www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
TKA di Riau Beri Kontribusi Sumber PAD yang Signifikan
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Simpang Siur, PI 10 Persen Blok Rokan Terancam Gagal Cair
Rabu, 07 Juni 2023 - 18:01:08 WIB

PEKANBARU - Wakil Ketua DPRD Riau, Hardianto mengatakan, memang ada polemik dalam pengurusan Participating Interest (PI) sebesar 10 persen dari Blok Rokan yang dijanjikan bulan ini.

"Jadi awal mula polemik itu ada dua versi. Versi pertama, pada awalnya memang pak gubernur sangat optimis PI ini clear dan bisa cair pada bulan juni. Karena memang sebelumnya BUMD riau petroleum juga katakan, PI itu tinggal sedikit lagi dan mudah-mudahan di mei kemarin bisa MoU, bisa clear," kata dia kepada Halloriau.com, Rabu (7/6/2023).

Namun, lanjut Hardianto, optimisme itu berubah saat rapat Panitia Khusus (Pansus) LKPJ beberapa waktu lalu.

"Saat pansus LKPJ kemarin, salah satu anggota Pansus mengatakan, hasil rapat mengatakan ini (PI) masih panjang ceritanya sehingga bisa-bisa menimbulkan polemik tidak akan cair secepat mungkin," ujarnya.

Hardianto membeberkan, di dalam rapat tersebut kemudian disepakati agar Komisi III kembali mengadakan pertemuan dengan Riau Petroleum sebagai mitra kerja dan OPD terkait untuk mengevaluasi realisasi APBD 2023 dalam kondisi existing.

"Nah, dari hasil rapat kerja itu nanti baru kita tahu. Khusus untuk komisi III, kita berharap bantuannya untuk kembali memanggil riau pretloeum guna mempertanyakan dan mengevalusi sejauh mana progres pengurusan PI," jelasnya.

Persoalan PI ini, lanjut Hardianto, sebenarnya bukan di DPRD Riau tapi di Riau Petroleum dan keterkaitannya dengan SKK Migas, Pemerintah Pusat dan Pertamina Hulu Rokan (PHR).

"Namun memang, PI yang baru cair itu dari blok siak sedang yang terbesar dari blok rokan, nah yang ini yang belum cair. Jadi kita berdoalah, karena kita 'kan tak mau juga asal ngomong," ucapnya.

"Artinya apa yang dipertanyakan kawan-kawan di rapat Banmus akan kita terjemahkan dengan langkah konkrit yaitu rapat kerja antara mitra dan riau petroleum, dari hasil itu baru kita tahu," tuturnya.

Hardianto juga meminta komitmen Riau Petroleum untuk mengurus PI 10 persen Blok Rokan itu.

"Kita minta konsistensi riau petroleum, kalau bisa diurus, urus segera. Kalau tidak, angkat bendera putih," tegasnya.

Sebelumnya, anggota Komisi V DPRD Riau, Ade Hartati juga menagih Pemprov Riau terkait PI 10 persen dari Blok Rokan yang dijanjikan itu.

"Janjinya PI 10 persen juni, itu media juga muat (beritanya). Sampai sekarang kita belum dapat kejelasan. Itu baru rapat Banmus, belum ada kejelasan. Mana PI-nya?" kata Ade, Rabu (7/6/2023).

Diketahui, PI 10 persen merupakan besaran maksimal 10 persen pada Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) yang wajib ditawarkan kontraktor kepada BUMD setempat, sebagaimana diatur dalam Permen ESDM Nomor 37 Tahun 2016.

Permen 37 Tahun 2016 merupakan turunan PP Nomor 35 Tahun 2004 tentang Kegiatan Usaha Hulu Migas yang menyatakan bahwa Kontraktor wajib menawarkan PI 10 persen kepada BUMD dan dilakukan secara kelaziman bisnis.

Selanjutnya, pembagian porsi didasarkan atas pelamparan reservoir atau cadangan minyak dan gas bumi pada masing-masing wilayah provinsi, kabupaten dan kota yang akan diproduksikan.

Penulis: Rinai
Editor: Barkah

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Kepala Bapenda Riau, Eva Refita.(foto: mcr)TKA di Riau Beri Kontribusi Sumber PAD yang Signifikan
Enam Kepala OPD Pemprov Riau jalani uji kompetensi besok (foto/int)6 Kepala OPD Pemprov Riau Jalani Uji Kompetensi Besok, Rotasi Besar-besaran Menanti
Pembangunan Flyover Panam Pekanbaru masih tahap pembebasan lahan (foto/tribunpku)Butuh Rp57 M Lagi, Pemprov Riau Kebut Lunaskan Ganti Rugi Lahan Flyover Simpang Panam
Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Yuliarso (foto/int)Travel Gelap Merajalela, Dishub Pekanbaru Minta Pengusaha Segera Lengkapi Izin Operasional
Ekspos kasus pembunuhan pacar di Rokan Hilir (foto/detik)Terbongkar, Pemuda di Rohil Perkosa Pacar Sebelum Dibunuh
  Ketua ASN PPPK 2022 Riau, Eko Wibowo mendesak kepastian jadwal seleksi (foto/ist)Honorer di Riau Risau, Minta Kepastian Jadwal Seleksi PPPK 2024
Petugas Bapenda Kepulauan Meranti saat melakukan pengecekan di salah satu penangkar sarang waletBapenda Kepulauan Meranti Klaim Realisasi PAD Capai Target, OPD Penghasil Retribusi Diharapkan Bersinergi
Ilustrasi Dinkes Pekanbaru launching PIN Polio besok (foto/int)Besok Dinkes Pekanbaru Gelar PIN Polio Serentak, Ini Lokasinya
Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Muhammad Sabarudi (foto/int)Ketua DPRD Pekanbaru Soroti Penemuan Narkoba di Razia THM
Wako Paisal dan Kapolres AKBP Dhovan Oktavianton beri kejutan ke Kajari Dumai (foto/bambang)Momen Keakraban, Walikota dan Kapolres Beri Kejutan ke Kajari Dumai
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
RGE Jurnalism Workshop Perkaya Pengetahuan Wartawan
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved