www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
ARA Berkomitmen Perkuat Peranan dalam Pendidikan di Riau
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Nasib Baik, 5 Pembuang Sampah Sembarangan di Pekanbaru Masih Diberi Peringatan
Minggu, 15 Januari 2023 - 13:31:49 WIB

PEKANBARU - Lima orang pembuang sampah sembarangan tertangkap Tim Yustisi Pemko Pekanbaru saat Operasi Simpatik Bertuah, Sabtu (14/1/2023) malam.

Wakil Ketua Yustisi Pemko Pekanbaru, Syoffaizal mengatakan, dari operasi yustisi yang dilakukannya bersama TNI-Polri, Satpol PP, Kesbangpol dan DLHK, mendapati lima orang yang membuang sampah sembarangan di lokasi yang berbeda-beda.

"Tiga orang tertangkap di jalan sudirman dekat adira finance, kemudian satu orang di jalan kuini dan satu orang di jalan manggis," ujar Syoffaizal, yang juga menjabat Asisten I Setdako Pekanbaru.

Anehnya kata Syoffaizal, ada warga yang rumah atau tempat tinggalnya jauh dari lokasi dia membuang sampah.

"Ada yang tinggalnya di jalan terubuk tapi buang sampahnya di jalan manggis," sebutnya.

Dikatakannya, lima orang yang diamankan ini selanjutnya didata dan masing-masing difoto.

Saat ini pihaknya masih memberikan teguran dan peringatan kepada para pelanggar. Namun untuk selanjutnya, akan diberikan sanksi tegas.

"Untuk saat ini kelima orang tersebut memang masih kita beri peringatan untuk tidak melakukan hal seperti ini. Jika nantinya kedapatan lagi maka akan dikenakan sanksi tipiring," terangnya.

"Karena kan mereka sudah difoto, nanti bakal ketahuan kalau mereka mengulanginya lagi, dan mereka tadi berjanji tidak mengulangi perbuatan tersebut," jelasnya.

Menurutnya, razia ini dilakukan dalam upaya untuk menyelesaikan masalah sampah. Saat ini masalah sampah sudah mulai terurai meski belum tuntas.

Pihaknya berharap, menyelesaikan masalah sampah ini tidak hanya tugas pemerintah semata, namun juga jajaran pemerintah ke bawah, baik Camat, Lurah, menangani sampah ini, serta perlu adanya kesadaran masyarakat.

"Perlu kesadaran sehingga masyarakat dapat membuang sampah pada tempatnya dan pada waktu yang sudah ditentukan," ucapnya.

Sebenarnya, kata Syoffaizal, sasaran Pemko Pekanbaru bukanlah mengambil denda dari pelanggar Perda, namun lebih kepada efek jera agar semua mempunyai kepedulian terhadap kebersihan Pekanbaru.

"Bagaimana pekanbaru ini bersih dan orang akan ramai datang, mereka belanja, nginap dan berusaha di Pekanbaru," harapnya.

"Sehingga perputaran uang dalam rangka pemulihan nasional bisa kita laksanakan, inflasi bisa kita tekan dan banyak efek domino lainnya," sambungnya.

Diketahui, dalam Perda Nomor 8 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Sampah di Kota Pekanbaru, menyebutkan untuk pelanggar bisa disanksi denda hingga kurungan.

Bagi yang membuang sampah sembarangan akan dikenakan denda mulai dari Rp2,5 juta hingga Rp25 juta.

Penulis: Rahmat Hidayat
Editor: Barkah

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
ARA menggelar halalbihalal di Kebun Pribadi salah satu anggota ARA yaitu Prof Dr H Syafrinaldi (foto/ist)ARA Berkomitmen Perkuat Peranan dalam Pendidikan di Riau
Timnas Indonesia U-23 bersiap hadapi Yordania dalam pertarungan penentu nasib di Piala Asia U-23 2024 (foto/detik)Menegangkan, Timnas Indonesia Hadapi Yordania dalam Laga Penentu Nasib di Piala Asia U-23 2024
Ilustrasi banjir di Pekanbaru dampak hujan lebat seharian (foto/int)Prakiraan Cuaca Hari Ini, Riau Hujan Lebat Sore-Malam, Waspadai Angin Kencang
ilustrasi Karhutla.Petugas Gabungan Siap Siaga di Sejumlah Pos Rawan Karhutla
Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru, Muflihun.Pilwako Pekanbaru, Masyarakat Kota Pekanbaru Jangan Terlibat Politik Uang
  Perayaan HUT Hotel New Hollywood ke-13 beralngsung meriah (foto/ist)Manajemen dan Karyawan Rayakan HUT Hotel New Hollywood ke-13
Pembersihan drainase di Jalan Arifin Ahmad Pekanbaru dengan mini excavator (foto/IG PUPRpku)Pemko Pekanbaru Keruk Drainase Pakai Excavator, Netizen: Kok Baru Sekarang?
Ilustrasi hotspot di Riau masih nihil (foto/int)Hotspot Pulau Sumatera Membara Lagi, BMKG: Riau Tetap Nihil
Pj Sekretaris Daerah Provinsi Riau, Indra.Pj Sekda Harap MTQ ke-42 Tingkat Provinsi Riau Berjalan Sukses dan Lancar
Polisi melakukan olah TKP pembunuhan Fahru Rozi (Dok. Humas Polres Rohul).Remaja di Rohul Tewas Ditebas Teman gegara Dituduh Ambil Brondolan Sawit
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Sepanjang Jalan Rajawali Rusak Parah
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved