www.halloriau.com  
BREAKING NEWS :
Pemegang Saham Telkom Indonesia Bakal Dapat Dividen Rp14,86 triliun
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Pacu Mutu Pembelajaran, Portal Disdikbud Siak Bedelau Gelar Sosialiasi E-PINTAR
Rabu, 19 Januari 2022 - 19:38:03 WIB
Pacu Mutu Pembelajaran, Portal Disdikbud Siak Bedelau Gelar Sosialiasi E-PINTAR
Pacu Mutu Pembelajaran, Portal Disdikbud Siak Bedelau Gelar Sosialiasi E-PINTAR

SIAK - Komitmen Pemerintah Kabupaten Siak menggenjot mutu tenaga pendidik dan tenaga kependidikan untuk menciptakan pembelajaran bermutu terus ditingkatkan dengan berbagai program.

Salah satunya melalui kemitraan dengan Program PINTAR sejak tahun 2018 lalu. Meski demikian masih sebahagian besar guru diberbagi pelosok belum mendapatkan pelatihan dengan modul yang dikembangkan oleh program PINTAR.

Untuk menggenjot mutu pembelajaran yang berkualitas secara merata di Kabupaten Siak, Portal  Pendidikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Siak, Siak Bedelau, menggelar sosialisasi pemamfaatan platform e-Pintar untuk kalangan guru, kepala sekolah, secara virtual, Selasa, (18/01/2021).


Salah satu strategi untuk menjawab permasalahan kompetensi guru adalah dibuatnya platform e-Pintar diluncurkan secara resmi oleh  Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek, Iwan Syahril Ph.D, pertengahan September 2021 lalu.

Platform ini telah dimamfaatkan sekitar 4214 peserta yang terdiri dari kalangan tenaga pendidik dan pemerhati pendidikan di 33 provinsi.

Kepala Bidang Pembinaan SMP Disdikbud Siak Fakhrurrozi, M.Pd mengatakan, bahwa sosialisasi ini diikuti oleh berbagai kalangan sekolah dengan jumlah 800 peserta dari berbagai pelosok via youtube.

Dalam sambutannya, ia menyampaikan penyebarluasan mamfaat program e-PINTAR penting diikuti oleh seluruh guru dan kepala sekolah di Siak, terutama yang tidak termasuk sekolah mitra program PINTAR Tanoto Foundation.

“Pandemi Covid 19 selain menimbulkan sisi negative juga terdapat sisi postifinya. Sisi positifnya adalah lahirnya berbagai inovasi pembelajaran digital untuk meningkatkan pembelajaran berkualitas kepada anak didik. Salah satunya adalah platform e-Pintar yang diprakarsai oleh Tanoto Foundation,” ujarnya.

Mewakili Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Siak, Ia berharap agar para anggota MGMP, KKG K3S untuk terlibat aktif mengikuti fasilitas e-Pintar yang bisa diakses secara gratis dimanapun berada. Terutama bagi sekolah yang tidak termasuk sebagai sekolah mitra program PINTAR Tanoto Foundation.

“Kami bersyukur karena Tanoto Foundation menawarkan program peningkatan kapasitas pembelajaran melalui platform e-Pintar yang berisi beragam modul pelatihan mandiri yang setara dengan pelatihan di sekolah mitra. Diharapkan kepada kalangan guru maupun kepala sekolah bisa mendaftar secara mandiri,” tambahnya.

Narasumber Sosialisasi dari Program PINTAR Tanoto Foundation Destina menguraikan e-Pintar merupakan sub bagian dari program PINTAR yang dirancang untuk meningkatkan kapasitas tenaga pendidik di seluruh Indonesia.

“Platform ini dirancang untuk meningkatkan kompetensi pedagogi dan professional para guru peserta, serta meningkatkan literasi digital para guru peserta,” ujarnya.

Ia menambahkan, pola pola pelatihan yang digunakan dalam e-pintar diantaranya adalah pembelajaran mandiri yang dilakukan secara asinkronus melalui platform system manajemen pembelajaran pintartanoto.id. kedua, melalui pembelajaran kelompok secara sinkronus yang difasilitasi oleh fasilitator terlatih melalui forum zoom pada waktu yang ditentukan.

Platform ini bisa diakses dari mana saja dan tidak berbayar. Peserta tinggal mendaftar kemudian memilih modul yang diinginkan lalu mengikuti seluruh instruksi yang ditetapkan. Peserta yang telah mengikuti seluruh tahapan akan mendapatkan sertifikat elektronik.

Peserta sosialisasi menyambut baik program ini dan akan menjadi peserta pelatihan secara mandiri dengan menggunakan platform tersebut. (Infotorial)

 


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Telkom IndonesiaPemegang Saham Telkom Indonesia Bakal Dapat Dividen Rp14,86 triliun
Ilustrasi.Karena Uang Rp1.000, Seorang Warga Inhil Ditikam OTK
Ketua Komisi III DPRD Riau Makarius Anwar.Komisi III DPRD Riau Minta BPKAD Lakukan Penahanan Aset Bermasalah
Disdukcapil Pekanbaru melaukan perekaman e-KTP di Sekolah.Disdukcapil Pekanbaru Datangi Rumah dan Sekolah Rekam Data e-KTP Penyandang Disabilitas
Kakanwil Kemenag Riau Mahyudin.Harapkan Dampak Positif untuk Layanan Publik, Kanwil Kemenag Riau Gelar FGD Revitalisasi KUA
  Wakil Bupati Siak, Husni Merza menghadiri Haflah Akhirussanah 21 Santri Pondok Pesantren Ibnu Sina Siak.Wabup Husni Merza: Ponpes Ibnu Sina Bantu Pemerintah Cerdaskan Generasi Muda Siak
Maling kotak amal di Masjid Amaliyah Pekanbaru terekam CCTv.Terekam CCTv, 3 Kotak Amal Masjid Amaliyah Pekanbaru Digondol Maling
President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha bersama wisudawan IDCamp 2021 yang diwakili 10 lulusan terbaik.Wujudkan Talenta Digital Berkelas Dunia, Indosat Ooredoo Hutchison Luncurkan IDCamp 2022
Kebakaran  rumah dan bengkel motor di Jalan Parit Indah Pekanbaru.Jelang Salat Jumat, 1 Rumah dan Bengkel Motor di Jalan Parit Indah Pekanbaru Ludes Dilahap Api
Kadishub Pelalawan Ferry Zulkarnain Fasda Bino.Jalan KM 55 Pangkalan Kerinci Rawan Rusak karena Tak Lagi Berportal, Ini Penjelasan Kadishub Pelalawan
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Paguyuban Balai PPW Riau Anjangsana ke Panti Asuhan di Pekanbaru
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved