www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Suzuki New Carry: Solusi Aman dan Efektif untuk Usaha Berkat Teknologi Kunci Immobilizer
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Naik Signifikan, Dumai Raih Indeks Pembangunan Statistik Kategori Baik 2024
Rabu, 16 Oktober 2024 - 21:50:17 WIB
Pjs Walikota Dumai, Teuku Raja Fahsul Falah menerima hasil penilaian IPS dari Kepala BPS Dumai Morhan Tambunan (foto/bambang)
Pjs Walikota Dumai, Teuku Raja Fahsul Falah menerima hasil penilaian IPS dari Kepala BPS Dumai Morhan Tambunan (foto/bambang)

Baca juga:

Pjs Walikota Dumai Tegaskan Akan Kawal Netralitas ASN
KPU: Jadwal Debat Kandidat Calon Walikota Dumai Hanya 2 Kali
Pjs Walikota Dumai Pimpin Rakor Penanganan Banjir

DUMAI – Pencapaian prestasi luar biasa kembali di cetak oleh Kota Dumai. Dumai meraih Indeks Pembangunan Statistik Kategori Baik tahun 2024.

Sesuai dengan Surat Keputusan Badan Pusat Statistik (BPS) Nomor 605 Tahun 2024 tentang Hasil Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) pada Instansi pusat dan daerah tahun 2024, nilai Indeks Pembangunan Statistik (IPS) Kota Dumai naik signifikan Kategori Baik.

Hasil evaluasi itu dilakukan kepada Dinas Kominfotiksan Dumai dengan Nilai IPS 2,77 atau predikat Baik. Nilai tersebut jauh meningkat bila dibandingkan dengan nilai IPS pada 2023 lalu, yang hanya 1,50 dengan predikat 'Kurang', dan berhasil mengantarkan Dumai pada posisi dua se Riau.

Sementara di peringkat pertama ada Kota Pekanbaru dengan nilai IPS 2,89, Kabupaten Rokan Hilir di peringkat 3 dengan nilai IPS 2,76.

Hasil penilaian tersebut secara resmi diserahkan oleh Kepala BPS Kota Dumai Morhan Tambunan kepada Pjs Wali Kota Dumai Teuku Raja Fahsul Falah didampingi Sekretaris Daerah Kota Dumai H Indra Gunawan, Kadis Kominfotiksan Dumai H Khairil Adli di ruang rapat kantor Diskominfotiksan Dumai, Rabu (16/10/2024).

Atas capaian tersebut, Pjs wali kota Dumai TR Fahsul Falah mengapresiasi Diskominfotiksan Dumai selaku wali data di Daerah dan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Dumai.

"Kami sangat apresiasi. Peningkatan angka yang signifikan ini adalah bukti nyata dari kerja keras dan komitmen pemerintah daerah dalam memperbaiki kualitas data dan statistik sektoral serta meningkatkan pelayanan publik di bidang statistik," ungkapnya.

Menurutnya, pencapaian ini tidak hanya menunjukkan kemampuan Pemko Dumai dalam mengelola data statistik dengan baik, tetapi juga menjadi tolak ukur keberhasilan dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik.

"Pencapaian yang luar biasa ini jangan sampai bikin kita lengah, masih banyak yang harus kita evaluasi dan kita tingkatkan. Ini manjadi tugas berat agar yang kita raih saat ini dapat kita pertahankan dan kalau bisa ditingkatkan ditahun depan," ungkap TR Fahsul Falah.

Sementara itu, Kepala Diskominfotiksan Dumai H Khairil Adli mengatakan bahwa pencapaian ini tidak terlepas dari peran serta BPS dan DPPKB dan kolaborasi yang apik dengan segenap OPD dalam proses penilaian.

"Pencapaian ini pastinya memotivasi dan menambah semangat kami dalam memberikan asistensi kepada seluruh OPD untuk meningkatkan kapasitas sumberdaya pengelola data dengan memberikan eduksi dan pemahaman dalam mengelola satu data mulai dari merencanakan, mengumpulkan, memverifikasi sampai akhirnya data itu bisa kita sajikan kepada publik," tuturnya.

Lanjutnya, kerjasama yang sangat baik dari seluruh pihak terkait di Pemerintah Kota Dumai juga menjadi kontribusi terbesar bagi keberhasilan Kota Dumai meraih prestasi membanggakan ini.

"Prestasi ini akan kita pertahankan, dan akan berbuat lebih baik lagi untuk meningkatkan nilai IPS. Untuk itu, harapan saya semua OPD harus terus berkolaborasi guna meningkatkan kualitas penyelenggaraan statistik sektoral, sehingga data yang kita sajikan untuk publik maupun bagi pengambilan kebijakan akurat, relevan, dan akuntabel," pungkas Adli.

Penulis: Bambang
Editor: Riki

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Suzuki New Carry.(foto: istimewa)Suzuki New Carry: Solusi Aman dan Efektif untuk Usaha Berkat Teknologi Kunci Immobilizer
Seleksi SKD CPNS Pemprov Riau.(ilustrasi/int)Ada 1.654 Peserta, Ini Jadwal dan Lokasi Ujian SKD CPNS Pemprov Riau
Pjs Walikota Dumai, Teuku Raja Fahsul Falah menerima hasil penilaian IPS dari Kepala BPS Dumai Morhan Tambunan (foto/bambang)Naik Signifikan, Dumai Raih Indeks Pembangunan Statistik Kategori Baik 2024
Satpol PP Pekanbaru tertibkan bangunan liar di Jalan Soekarno-Hatta (foto/Dini)Pedagang Kecewa, Satpol PP Pekanbaru Tak Adil Tertibkan Bangunan Liar
Rektor Unilak, Prof Dr Junaidi, juga tidak ragu bergabung menari bersama para orang tua dan wisudawan (foto/ist)Spirit Keberagamaan Indonesia, Prof Junaidi Tegaskan Komitmen Unilak Kampus Multikultural
  Zahrul Saupi SE terpilih jadi Ketua PBVSI Rohil 2024-2028.(foto: afrizal/halloriau.com)Muskalub, Zahrul Saupi Aklamasi Nahkodai PBVSI Rohil Periode 2024-2028
Wakil Ketua Fraksi Nasdem DPRD Kota Pekanbaru, Zulfan Hafiz (foto/int)Bukan Swasta, Zulfan Hafiz Dukung Pengelolaan Sampah di Pekanbaru Dikelola BLUD
Secara simbolis penyerahan alat penangkap ikan berupa jaring kepada nelayan di Kabupaten Inhil, disaksikan Pj Bupati Inhil, (foto/Ayendra)DKP Riau Salurkan Bantuan 522 Unit Jaring di Inhil
Ilustrasi pendaftar PPPK Pemprov Riau masih sedikit (foto/int)Tersisa 4 Hari Lagi, Pelamar PPPK Pemprov Riau Masih 2.093 Orang
Sejumlah Mahasiswa yang tergabung dalam AMPI laksanakan demonstrasi di Kantor Bupati Inhil (foto/Ayendra)Demonstrasi di Inhil, AMPI Minta Pj Bupati Inhil Lantik Sekda Definitif
Komentar Anda :

 
 
 
Potret Lensa
Nomor Urut Pilgubri: Wahid-SF 1, Nasir-Wardan 2, Syamsuar-Mawardi 3
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved