www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
Rapat Paripurna DPRD Inhu, Bupati Sampaikan Pidato Pertamanya
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Mampu Layani Kebutuhan Air Minum 2.000 RT, SPAM IKK In Door Siak Diresmikan
Rabu, 24 Februari 2021 - 18:18:24 WIB
Kepala Balai PPW Riau, Ichwanul Ihsan memberikan penjelasan saat peresmian SPAM IKK Siak, Kabupaten Siak.
Kepala Balai PPW Riau, Ichwanul Ihsan memberikan penjelasan saat peresmian SPAM IKK Siak, Kabupaten Siak.

SIAK - Sejak dimulai pembangunannya pada bulan Juli tahun 2020, akhirnya IPA Baja (Indoor) kapasitas 20L/detik dan jaringan perpipaan untuk SPAM IKK Siak, Kabupaten Siak diresmikan.

Peresmian dan serah terima pengelolaan pembangunan IPA Baja (Indoor) kapasitas 20L/detik dan jaringan perpipaan untuk SPAM IKK Siak, Kabupaten Siak, Program Pamsimas III dan Program Sanimas Kabupaten Siak tahun 2020 dilaksanakan di sebelah Vanue BMX, Kecamatan Siak, Rabu (24/2/2021).

Dalam arahannya melalui zoom meeting, Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Ir Diana Kusumastuti, M.T mengatakan permohonan maaf dirinya karena tidak bisa hadir secara langsung.

"Salah satu program prioritas Kementerian PUPR adalah penyediaan air minum dan sanitasi. Oleh karena itu, pemerintah pusat bersama pemerintah daerah harus bersinergi bersama-sama," kata Diana Kusumastuti.



Untuk memenuhi kebutuhan air minum di Provinsi Riau umumnya dan Kabupaten Siak khususnya, Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Pemukiman Wilayah (BPPW) Riau tahun 2020, telah melaksanakan pembangunan IPA Baja (Indoor) untuk sistem persediaan air minum kapasitas 20L/detik dengan total anggaran Rp20.8 miliar dan didukung sumber pendanaan dari Pemerintah Kabupaten Siak sebesar Rp7,5 miliar.



"Diharapkan sistem penyedia air minum ini dapat melayani 2.000 unit sambungan rumah. Saya juga berharap Pemkab Siak segera melakukan sambungan ke rumah-kerumah," harap Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR tersebut.



Selain itu, di tahun 2020, Pemkab Siak juga mendapatkan alokasi anggaran dari APBN untuk kegiatan Program Pamsimas III untuk 19 desa dengan total anggaran Rp3,783 miliar.

Sharing Dana
Sementara itu, Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah (BPPW) Riau, Ichwanul Ihsan mengatakan kegiatan pembangunan IPA Baja (Indoor) kapasitas 20L/detik dan jaringan perpipaan untuk SPAM IKK Siak, kabupaten Siak, Program Pamsimas III dan Program Sanimas Kabupaten Siak menggunakan anggaran tahun 2020.



"Alhamdulillah kegiatan pembangunan tersebut sudah siap 100%. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Siak karena pembangunan IPA Baja (Indoor) kapasitas 20L/detik dan jaringan perpipaan untuk SPAM IKK Siak, Kabupaten Siak, tidak mengharapkan seluruhnya dari APBN, akan tetapi juga shering dari dana APBD Kabupaten Siak berjumlah Rp7,5 miliar," kata Ichwanul Ihsan.



Dengan telah selesai pembangunan tersebut, diharapkan dapat langsung dioperasionalkan untuk melayani hingga 1.600 Sr.

"Untuk kegiatan kami tahun 2020 di Kabupaten Siak, selain pembangunan SPAM IKK Siak, kami juga membangun Pamsimas di 19 desa dengan rincian 11 reguler dan 8 HID, tidak ada yang HKP serta pembangunan 2 Sanimas di Perawang," jelasnya.



Untuk di tahun 2021, secara swakelola akan membantu memfasilitasi Pemerintah Kabupaten Siak dalam Layanan Lumpur Tinja Terjadwal (LLTT).

"Hal tersebut untuk membantu Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) yang sudah kami bangun di Perawang, sehingga bisa beroperasi lebih baik lagi," ucap Ichwanul Ihsan.

Selain itu, untuk bangunan yang baru selesai tapi sudah memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan Sertifikat Laik Fungsi (SLF) diterbitkan baru di Siak.

"Rasanya untuk di Indonesia saya baru mendengar dan melihat untuk bangunan baru siap yang sudah memiliki IMB dan SLF. Siak juga sudah melaksanakan sesuai UU Bangunan Gedung Nomor 28 Tahun 2002 dan Perda Bangunan Gedung serta Perbup tentang Implementasi Penyelenggaraan Bangunan Gedung," ujarnya.

 

Kepala Balai PPW Riau sedang memberikan penjelasan

Bupati Ucapkan Terima Kasih
Bupati Siak Alfedri mengatakan atas nama Pemkab Siak dan seluruh masyarakat Kabupaten Siak mengucapkan selamat datang kepada anggota DPR RI Komisi V, Direktur Alokasi Pendanaan dan Pembangunan Bappenas, Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Riau di Kabupaten Siak.

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Siak dan masyarakat mengucapkan terimakasih atas atas kebijakan dalam program untuk mengalokasikan anggaran IPA Baja (Indoor) Kapasitas 20L/Detik dan jaringan perpipaan untuk SPAM IKK Siak, Kabupaten Siak, Program Pamsimas III dan Program Sanimas Kabupaten Siak tahun 2020. Dan Alhamdulillah pembangunan tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat di Kabupaten Siak," ucap Alfedri.

Dengan adanya IPA Baja (Indoor) kapasitas 20L/Detik dan jaringan perpipaan untuk SPAM IKK Siak, bisa menambah SPAM sebelumnya menjadi 40L/detik.

"Jumlah ini cukup membantu penyediaan air minum khususnya di ibu kota yakni Kecamatan Siak. Selain menjangkau Kelurahan Kampung Rempak dan Kelurahan Kampung Dalam, juga bisa memenuhi kebutuhan air di kampung sekitar termasuk Kampung Rawang Air Putih, Markas Kodim yang sedang dibangun dan Kampung Buantan Besar," jelasnya.

Untuk pembangunan Pamsimas di 19 kampung tersebut, sangat membantu Kampung yang berada di daerah sepanjang Sungai Siak dan daerah pesisir.



"Karena ketika musim kemarau tiba, daerah tersebut sulit mendapatkan air bersih dan ketika musim hujan airnya payau," kata Alfedri.

Terkait pembangunan Sanimas di Perawang yang merupakan pemukiman padat penduduk. Ini sangat membantu sanitasi agar berjalan dengan baik, sehingga masyarakat akan lebih sehat.

Diakhir acara juga dilaksanakan penyerahan bantuan 1 bus sekolah dari Kementerian Perhubungan, dan peninjauan langsung bangunan SPAM IKK Siak dan juga Pamsimas HID.



Kegiatan peresmian ini dihadiri juga anggota DPR RI Komisi V, H Sahrul Aidi Ma'azat, Lc, MA, Direktur Alokasi Pendanaan dan Pembangunan Bappenas Erwin Dimas, Ketua DPRD Kabupaten Siak, Sekretaris Daerah Kabupaten Siak Arfan Usman, Direktur Air Minum Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR melalui zoom meeting, Ketua DPRD Kabupaten Siak Azmi, beserta seluruh tamu undangan lainnya.

Penulis: Diana Sari
Editor: Satria


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA LAINNYA    
Rapat Paripurna DPRD Inhu.Rapat Paripurna DPRD Inhu, Bupati Sampaikan Pidato Pertamanya
Telkomsel dan Gojek kembali melanjutkan kolaborasi dengan menghadirkan Paket Data Telkomsel khusus bagi mitra UMKM GoFood.Sinergi Telkomsel dan Gojek Terus Perkuat Produktivitas Mitra UMKM Hadapi Pandemi
Walikota Dumai H Paisal membagikan masker kepada PKL di Jalan Sukajadi Dumai baru-baru ini.
Walikota Dumai Keluarkan Surat Edaran PPKM Level 3, Mulai Berlaku Hari Ini
Petugas berjaga saat pemberlakuan One Way di Selatpanjang Dishub Kepulauan Meranti Hentikan Pemberlakuan One Way di Selatpanjang
Ilustrasi3 Zodiak Ini Bakal Ketiban Rezeki Agustus Mendatang, Kamukah?
  Foto: DetikTimnas Jerman Tolak Pakai Seragam Mini, Lawan Seksualisasi Olahraga Senam
IlustrasiSaat Terpapar Covid-19 di Hari Keberapa Hilang Penciuman? Berapa Lama Terjadinya?
IlustrasiButuh Booster, Antibodi Sinovac Memudar 6 Bulan
Kapolda Riau resmikan pembukaan Diktukba Polri.Diktukba Polri Resmi Dibuka, Kapolda Riau: Bentuk Ketrampilan, Pikiran dan Sikap Polri Sejati
IlustrasiGubri Keluarkan SE Atur Sistem Kerja ASN Pemprov Riau Saat PPKM Level 4
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Balai PPW Riau Gelar Vaksinasi Massal
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved