www.halloriau.com


Ekonomi
BREAKING NEWS :
Atasi Karhuta, 7 Helikopter Sudah Siaga di Riau
 
Besok, 50 Ribu Wisatawan Bakal Ramaikan Festival Bakar Tongkang di Bagansiapiapi
Jumat, 21 Juni 2024 - 13:46:38 WIB

PEKANBARU - 50 ribu wisatawan dari dalam maupun luar negeri diperkirakan hadiri event Bakar Tongkang di Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil).

Festival yang masuk Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) itu berlangsung selama tiga hari

Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong menyebutkan event ini juga berdampak pada ketersediaan kamar hotel ataupun penginapan.

"Hingga hari ini hotel dan penginapan di ibu kota Rokan Hilir sudah penuh. Diperkirakan wisatawan yang hadir mencapai 50 ribu orang," katanya, Jumat (19/6/2024).

Pergelaran Bakar Tongkang sendiri akan berlangsung selama tiga hari. Yakni dari 20 hingga 22 Juni 2024. Di mana, puncaknya akan berlangsung pada 22 Juni.

Bakar Tongkang merupakan ritual bagi warga Tionghoa di Bagansiapiapi. Selain menjadi ritual, event ini juga tidak bisa terlepas dari sejarah panjang kedatangan warga etnis Tionghoa ke Indonesia tepatnya di Muara Rokan. Maka tidak heran setiap event ini digelar ada puluhan ribu orang yang hadir.

Bupati Rohil mengatakan dirinya dihubungi banyak pihak agar bisa diikutkan dalam event yang masuk dalam agenda KEN 2024 Menparekraf itu.

"Banyak teman-teman kita yang menghubungi saya untuk diundang dan meminta disediakan penginapan. Bahkan, ada yang dari negara tetangga kita Malaysia," jelasnya.

Afrizal menyebut saat ini seluruh penginapan yang ada di ibu kota Bagansiapiapi telah terisi penuh. "Untuk mendukung suksesnya event Bakar Tongkang ini, kita telah melakukan berbagai upaya seperti penyediaan tempat penginapan. Bahkan, rumah dinas juga telah kita pakai sebagai penginapan tamu-tamu kita yang dari luar," katanya.

Dengan keterbatasan penginapan yang ada, selaku pemerintah daerah Bupati menyampaikan permohonan maaf kepada para wisatawan serta menyampaikan ucapan selamat datang di Kabupaten Rohil khususnya Bagansiapiapi.

Terpisah sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata Riau, Roni Rakhmat mengatakan, bahwa adanya penyelenggaraan event wisata nasional Festival Bakar Tongkang diharapkan untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Riau.

"Sehingga, akan terjadi lonjakan peningkatan perekonomian bagi masyarakat," katanya.

Penulis: Sri Wahyuni
Editor: Riki



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Helikopter bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Atasi Karhuta, 7 Helikopter Sudah Siaga di Riau
Ilustrasi anjungan pengeboran minyak lepas pantai.PGN & Premier Oil Jajaki Peluang Komersialisasi Gas Blok Tuna
Pemain Timnas Indonesia di Piala AFF U-19 2024.(foto: detik.com)Ini 4 Tim yang Pastikan Tempat di Semifinal Piala AFF U-19 2024
  Acara diskusi Mitsubishi Fuso di GIIAS 2024.Mitsubishi Fuso eCanter Punya Teknologi Canggih ala Mobil Mewah
Penjabat (Pj) Walikota Risnandar MahiwaWalko Risnandar Berencana Tarik Event di Pusat, Riau Bhayangkara Run Jadi Acuan
Evaluasi enam pejabat eselon II Pemprov Riau tuntas (foto/int)Evaluasi 6 Pejabat Pemprov Riau Rampung, Siapa yang Dapat Posisi Baru?
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
RGE Jurnalism Workshop Perkaya Pengetahuan Wartawan
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved