www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Atasi Karhuta, 7 Helikopter Sudah Siaga di Riau
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Euro 2024 Dimulai, Awas Link Streaming Disusupi Malware
Selasa, 18 Juni 2024 - 10:57:17 WIB

JAKARTA - Pesta sepakbola Eropa yang dikenal sebagai Euro atau Piala Eropa 2024 telah resmi dimulai, membawa kegembiraan dan euforia bagi para penggemar sepak bola di seluruh dunia. Namun, di balik kemeriahan tersebut, terdapat ancaman keamanan siber yang serius.

Para ahli dari Kaspersky telah menemukan banyak penipuan yang dirancang untuk mencuri data dan uang pengguna dengan memanfaatkan topik UEFA 2024 sebagai umpan.

"Skema penipuan memanfaatkan peristiwa besar memiliki pola yang lazim-penipu hanya mengubah daya tariknya berdasarkan tren terkini. Namun, kita tidak boleh meremehkannya, karena mereka terus beradaptasi dan menemukan cara baru untuk mendapatkan keuntungan," ujar Olga Svistunova, pakar keamanan di Kaspersky dilansir detik.com, Selasa (18/6/2024).

Menjelang acara besar seperti Euro 2024, penipuan tiket menjadi ancaman umum. Pakar Kaspersky telah menemukan halaman penipuan yang menyamar sebagai perusahaan energi populer Jerman yang menawarkan tiket gratis ke Euro 2024.

Pengguna diminta untuk mengisi formulir dengan nama, nomor telepon, dan alamat mereka, data yang kemudian dimanfaatkan oleh penipu untuk menyusup ke infrastruktur target.

Selain penipuan tiket, penipu juga memanfaatkan popularitas Euro 2024 dengan menjual koin khusus yang menampilkan pemain populer, menjanjikan keuntungan mengesankan. Salah satu koin yang banyak ditawarkan menampilkan Harry Kane.

Koin-koin ini dipromosikan melalui email dan media sosial seperti Twitter, Facebook dan Telegram.

Para trader yang bersemangat buru-buru membeli koin tersebut, menaikkan harganya.

Begitu harga meningkat, penipu menjual kepemilikan mereka, menyebabkan nilai koin anjlok dalam hitungan menit.

Ancaman lain yang diidentifikasi adalah streaming palsu yang menawarkan liputan acara eksklusif dengan harga murah.

Situs-situs ini, selain membocorkan pembayaran dan data pribadi pengguna, mungkin memiliki kerentanan XSS yang memungkinkan penyerang mengontrol browser pengguna.

Kaspersky juga menemukan toko online palsu yang menjual perlengkapan fandom seperti seragam, syal dan topi dengan diskon besar. Sayangnya, pembeli tidak pernah menerima barang yang mereka pesan.

Untuk tetap aman dari penipuan terkait Euro 2024, Kaspersky memberikan beberapa tips:

- Verifikasi Keaslian: Hanya membeli tiket, merchandise, atau layanan dari sumber resmi dan bereputasi baik. Periksa situs web resmi acara untuk penjual resmi.

- Bersikap Skeptis terhadap Penawaran: Jika suatu penawaran tampak terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, mungkin itu penipuan. Berhati-hatilah terhadap diskon besar dan penawaran eksklusif, terutama jika berasal dari sumber yang tidak diketahui.

- Amankan Data: Hindari berbagi informasi pribadi dan keuangan di situs web asing. Pastikan situs web aman dengan mencari 'https' di URL dan simbol gembok di bilah browser.

- Gunakan Perangkat Lunak Keamanan: Selalu perbarui perangkat lunak antivirus dan keamanan untuk melindungi dari serangan malware dan phishing. Kaspersky Premium menawarkan perlindungan dari segala jenis phishing dan penipuan.

- Mengedukasi Diri Sendiri: Tetap terinformasi tentang taktik penipuan yang umum dan cara mengenalinya. Ikuti pembaruan dari pakar keamanan siber dan sumber resmi.

Dengan mengikuti saran dari para ahli, pengguna dapat menikmati kemeriahan Euro 2024 tanpa khawatir akan ancaman siber yang mengintai.(*)

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Helikopter bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Atasi Karhuta, 7 Helikopter Sudah Siaga di Riau
Ilustrasi anjungan pengeboran minyak lepas pantai.PGN & Premier Oil Jajaki Peluang Komersialisasi Gas Blok Tuna
Pemain Timnas Indonesia di Piala AFF U-19 2024.(foto: detik.com)Ini 4 Tim yang Pastikan Tempat di Semifinal Piala AFF U-19 2024
Pj Walikota Pekanbaru, Risnandar Mahiwa saat kegiatan PIN Polio di Pekanbaru.(foto: int)PIN Polio di Pekanbaru Sasar 145.754 Anak di 1.533 Pos Imunisasi
Motor matic dilindas truk Fuso yang masuk ke Jalan Arengka, Pekanbaru (foto/IG Pekanbaruviral)Video Kecelakaan Viral di Pekanbaru, Truk Fuso Lindas Motor
  Acara diskusi Mitsubishi Fuso di GIIAS 2024.Mitsubishi Fuso eCanter Punya Teknologi Canggih ala Mobil Mewah
Penjabat (Pj) Walikota Risnandar MahiwaWalko Risnandar Berencana Tarik Event di Pusat, Riau Bhayangkara Run Jadi Acuan
Evaluasi enam pejabat eselon II Pemprov Riau tuntas (foto/int)Evaluasi 6 Pejabat Pemprov Riau Rampung, Siapa yang Dapat Posisi Baru?
Arus Bawah condong SF Hariyanto lebih cocok jadi wakil Abdul Wahid dalam Pilgub Riau 2024 (foto/int)Arus Bawah: SF Hariyanto Cocok Jadi Wakil Abdul Wahid di Pilgub Riau
Sekda Pekanbaru, Indra Pomi sudah beri teguran ke penyedia layanan kabel optik (foto/int)Warga Pekanbaru Terjerat Kabel Optik dan Masuk RS, Ini Reaksi Pemko
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
RGE Jurnalism Workshop Perkaya Pengetahuan Wartawan
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved