www.halloriau.com


Ekonomi
BREAKING NEWS :
Pilgubri 2024 Butuh Rp31,5 Miliar, Bakal Ditanggung APBD
 
Peremajaan Kebun Sawit Petani di Riau Capai 1.135 Ha Selama 2023
Senin, 05 Februari 2024 - 13:59:16 WIB

PEKANBARU - Pada tahun 2023, PTPN IV PalmCo Regional 3 Provinsi Riau berhasil melakukan peremajaan sebesar 1.135 hektare kebun sawit yang dimiliki 568 petani di Bumi Lancang Kuning. Langkah ini diambil karena kebun-kebun tersebut telah mencapai usia renta.

Rurianto, Kepala Wilayah PTPN IV PalmCo Regional 3, menyatakan kebanggaannya atas peningkatan kepercayaan petani terhadap perusahaan dalam berkontribusi positif terhadap produktivitas dan ekonomi masyarakat melalui Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR).

Dari 1.283 hektare kebun sawit renta yang diajukan, 1.135 hektare memenuhi syarat untuk masuk dalam tahap peremajaan.

"Alhamdulillah, sebuah kebanggaan bagi kami ketika kepercayaan teman-teman petani kepada PTPN IV PalmCo Regional 3 terus meningkat, untuk berkontribusi positif dalam meningkatkan produktivitas dan ekonomi masyarakat melalui program PSR,'' katanya di Pekanbaru, Senin (5/2/2024) dilansir dari MC.Riau.go.id.

Enam Kelompok Usaha Bersama (KUD) turut serta dalam program PSR, dengan total luas 1.135,6 hektare. Tambahan ini membuat PTPN IV PalmCo Regional 3 telah merevitalisasi total 9.753 hektare sawit renta milik petani Riau hingga tahun 2023.

Arief Subhan Siregar, SEVP Operation PTPN IV PalmCo Regional 3, menjelaskan bahwa program PSR mendapatkan perhatian tinggi dari petani.

Pola manajemen tunggal atau single management menjadi kunci sukses program ini, dengan standar tinggi perusahaan dari penanaman hingga pemeliharaan. Skema cash for works memberikan jaminan pendapatan bagi petani selama proses peremajaan berlangsung.

Para petani yang mengikuti PSR mencapai produktivitas panen di atas rerata nasional. Dalam tahun 2012-2014, petani usia tanaman V dan VII berhasil mencapai produktivitas 28,07 ton per hektare, melebihi rata-rata nasional. Begitu juga untuk petani usia tanaman 1 pada tahun 2018, mencapai produktivitas 18,05 ton per hektare, di atas rerata nasional 12 ton per hektare.

Arief berambisi untuk merevitalisasi 3.030 hektare perkebunan sawit masyarakat Riau sepanjang tahun 2024, yakin bahwa dukungan pemerintah dan lembaga pembiayaan, serta kepercayaan masyarakat, akan memastikan keberhasilan program tersebut dalam mendukung akselerasi PSR yang diinginkan pemerintah. (*)



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Ketua Bawaslu Riau AlnofrizalPilgubri 2024 Butuh Rp31,5 Miliar, Bakal Ditanggung APBD
Rekapitulasi suara Pemilu 2024.(ilustrasi/int)490 Personel Gabungan Dikerahkan Kawal Ketat Pleno Rekapitulasi Suara Pemilu 2024 di Pekanbaru
Bikers HPCI Kampar Chapter saat hangout ke Hutan Pinus Bangkinang.(foto: istimewa)Honda PCX Club Indonesia Chapter Kampar Hangout di Hutan Pinus Bangkinang
  Buku nikah yang diterbitkan KUA.(ilustrasi/int)Rencana Yaqut Ingin Jadikan KUA Tempat Nikah Semua Agama, Begini Respon DPRD Pekanbaru
PHR beri edukasi bahaya api kepada para siswa TK.(foto: istimewa)Anak-anak TK Duri Terima Edukasi Kebakaran dari PHR
Politisi Gerindra sekaligus Wakil Ketua DPRD Riau, Hardianto (foto:rinai/halloriau) Gerindra Optimis Bisa Pertahankan Kursi Pimpinan DPRD Riau
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Banjir di Pekanbaru, Pemilik Kendaraan Dorong Mobil di Jalan Jembatan Siak 4
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved