www.halloriau.com


Ekonomi
BREAKING NEWS :
Deretan Nama Birokrat Pemko Mencuat Jelang Pilwako Pekanbaru 2024
 
Tips untuk Kamu Biar Nggak Terlilit Utang Pinjol, Sesuaikan Kebutuhan
Senin, 11 September 2023 - 06:04:46 WIB

JAKARTA - Terlilit utang atau pinjaman online adalah hal yang tidak menyenangkan. Karena itu dibutuhkan cara untuk bisa terbebas dari utang-utang tersebut.

Ada beberapa tips yang harus diperhatikan dan dipraktikan agar tak lagi terlilit utang di pinjol. Berikut caranya:

Perencana Keuangan Advisors Alliance Group Indonesia,Andy Nugroho menyarankan menjual aset-aset yang dimiliki terlebih dahulu agar terhindar dari lilitan utang pinjol.

Menurutnya, lebih baik menghindari pinjaman hanya untuk sekedar senang-senang atau gaya hidup saja. Karena hal itulah yang menjadi salah satu penyebab terlilit utang. Penggunaan pay later juga bisa merugikan si peminjam.

Hal ini dikarenakan adanya jumlah bunga yang nominalnya tidak disadari. Misalnya, Anda ingin membeli hp keluaran terbaru dengan cicilan dua belas bulan. Mulanya, harga hp tersebut Rp 10 juta, tapi yang dilunasi bisa Rp 12 juta bahkan Rp 14 juta termasuk bunga.

"Mungkin nggak berasa karena dicicil beberapa bulan pembayaran. Ketika diakumulasi ya nominalnya lebih besar dibanding belinya cash," kata dia, Minggu (10/9/2023).

Dia juga menyebut ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengambil pinjaman online, mulai dari skema pembayaran, jangka waktu hingga besaran bunga.

"Sebelum kita pinjam, pelajari skema pembayaranya gimana, tenor nya berapa lama, bunganya berapa. Seandainya gagal bayar, konsekuensinya buat saya apa," jelasnya.

Sementara itu, Direktur Riset Center of Reform on Economics (Core), Piter Abdullah menyebut menghilangkan keterdesakan masyarakat dan tersedianya banyak pilihan untuk meminta bantuan. Misalnya, adanya bansos dan dompet duafa yang perlu ditingkatkan penyalurannya.

"Sekarang kita banyak bantuan sosial yang digerakkan oleh masyarakat, tapi kenyataannya masyarakat yang benar-benar butuh bantuan tidak punya akses ke sumber-sumber bantuan berarti. Jadi, kalo ada yang menggerakkan bantuan-bantuan itu harus bisa mengakses mereka yang butuh bantuan sehingga tidak perlu mencari pinjaman yang membahayakan," jelasnya, seperti yang dilansir dari detik. (*)



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
(ki-ka) Sekda Indra Pomi, Zulfahmi Adrian, dan Burhan Gurning masuk bursa di Pilwako Pekanbaru (foto/int)Deretan Nama Birokrat Pemko Mencuat Jelang Pilwako Pekanbaru 2024
Bengkalis Raih tiga terbaik pertama Jambore Kader PKK se-Riau (foto/Zulkarnain)Bengkalis Raih 3 Terbaik Pertama Jambore Kader PKK se-Riau
Satpol PP Pekanbaru apel luar biasa penjatuhan hukuman disiplin anggota oknum pungli (foto/int)2 Oknum Satpol PP Pekanbaru Dipecat Tidak Hormat, Satu Lagi Masih Proses
  Kisruh di internal PPP Riau (foto:ilustrasi) Kisruh Mosi Tak Percaya Pada Syamsurizal, DPC PPP Pekanbaru Tak Mau Ikut-ikut
Jalan Tol Yang Dikelola Makin Panjang, HK Prioritaskan Edukasi Keselamatan Berkendara Dengan Kampanye SETUJU (foto/Rivo)Jalan Tol yang Dikelola Makin Panjang, HK Gencar Kampanyekan SETUJU
KPU Rohil lantik serentak petugas Pantarlih (foto/int)1.728 Petugas Pantarlih Dilantik Serentak, Ketua KPU Rohil: Bekerjalah Profesional
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Salad Idul Adha di Masjid Awaluddin
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved