www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Riau Nihil Titik Api Sore Ini, Hotspot Hanya Menyala di Sumut
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Jalan Peranap-Airmolek Rusak Parah Akibat Truk Batu Bara, IPMKP: Tolong Kami Pak Syamsuar
Rabu, 07 Juni 2023 - 21:17:16 WIB

INHU - Rusak parahnya akses jalan provinsi di Kecamatan Peranap-Airmolek yang diduga akibat angkutan batu bara dikecam Ikatan Pemuda dan Mahasiswa Kecamatan Peranap-Pekanbaru (IPMKP).

Dalam pernyataan sikapnya, IPMKP menegaskan mobil angkutan batu bara yang melebihi batas tonase atau over dimension over loading (ODOL) tersebut, selain menyebabkan kerusakan jalan, juga menghasilkan debu yang membahayakan kesehatan.

"Debu mengancam kesehatan masyarakat, karena mengandung partikel-partikel berbahaya yang dapat menyebabkan gangguan pernapasan dan masalah kesehatan lainnya," tulis sebagian isi pernyataan tersebut.

Ketua IPMKP, Notri Lispandi menilai, permasalahan rusak parahnya akses jalan provinsi yang diduga sejak beroperasinya tambang batu bara di Kecamatan Peranap dan Batang Peranap harus dicarikan solusi oleh pemangku kepentingan, baik Pemkab, provinsi dan juga pusat.

"Lebih kurang dua tahun sejak operasional perusahaan tambang batu bara di peranap dan batang peranap, kemudian menggunakan akses jalan umum atau jalan provinsi, jadi penyebab kerusakan jalan yang tak bisa dihindari," sebut Notri, Rabu (7/6/2023).

Sebab itu, sambung dia, harus ada ketegasan sikap dari Pemprov Riau juga Pemkab Inhu kepada perusahaan-perusahaan tambang untuk membuat akses jalan sendiri, yang tidak lagi menggunakan akses jalan umum.

"Kita dorong Pemkab Inhu juga provinsi riau segera memberikan penekanan pada perusahaan tambang tersebut membuat akses jalan sendiri. Karena memang aturannya mereka wajib punya akses jalan sendiri," ungkapnya.

"Bukan seperti sekarang. Sebab itu dalam waktu dekat kami dari IPMKP juga tokoh peranap dan Inhu berencana audiensi dengan Gubri, pak syamsuar. Meminta sikap dan komitmennya. Tolong kami pak syamsuar," paparnya.

Diketahui, belum lama ini Gubernur Riau, Syamsuar meninjau jalan rusak di Kabupaten Inhu hingga ruas jalan lintas menuju Inhil.

Gubri mengakui, truk muatan angkutan batu bara melebihi batas tonase merupakan satu di antara penyebab kerusakan jalan di Provinsi Riau.

"Muatan yang lewat sini bisa mencapai 30 ton, sangat tak sebanding dengan kekuatan badan jalan," kata Gubri.

"Jangan sampai kita cuma kebagian jalan rusak. Nanti kita panggil (perusahaan batu bara), harus ada solusi penyelesaiannya," tegasnya.

Diketahui, aksi penolakan angkutan batu bara di Kecamatan Peranap sudah digelar beberapa kali, bahkan pekan lalu puluhan mobil besar pengangkut batu bara dihentikan massa aksi.(rilis)

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Ilustrasi hotspot di Riau nihil (foto/int)Riau Nihil Titik Api Sore Ini, Hotspot Hanya Menyala di Sumut
Mobil box terbalik di Jalan Tol Pekanbaru-Dumai (foto/int)Kecelakaan di Tol Pekanbaru-Dumai, Mobil Box Berisi Logistik Terbalik
PT Riau Power melaporkan ke polisi tentang penjualan aset tanpa izin (foto/detik)Penjualan Aset Anak BUMD di Riau Tanpa Izin, Perusahaan Lapor Polisi
Ilustrasi akses barang keluar masuk di Bea Cukai (foto/ist)Viral Beli Cokelat Rp1 Juta Dipajaki Bea Cukai Rp9 Juta, Cek Faktanya
Ilustrasi Presiden Jokowi kembali berikan bantuan sapi kurban untuk Provinsi Riau (foto/int)Syarat Sapi Kurban Bantuan Presiden Jokowi di Riau Minimal Berat 1 Ton
  Assesment oleh Lahdi Pekbar selaku Vocational Officer PT CDN di salah satu SMK Binaan di Riau (foto/ist)Capella Honda Tingkatkan Kualitas SMK Binaan Bidang Teknik Bisnis Motor di Riau
Telkomsel salurkan bantuan dan layanan komunikasi di Sumbar (foto/ist)Telkomsel Salurkan Bansos dan Layanan Komunikasi di Posko Siaga Bencana Sumbar
Ketua DPP PDIP Djarot Syaiful Hidayat.Tak Undang Jokowi-Gibran di Rakernas, PDIP Singgung Kader Langgar Konstitusi
Jembatan Panglima Sampul Ambruk, Pembangunan Jalur Alternatif di Sungai Perumbi DigesaJembatan Panglima Sampul Runtuh, Pembangunan Jalur Alternatif di Sungai Perumbi Dipercepat
Ilustrasi Wakajati Riau Hendrizal Husin diganti Rini Hartatie (foto/int) Jaksa Agung Lakukan Perombakan: Wakajati Riau dan Kajari Pekanbaru Diganti
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Silaturahmi Tanoto Foundation Riau Bersama Jurnalis
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved