www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Ini 4 Tim yang Pastikan Tempat di Semifinal Piala AFF U-19 2024
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Pemkab dan Masyarakat Sambut Baik Lokasi Baru Bandara SSK II di Siak
Rabu, 22 Mei 2024 - 11:57:36 WIB

SIAK - Rencana pemindahan Bandara SSK II dari Pekanbaru ke wilayah lain, telah dibahas sejak lima tahun lalu. Wilayah yang cocok dibangun bandara baru yakni di perbatasan Kota Pekanbaru dan Kabupaten Siak.

Bukan tidak beralasan rencana pemindahan Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) Pekanbaru itu. Hasil penelitian PT Angkasa Pura II pada 2014, jumlah penumpang di Bandara SSK II akan mencapai 9,5 juta jiwa per tahun pada 2025. Meski bangunan bandara telah ditambah, Bandara SSK II hanya mampu menampung 8 juta orang.

"Berkaitan dengan bandara, tidak mesti di Pekanbaru. Kawasan bandara baru yang paling memungkinan itu di Siak," ujar Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution, kepada awak media, Minggu (19/5/2024).

Menurutnya, pemilihan kawasan Siak lantaran ada Hak Guna Usaha (HGU) perusahaan kelapa sawit yang akan berakhir. Luas lahan tersebut sekitar 1.000 Hektare (Ha).

"Kapasitas Bandara SSK II sekitar 4 juta orang dan ternyata sudah terpenuhi pada 2017 lalu. Belum lagi di sebelahnya ada lapangan udara tipe A," sebut Pomi.

Menanggapi kabar baik itu, Bupati Siak Alfedri menyambut baik dan mendukung penuh, rencana pemindahan bandara tersebut. Karena menurutnya, selian melihat faktor keselamatan penerbangan dan pertumbuhan penduduk kian pesat, tidak mungkin bandara SSK II di kembangkan.

"Sebenarnya, 2007 sudah dilakukan kajian, terkait pemindahan dan penetapan lokasi bandara baru dilaksanakan Dirjen Perhubungan Udara. Di tetapkan lokasi bandar udara baru di kabupaten Siak yang dekat dengan ibu kota Provinsi. Kami dan masyarakat Siak tentu menyambut baik, dan mendukung wacana ini," singkat Alfedri saat di temui di Siak, Rabu(22/5/2024).

Terpisah, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) kabupaten Siak L Budhi Yuwono menyambut baik dan mendukung penuh rencana pindah bandara (SSK) II ke kabupaten Siak.

Menurutnya, wacana pemindahan bandara SSK II ini, sudah di bahas sejak 2007 lalu, pasalnya selain run way yang pendek di tambah bandara berada di tengah kota tidak memungkinkan untuk di pertahankan.

"Pemkab Siak tentu mendukung dan menyambut baik rencana ini. Sebagaimana kajian dan study sudah pernah dilakukan, secara teknis memang lokasi calon bandara pengganti SSK II itu, ada di Kabupaten Siak, karena lebih memenuhi kriteria dibanding calon-calon lokasi lainnya," sebut Budhi.

Menurutnya, di lihat dari jarak Pekanbaru sebagai ibu kota Provinsi Riau cukup dekat ke Siak, termasuk di tinjau dari pola pemanfaatan ruang udara dan keselamatan penerbangan cukup pas.

"Lokasi yang luas itu ada di wilayah kabupaten Siak dan berada jauh dari pemukiman penduduk. Kami menyambut baik bila nanti lokasi bandara pengganti SSK II ditetapkan di kabupaten Siak," kata dia.

Selain itu, dilihat dari sejarah, sambung Budhi, memang banyak keterkaitan antara bandara SSK II dengan Siak Sri Indrapura karena memang SSK II merupakan pahlawan nasional yang berasal dari Siak Sri Indrapura.

"Jika kita kaitkan dengan history nama SSK II diambil dari nama sultan siak yang ke 12 Sultan Syarif Kasim merupakan pahlawan nasional yang berasal dari kabupaten Siak," singkatnya.

Untuk mengatasi masalah ini, Pekanbaru membutuhkan bandara baru dengan konsep Aerocity yang luasnya mencapai 10.000 hektar di kawasan Metropolitan Pekansikawan (Pekanbaru, Siak, Kampar, dan Pelalawan).

Bandara Aerocity yang dimaksud akan terintegrasi dengan pergudangan, perumahan, terminal antar moda, perkantoran, kawasan industri, dan tempat wisata yang didukung oleh infrastruktur perkotaan modern.

Penulis: Diana
Editor: Riki

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Pemain Timnas Indonesia di Piala AFF U-19 2024.(foto: detik.com)Ini 4 Tim yang Pastikan Tempat di Semifinal Piala AFF U-19 2024
Pj Walikota Pekanbaru, Risnandar Mahiwa saat kegiatan PIN Polio di Pekanbaru.(foto: int)PIN Polio di Pekanbaru Sasar 145.754 Anak di 1.533 Pos Imunisasi
Motor matic dilindas truk Fuso yang masuk ke Jalan Arengka, Pekanbaru (foto/IG Pekanbaruviral)Video Kecelakaan Viral di Pekanbaru, Truk Fuso Lindas Motor
Rombongan Agung-Markarius kunjungi pemilik Ponpes Babussalam Tuan Guru Ismail Royan, Selasa (23/7/2024) (foto:ist)Tuan Guru Ismail Royan Doakan AMAN, Sebut Calon Pemimpin yang Berpotensi
BKPSDM Rohil, Acil Rustianto, saat bertindak sebagai pembina apel pagi (foto/afrizal)ASN Pemkab Rohil Harus Penuhi Kewajiban Sebelum Menuntut Hak
  Evaluasi enam pejabat eselon II Pemprov Riau tuntas (foto/int)Evaluasi 6 Pejabat Pemprov Riau Rampung, Siapa yang Dapat Posisi Baru?
Arus Bawah condong SF Hariyanto lebih cocok jadi wakil Abdul Wahid dalam Pilgub Riau 2024 (foto/int)Arus Bawah: SF Hariyanto Cocok Jadi Wakil Abdul Wahid di Pilgub Riau
Sekda Pekanbaru, Indra Pomi sudah beri teguran ke penyedia layanan kabel optik (foto/int)Warga Pekanbaru Terjerat Kabel Optik dan Masuk RS, Ini Reaksi Pemko
Pj Gubri, SF Hariyanto menyerahkan SK PPPK guru honor Kuansing dan Inhu (foto/int)Akhirnya 332 Guru Honorer di Inhu dan Kuansing Terima SK PPPK
Bakal Calon Walikota Pekanbaru, Agung-Markarius minta nasehat Tuan Guru Ismail Royan (foto/Mimi)Calon Walikota Pekanbaru Agung-Markarius Sambangi Tuan Guru Ismail Royan
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
RGE Jurnalism Workshop Perkaya Pengetahuan Wartawan
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved