www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
Satpol PP Tertibkan 9 Bangunan Liar di Jalan Soekarno Hatta Dumai
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Jaga Mutu dan Keselamatan Arsip Daerah, Dinas Perpustakaan Siak Adakan Bimtek
Selasa, 08 Juni 2021 - 18:27:47 WIB
Kantor Dinas Perpustakaan Kabupaten Siak (foto: istimewa)
Kantor Dinas Perpustakaan Kabupaten Siak (foto: istimewa)

SIAK - Sebagai sebuah Lembaga Kearsipan Daerah (LKD), Dinas Perpustakaan Kabupaten Siak terus berupaya untuk menjaga tertib arsip, baik di lingkup pencipta arsip maupun pengelola. Dan juga pengguna arsip di instansi Pemerintahan Daerah Kabupaten Siak, maupun tertib arsip di LKD itu sendiri.

Hal itu ditandai dengan palaksanaan Bimbingan Teknis Pengawasan Arsip Dinamis Kewenangan Kabupaten/Kota dan Sosialisasi Surat Edaran Menpan-RB No.01 Tahun 2020 tentang Penyelamatan dan Pelestarian Arsip Negara Periode 2014-2019, yang dilaksanakan pada Selasa (8/6/2021) di Kantor Bupati Siak.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Bupati Siak melalui Asisten Adminiatrasi dan Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Siak, Jamaluddin.

"Arsip merupakan sumber acuan organisasi, keberadaan arsip di sebuah organisasi merupakan tulang punggung manajemen organisasi. Untuk itu arsip harus kita kita jaga kelestariannya," sebut Jamaluddin dalam sambutannya.

Menurutnya, penyelamatan arsip wajib dilakukan sebagai bentuk akuntabilitas kinerja dan bukti pertanggungjawaban pelaksanaan program dan kegiatan.

"Penyelamatan arsip ini penting sebagai bentuk akuntabilitas kinerja dan pertanggungjawaban pelaksanaan program pembangunan daerah. Penyelamatan arsip juga sekaligus sebagai identitas dan memori kolektif bangsa," jelasnya.

Diaa berharap, melalui bimtek tersebut, pengawasan kearsipan dapat berjalan dengan baik, sehingga mutu dan keselamatan arsip terjaga sebagai pendukung kebijakan daerah.

"Saya berharap, melalui bimbingan teknis pengawasan kearsipan dan sosialisasi Surat Edaran Menpan-RB No 01 Tahun 2020 ini, maka pengawasan terhadap kearsipan dapat berjalan dengan baik, sehingga mutu dan keselamatan arsip kita dapat kita jaga. Hal ini tentunya berperan penting dalam mendukung program pembangunan daerah Kabupaten Siak yang kita cintai ini," katanya.

Jamaluddin meminta peserta bimtek mengikuti kegiatan dengan sungguh-sungguh, sebab menurutnya, peserta bimtek merupakan tulang punggung organisasi.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perpustakaan Kabupaten Siak, Muhammad Arifin saat menyampaikan laporannya mengatakan bahwa pelaksanaan Bimtek tersebut sebagai komitmen pihaknya untuk terus menjaga tertib arsip sebagai bagian integral dari setiap program dan kegiatan.

"Instrumen pengawasan merupakan cara baru dalam membina pengelolaan kearsipan. Untuk itu kegiatan bimbingan teknis ini dilaksanakan. Kegiatan ini sangat penting bagi tata kelola arsip, sebab arsip merupakan bagian terpenting dari setiap program dan kegiatan yang dilaksanakan," sebut Arifin.

Kegiatan itu juga dihadiri oleh Kepala Organisasi Petangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Siak, serta diikuti oleh peserta perwakilan dari masing-masing OPD.

Penulis: Diana
Editor: Rico





Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA LAINNYA    
Kepala Satpol PP Kota DumaiĀ Fauzi Efrizal memimpin pembongkaran lapak pedagang di Jalan Soekarno Hatta Dumai dekat Bandara Pinang Kampai, Senin sore kemarin.Satpol PP Tertibkan 9 Bangunan Liar di Jalan Soekarno Hatta Dumai
Tersangka yang diamankan polisi.Polsek LBJ Ringkus Dua Pengedar 19 Paket Sabu
IlustrasiHujan Masih Berpotensi Guyur Riau Siang Nanti
IlustrasiHati-hati, Covid-19 Paling Sering Ditularkan Lewat Aktivitas Ini
Denmark lolos dramatis ke babak 16 Euro 2020. Foto: DetikHajar Rusia 4-1, Tim Dinamit Denmark Lolos Dramatis 16 Besar
  IlustrasiHarga Sawit Riau Anjlok 8,7 Persen ke Posisi Rp 2.064/Kg
IlustrasiBisa Bahaya, Jangan Konsumsi 5 Makanan Ini denga Buah Pisang
Walikota Pekanbaru H Firdaus, menandai penanam pohon kurma di Areal Islamic Centre Pekanbaru dalam Komplek Perkantoran Pemerintah Kota Pekanbaru.
Walikota Pekanbaru Tanam Pohon Kurma di Areal Islamic Centre
Yamaha Frascino 125Yamaha Perkenalkan Skutik Terbaru Frascino 125, Dibekali Fitur Hybrid
PT Phapros TbkPhapros Luncurkan Obat Pencegahan Covid-19
Komentar Anda :

 
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved