www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Ruang Panel Listrik Terbakar, Layanan BRK Syariah Tetap Berjalan Normal
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


NasDem Gagal Pecah Telur, PKB dan Golkar Tambah Kursi DPR RI Dapil Riau 1
Minggu, 10 Maret 2024 - 22:59:15 WIB
NasDem Riau gagal mengantarkan Caleg andalan ke DPR RI di Pileg 2024 (foto/int)
NasDem Riau gagal mengantarkan Caleg andalan ke DPR RI di Pileg 2024 (foto/int)

Baca juga:

PEKANBARU - NasDem Riau gagal "pecah telur" mengantarkan Caleg potensialnya lolos ke DPR RI periode 2024-2029. Perolehan suara partai dan Caleg tak cukup bagi NasDem mengamankan satu kursi pun di Dapil Riau 1 dan 2.

Memang di Pileg 2024 banyak muncul wajah-wajah baru, bahkan ada yang berhasil mengalahkan petahana. Dari data yang dirangkum halloriau.com, pada debut Pemilu 2014 partai yang didirikan Surya Paloh ini belum meraih satu kursi dari Riau untuk Senayan.

Sebagai informasi Pemilu 2014 ada 11 anggota DPR RI, enam diantaranya mewakili Dapil Riau 1, sedangkan lima sisanya berasal dari daerah pemilihan Riau 2.

Mereka antara lain Chairul Anwar (PKS), Sutan Sukarnotomo (Demokrat), Muhammad Lukman Edy (PKB), Marsiaman Saragih (PDIP), Idris Laena (Golkar), dan Muhammad Nasir (Demokrat).

Kemudian Effendy Sianipar (PDIP), Tabrani Maamun (Golkar), Rita Zahara (Gerindra), Jon Erizal (PAN), dan Nurzahedi alias Eddy Tanjung (Gerindra).

Selanjutnya pada Pemilu 2019, anggota DPR RI Dapil Riau 1 dan 2 didominasi wajah lama. Lagi-lagi NasDem gagal "pecah telur", meski ada penambahan menjadi 13 kursi.

Hasil Pemilu 2019 DPR RI Dapil Riau 1 diisi Jon Erizal  (PAN), Achmad (Demokrat), Effendi Sianipar (PDIP), Chairul Anwar (PKS). Ada sosok muda di dunia politik M Rahul (Gerindra) dan Mantan Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman (Golkar).

Kemudian PPP berhasil mendapat satu kursi untuk Syamsurizal mantan Bupati Bengkalis.

Sementara, untuk Dapil Riau 2, Edy Tanjung (Gerindra), Idris Laena (Golkar), M Nasir (Demokrat), Marsiaman Saragih (PDIP), dan Abdul Wahid (PKB). Satu kursi tambahan lain didapat Sahrul Aidi (PKS).

Pemilu 2024 NasDem Riau Gagal Lagi Rebut Kursi DPR RI

Pada Pemilu 2024 sejumlah politisi veteran tumbang. Hasil rekapitulasi KPU tingkat Provinsi Riau menunjukkan ada partai yang tak bisa mengamankan kursi DPR RI yaitu PPP.

Sedangkan NasDem kembali gagal merebut kursi. Padahal di Dapil Riau 1 perolehan suara total NasDem sebanyak 119.872. Dengan suara Caleg teratas yakni Muhammad Aulia 36.872 suara dan Rita Zahara 22.657 suara.

Sedangkan Dapil Riau 2 total Nasdem meraih 132.305 suara. Dengan suara Caleg teratas Husni Thamrin 52.338 suara dan Andina Gustiani 32.913 suara.

Dalam Pemilu 2024 ini PKB berhasil menambah satu kursi dari Dapil Riau 1. Anggota legislatif dari PKB ditempati petahana Abdul Wahid dan pendatang baru Iyeth Bustami.

Penambahan kursi juga didapat Golkar dari Dapil Riau 1. Artinya berdasarkan metode sainte lague Golkar mendapat dua kursi di Dapil tersebut, yang kemudian ditempati Syamsuar dan Karmila Sari.

Sedangkan kursi Golkar untuk Dapil Riau 2, petahana Idris Laena dikalahkan pendatang baru Yulisman yang merupakan Ketua DPRD Riau. Total dari keseluruhan Dapil, Golkar meraih tiga kursi.

Selebihnya kursi diisi Dewi Juliani (PDIP), Hendry Munief (PKS), Achmad (Demokrat), dan M. Rahul (Gerindra).

Kemudian Siti Aisyah (PDIP), Syahrul Aidi (PKS), Muhammad Rohid (Gerindra), dan Sahidin (PAN).

Dengan demikian, PKB dan Golkar berhasil mengukir kemenangan gemilang, sementara Nasdem harus menghadapi kegagalan dalam pertarungan merebut kursi di DPR RI.

Editor: Riki

 
    Berita Terkait

 


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Kebakaran di ruang panel listrik, layanan BRK Syariah tak terganggu (foto/ist)Ruang Panel Listrik Terbakar, Layanan BRK Syariah Tetap Berjalan Normal
Wakili Bupati Rezita, Asisten Setda Pemkab Inhu, Paino melakukan Sidak di pasar (foto/andri)Jelang Iduladha 1445 H, Pemkab Inhu Sidak Bahan Pokok di Pasar Tradisional
Pasangan bacalon bupati dan wakil bupati Bengkalis, Khairul Umam-Indra Gunawan Eet sambangi DPW PKS Riau, Jumat (14/6/2024) (foto:ist) Pasangan Khairul Umam-Indra Gunawan Eet Pastikan Maju Pilkada Bengkalis
Hadirkan Ragam Perlombaan, Capella Honda Tampilkan Matic Premium (foto/ist)Ada Banyak Perlombaan, Capella Honda Tampilkan Matic Premium untuk Konsumen Pekanbaru
Surat Rekomendasi DPP Hanura, buat Darnil mantap menuju Pilkada Pekanbaru 2024 (foto/ist)Sah! Darnil Terima Dukungan Penuh DPP Hanura Maju Pilkada Pekanbaru 2024
  Dedi Harianto Lubis resmi mendaftar sebagai Calon Ketua AFP Riau (foto/ist)Resmi Calonkan Diri Sebagai Ketua AFP Riau, DHL Siap Bawa Kemajuan Futsal
Ilustrasi stok LPG di Riau aman (foto/int)Jelang Iduladha, Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut Jamin Stok LPG Aman di Riau
Puluhan anggota HMI Cabang Pekanbaru gelar aksi unjuk rasa di DPRD Riau, Jumat (14/6/2024) (foto:rinai/halloriau) HMI Pekanbaru Gelar Aksi Tolak Tapera di DPRD Riau
Kapolres Pelalawan, AKBP Suwinto resmikan Cafetaria Harmoni (foto/Andi)Kapolres Pelalawan Resmikan Harmoni Center, Inovasi Kantin Menjadi Cafetaria Modern
Ribuan jemaah haji asal Riau berangkat ke Padang Arafah (foto/int)Puncak Haji 2024: Ribuan Jemaah Haji Riau Bersiap ke Padang Arafah
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Pj Gubri SF Hariyanto Resmikan Jembatan Desa Rantau Kasih
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved