www.halloriau.com


Ekonomi
BREAKING NEWS :
Heboh, Nenek di Pekanbaru Didatangi Satpol PP dan Dimintai Rp3 Juta, Ini Kronologinya
 
Manfaat Pinjaman UMKM Online dan Rekomendasi Terbaiknya
Kamis, 18 April 2024 - 16:01:45 WIB
Sumber gambar: Photo by Bench Accounting on Unsplash
Sumber gambar: Photo by Bench Accounting on Unsplash

Baca juga:

USAHA Mikro, Kecil, dan Menengah atau yang biasa kita kenal dengan istilah UMKM ini bisa dibilang sebagai tulang punggung ekonomi Indonesia karena ia memainkan peran penting dalam penciptaan lapangan kerja dan pertumbuhan ekonomi. Maka dari itu, banyak yang menawarkan pinjaman untuk para pelaku UMKM.

Menariknya, dengan perkembangan teknologi di zaman modern ini pinjaman UMKM online kini menjadi solusi untuk mendukung pertumbuhan UMKM. Nah, apa itu UMKM dan bagaimana pinjaman UMKM Online berperan? Berikut akan kami bahas lebih lanjut di bawah ini.

Apa Itu UMKM?

Pengertian UMKM atau Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, adalah kategori usaha yang memiliki aset atau omset tahunan tertentu sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh pemerintah. UMKM mencakup berbagai bidang usaha dari produksi, perdagangan hingga jasa, dan dianggap sebagai pilar utama dalam perekonomian nasional karena kontribusinya yang besar terhadap PDB dan penyerapan tenaga kerja.

Jenis dan Contoh UMKM

Ada beberapa jenis dan contoh UMKM yang perlu Anda ketahui. Dengan mengetahui informasi ini maka Anda bisa menimbang-nimbang kira-kira investasi UMKM seperti apa yang paling cocok dengan budget dan estimasi pendanaan serta profitnya. Berikut beberapa jenis UMKM yang ada di Indonesia:

  1. Usaha Mikro: Usaha yang memiliki aset hingga Rp50 juta (tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha) atau omzet tahunan maksimal Rp300 juta.
  2. Usaha Kecil: Memiliki aset lebih dari Rp50 juta hingga Rp500 juta (tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha) atau omzet tahunan lebih dari Rp300 juta hingga Rp2,5 miliar.
  3. Usaha Menengah: Usaha dengan aset lebih dari Rp500 juta hingga Rp10 miliar (tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha) atau omzet tahunan lebih dari Rp2,5 miliar hingga Rp50 miliar.

Dari semua jenis UMKM tadi, Anda juga bisa melihat beberapa contoh UMKM yang sering terlihat di masyarakat. Ada tiga kategori contoh UMKM, mulai dari produksi, perdagangan, dan jasa. Berikut beberapa contoh UMKM:

  • Produksi: Sektor ini mencakup usaha yang bergerak dalam pembuatan barang. Contoh konkret dari UMKM produksi antara lain usaha kerajinan tangan yang menghasilkan barang-barang unik seperti tas anyaman, perhiasan tradisional, atau dekorasi rumah.
  • Perdagangan: UMKM perdagangan meliputi bisnis yang berfokus pada penjualan barang kepada konsumen. Toko kelontong yang menyediakan kebutuhan sehari-hari masyarakat bisa menjadi contoh dari UMKM di sektor perdagangan.
  • Jasa: Sedangkan di kategori jasa adalah UMKM yang menyediakan berbagai layanan kepada masyarakat. Contohnya, salon kecantikan yang menawarkan layanan potong rambut, makeup, dan perawatan tubuh. Atau, usaha laundry yang menyediakan jasa cuci dan setrika pakaian. 

Jenis dan contoh UMKM dalam ketiga kategori ini tidak hanya membantu memenuhi kebutuhan masyarakat sehari-hari tetapi juga membuka peluang kerja dan berkontribusi pada kesejahteraan ekonomi lokal. 

Nah, mereka ini semuanya butuh dana dukungan melalui pinjaman UMKM online untuk membuat usaha-usaha ini dapat tumbuh dan berkembang, meningkatkan kapasitas produksi atau layanan mereka untuk memenuhi permintaan yang lebih besar.

Manfaat Pinjaman Kelompok Amartha untuk UMKM

Setelah Anda membaca penjelasan tadi, mungkin Anda tertarik untuk meminjam dana demi keberlangsungan UMKM yang sedang dirintis. Salah satu platform online yang menyediakan pinjaman dana UMKM dengan mudah dan aman adalah Amartha.

Sebagai platform fintech yang fokus pada pembiayaan UMKM, Amartha menawarkan pinjaman kelompok yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan finansial UMKM. Berikut beberapa manfaat pinjaman kelompok Amartha:

  1. Akses Mudah dan Cepat: Dengan proses yang mudah dan persyaratan yang simple, UMKM dapat mengakses pinjaman tanpa harus menghadapi prosedur yang rumit.
  2. Dukungan Pertumbuhan UMKM: Pinjaman dari Amartha membantu UMKM dalam ekspansi usaha, pembelian bahan baku, hingga peningkatan produksi.
  3. Pengembangan Komunitas Bisnis: Amartha tidak hanya menyediakan pinjaman, tetapi juga membantu pengembangan komunitas bisnis melalui pelatihan dan pendampingan.
  4. Syarat Fleksibel: Dibandingkan dengan lembaga keuangan konvensional, Amartha menawarkan syarat yang lebih fleksibel, sesuai dengan kebutuhan dan kondisi UMKM.

Pinjaman UMKM online menawarkan solusi keuangan yang praktis dan efisien untuk mendukung pertumbuhan UMKM di Indonesia. Dengan memanfaatkan pinjaman kelompok dari Amartha, UMKM dapat menikmati berbagai manfaat dari akses pembiayaan yang mudah hingga dukungan untuk pengembangan usaha. 

Amartha berkomitmen untuk membantu UMKM tumbuh dan berkembang, mewujudkan potensi penuh mereka dalam berkontribusi pada ekonomi. Jadi, jika Anda seorang pelaku UMKM dan sedang butuh dana yang cepat dan aman, silakan langsung hubungi Amartha, ya!. ***



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Nenek di Pekanbaru didatangi tiga pria berseragam Satpol PP (foto/detik)Heboh, Nenek di Pekanbaru Didatangi Satpol PP dan Dimintai Rp3 Juta, Ini Kronologinya
Tiga desa di Riau teken MoU Desa Bebas Api dengan PT RAPP (foto/Andy)Nihil Karhutla 2023, Dua Desa Ini Raih Reward Rp100 Juta dari RAPP
Dinas PUPR Kepulauan Meranti Fokus Bangun Infrastruktur Bidang SDA
Langkah Mitigasi Bencana, Dinas PUPR Kepulauan Meranti Fokus Bangun Infrastruktur Bidang SDA
  Penyegelan kantor DPW PPP Riau akibat tak lagi percaya pada kepemimpinan Syamsurizal. Spanduk dibentang pada Kamis (20/6/2024) (foto:ist) Syamsurizal: Pengurus Tak Ada Hak Turunkan Ketua DPW PPP
Pendaftaran PPDB SMA/SMK Negeri di Riau resmi dibuka (foto/int)Hari Ini PPDB Riau Dibuka: Sudah Bisa Upload Pernyaratan, Ini Jadwal Lengkapnya
Syamsuar bersama kader Posyandu binaan Sovia.(foto: mimi/halloriau.com)Kader Posyandu Binaan Sovia Sambut Antusias Kedatangan Syamsuar
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Salad Idul Adha di Masjid Awaluddin
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved