberikan kali ini dinilai sangat tepat berdasarkan pengamatan dan pertimbangan yang hati-hati.

Datuk Arfan juga menekankan pentingnya doa dalam pemberian gelar ini dan gelar adat tersebut memiliki makna yang luas bagi seluruh masyarakat.

"Yang merah itu saga, yang kurik itu kundi, yang baik itu bahasa, yang elok itu budi," pungkasnya.(Infotorial)

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Pemain Timnas Indonesia di Piala AFF U-19 2024.(foto: detik.com)Ini 4 Tim yang Pastikan Tempat di Semifinal Piala AFF U-19 2024
Pj Walikota Pekanbaru, Risnandar Mahiwa saat kegiatan PIN Polio di Pekanbaru.(foto: int)PIN Polio di Pekanbaru Sasar 145.754 Anak di 1.533 Pos Imunisasi
Motor matic dilindas truk Fuso yang masuk ke Jalan Arengka, Pekanbaru (foto/IG Pekanbaruviral)Video Kecelakaan Viral di Pekanbaru, Truk Fuso Lindas Motor
Rombongan Agung-Markarius kunjungi pemilik Ponpes Babussalam Tuan Guru Ismail Royan, Selasa (23/7/2024) (foto:ist)Tuan Guru Ismail Royan Doakan AMAN, Sebut Calon Pemimpin yang Berpotensi
BKPSDM Rohil, Acil Rustianto, saat bertindak sebagai pembina apel pagi (foto/afrizal)ASN Pemkab Rohil Harus Penuhi Kewajiban Sebelum Menuntut Hak
  Evaluasi enam pejabat eselon II Pemprov Riau tuntas (foto/int)Evaluasi 6 Pejabat Pemprov Riau Rampung, Siapa yang Dapat Posisi Baru?
Arus Bawah condong SF Hariyanto lebih cocok jadi wakil Abdul Wahid dalam Pilgub Riau 2024 (foto/int)Arus Bawah: SF Hariyanto Cocok Jadi Wakil Abdul Wahid di Pilgub Riau
Sekda Pekanbaru, Indra Pomi sudah beri teguran ke penyedia layanan kabel optik (foto/int)Warga Pekanbaru Terjerat Kabel Optik dan Masuk RS, Ini Reaksi Pemko
Pj Gubri, SF Hariyanto menyerahkan SK PPPK guru honor Kuansing dan Inhu (foto/int)Akhirnya 332 Guru Honorer di Inhu dan Kuansing Terima SK PPPK
Bakal Calon Walikota Pekanbaru, Agung-Markarius minta nasehat Tuan Guru Ismail Royan (foto/Mimi)Calon Walikota Pekanbaru Agung-Markarius Sambangi Tuan Guru Ismail Royan
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
RGE Jurnalism Workshop Perkaya Pengetahuan Wartawan
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved