www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
ETLE Kini Pakai Sistem Poin, Resiko SIM Bisa Dicabut
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Jembatan Panglima Sampul Runtuh, Pembangunan Jalur Alternatif di Sungai Perumbi Dipercepat
Jumat, 24 Mei 2024 - 13:57:34 WIB

MERANTI - Jembatan Panglima Sampul yang menghubungkan Desa Alai dengan Desa Gogok Darussalam di Kecamatan Tebingtinggi Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, runtuh pada Rabu (22/5/2024) siang. Insiden ini memaksa pemerintah daerah untuk segera mencari solusi alternatif.

Pembangunan jembatan kempang penyeberangan di Sungai Perumbi kini dikebut sebagai jalur sementara. Ruslan, pengelola proyek jembatan kempang, menjelaskan bahwa meskipun belum ada kepastian kapan jembatan ini bisa digunakan, pihaknya berusaha agar bisa selesai dalam waktu secepatnya.

"Bahan sudah masuk dan targetnya seminggu, namun kita upayakan secepatnya sudah bisa difungsikan. Kita fokus ke jembatannya saja dulu, karena kalau untuk armada kempangnya sudah ada," ujarnya pada Jumat (24/5/2024).

Sebagai langkah cepat, Dinas Perhubungan (Dishub) Kepulauan Meranti membangun dermaga sementara dari material kayu.

"Jangka pendeknya akan dibangun dermaga transportasi penyeberangan kempang dari dua sisi, yakni di Desa Gogok dan Alai, sebagai alternatif akses masyarakat saat ini," kata Agusyanto Bakar, Kepala Dishub Kepulauan Meranti, melalui Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Gilang Wana Wijaya Cendikia.

Untuk memfasilitasi penyeberangan, tiga unit kempang disediakan oleh warga setempat. Gilang menegaskan pentingnya biaya yang terjangkau bagi warga.

"Kita hanya memfasilitasi, nantinya armada kempang disediakan oleh warga setempat. Tentunya ada biaya yang dikeluarkan, hanya saja kita meminta untuk ongkosnya tidak terlalu mahal," jelasnya.

Tarif penyeberangan ditetapkan sebesar Rp5.000 sekali jalan. "Kami juga menekankan agar keselamatan penumpang jadi prioritas. Sambil menunggu proses pembuatan dermaga penyeberangan ini selesai, masyarakat bisa menggunakan jalan alternatif lewat Desa Tenan," tambahnya.

Kepala Desa Alai, Jonnedi, mengungkapkan bahwa beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden ambruknya jembatan. "Sekitar setengah jam sebelum ambruk, kami bersama pihak Polsek Tebingtinggi Barat sudah berjaga-jaga dan mengingatkan warga agar berhati-hati di jembatan ini," katanya.

Jonnedi menjelaskan bahwa jembatan yang sudah berusia sekitar 21 tahun tersebut sempat bergeser sebelum ambruk, sehingga aktivitas warga di atas jembatan dihentikan.

Ada bunyi gitu sebelum ambruk, maka kita minta warga yang berada di sekitar lokasi untuk menjauh dan warga yang mau lewat langsung kita setop agar tidak lewat," jelasnya dikutip dari MC.riau.go.id.

Dengan percepatan pembangunan jembatan kempang diharapkan dapat segera mengembalikan kemudahan akses bagi masyarakat antar desa di Kecamatan Tebingtinggi Barat. (*)

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
ETLE terapkan tilang pakai poin.(ilustrasi/int)ETLE Kini Pakai Sistem Poin, Resiko SIM Bisa Dicabut
Bencana galodo Sumbar beberapa waktu lalu.(foto: int)Pemprov Sumbar Siapkan 3,8 Hektare Lahan Relokasi untuk Korban Bencana di Tanah Datar
Prakiraan cuaca di Riau hari ini.(ilustrasi/int)Cuaca di Riau Hari ini: Waspadai Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang
Pj Walikota Pekanbaru Risnandar Mahiwa Saat Memimpin Rapat Kegiatan Bakti Sosial Sinergi antara Pemprov Riau dan Pemko Pekanbaru.Kamis Ini Pemko dan Provinsi akan Gelar Aksi Bersih-bersih Sempena Hari Jadi ke-240
Sekdako Pekanbaru, Indra Pomi Nasution.(foto: int)Sekda Ingatkan ASN Pemko Pekanbaru Tak Tambah Libur
  Ramalan zodiak hari ini.(ilustrasi/int)Ramalan Zodiak Hari ini 19 Juni 2024: Aquarius Hindari Kesalahan, Gemini Berhemat
Titik panas di Riau.(ilustrasi/int)Riau Menyala 1 Hotspot di Rohul Pagi ini, Sumatera Ada 10 Titik Panas
Gubernur Sumatra Barat, Mahyeldi Ansharullah.Survey Integral: Elektabilitas Epyardi Asda sebagai Bakal Calon Gubernur Dekati Petahana Mahyeldi
Penjabat (Pj) Gubernur Riau (Gubri) SF HariyantoSosok Syekh Ma'sum Tambusai di Mata Pj Gubernur Riau SF Hariyanto
Sapi kurban milik anggota DPRD Pekanbaru yang terberat se-Sumatea, kalahkan sali Jokowi.(foto: tribunpekanbaru.com)Lampaui Jokowi dan Terberat se-Sumatera, Politisi Muda Pekanbaru Kurban Sapi 1,3 Ton
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Salad Idul Adha di Masjid Awaluddin
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved