www.halloriau.com


Ekonomi
BREAKING NEWS :
Pj Walikota Pekanbaru Tekankan Peningkatan Realisasi APBD Hingga 30 Persen pada Triwulan II
 
BRI Incar Beri Kredit 45 Juta Pengusaha Mikro, Utamakan yang Terjerat Rentenir
Rabu, 01 Februari 2023 - 05:59:31 WIB

JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau (BBRI) optimistis mampu memberi pembiayaan bagi 45 juta nasabah dalam holding ultra mikro hingga 2025.

Direktur Utama BRI Sunarso menyampaikan, hingga saat ini total nasabah holding ultra mikro tercatat sebanyak 33,8 juta nasabah.

"Sekarang kami sudah bisa melayani 33,8 juta nasabah ultra mikro dari target 45 juta. Maka dari itu kita sepakat rasanya sih optimis kita bisa tercapai 45 juta  [nasabah] di tahun 2025," jelas Sunarso dalam agenda rapat dengar pendapat bersama dengan Komisi VI DPR RI, Senin (30/1/2023).

Di samping itu, misi holding ultra mikro yang dijalankan oleh BRI bersama dengan PT pegadaian dan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) untuk membebaskan pelaku usaha dari jeratan rentenir tersebut juga tampaknya masih dihadapkan oleh sejumlah tantangan.

Pasalnya, Bos BRI menyebut bahwa masih terdapat sekitar 5 juta nasabah yang menjadikan rentenir sebagai pilihan pinjaman modal dengan bunga mencapai 500 persen.

"Yang belum tersentuh sama sekali itu 14 juta [nasabah] dan ke rentenir 5 juta [nasabah] dengan bunga 100 sampai 500 persen. Untuk itu saya kira menjadi komitmen kita semua terutama kami di holding ultra mikro untuk menjangkau dan melayani yang 45 juta [nasabah] ini dan prioritasnya adalah ke 14 juta [nasabah] yang belum terlayani," tambahnya.

BRI melaporkan bahwa hingga saat ini, dari 33,8 juta nasabah yang masuk ke sistem holding ultra mikro, yang sudah terlayani dan mendapatkan pinjaman baru sekitar 20 juta nasabah baik melalui bank umum, fintech, pegadaian, hingga BPR.

Ke depan, untuk mengejar target yang telah ditetapkan, Sunarso menjelaskan bahwa strategi yang akan dijalankan oleh pihaknya adalah dengan melakukan percepatan melalui proses digitalisasi, seperti yang dilansir dari bisnis.

"Memang tantangan berat melayani ultra mikro yang kecil-kecil ini hanya dua sebenarnya. Pertama, biaya operasional mahal dan kedua biaya risikonya juga tinggi. Maka untuk menjawab dua tantangan ini hanya satu saja pelurunya yakni digitalisasi," tandasnya. (*)



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun.(foto: pgi)Pj Walikota Pekanbaru Tekankan Peningkatan Realisasi APBD Hingga 30 Persen pada Triwulan II
Payung elektrik Masjid Raya Annur Riau rusak karena tak sesuai spek (foto: tribunpekanbaru.com)Terbukti Tak Sesuai Spek, Proyek Megah Payung Elektrik Masjid Raya Annur Riau Hancur
Man City Vs Real Madrid.Prediksi Man City Vs Real Madrid: The Citizens Menang Tipis
  Sekdako Pekanbaru, Indra Pomi Nasution.(foto: int)LKPJ Pekanbaru Masuk Tahap Pembahasan Pansus, OPD Mulai Dikupas
Salah satu baliho bakal calon Gubernur Riau yang dipasang di simpang empat Arentka, Rabu (17/4/2024) (foto:rinai/halloriau) Jelang Pilkada, "Perang" Baliho Bakal Calon Kepala Daerah Mulai Terlihat di Pekanbaru
ICDX Bursa Indonesia.(foto: istimewa)Konflik Iran-Israel Tidak Goyahkan Kinerja Bursa Komoditas Indonesia
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Sepanjang Jalan Rajawali Rusak Parah
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved