www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
ETLE Kini Pakai Sistem Poin, Resiko SIM Bisa Dicabut
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Bupati Rohil Pimpin Rapat Persiapan Event Bakar Tongkang 2024
Selasa, 11 Juni 2024 - 13:59:35 WIB

BAGANSIAPIAPI - Event Bakar Tongkang yang sudah menjadi kegiatan rutin setiap tahunnya kembali akan digelar pada 22 Juni 2024. Untuk persiapan event tersebut, Bupati Rohil, Afrizal Sintong, beserta jajarannya rapat pematangan pelaksanaan pada Senin (10/6/2024) malam di Mess Pemda, Bagansiapiapi.

"Alhamdulillah pada malam ini, kita sudah melaksanakan rapat dengan seluruh pihak yang terkait dalam pelaksanaan, pematangan kegiatan event Bakar Tongkang 2024. Ini merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya, jadi kegiatan ini tidak lagi suatu yang baru karena event Bakar Tongkang sudah masuk agenda tahunan kalender wisata nasional," kata Bupati Afrizal Sintong.

Rapat malam ini juga dihadiri dari pihak Kemenpora, OPD terkait, Kepolisian, Kodim 0321, Genpari, LAM dan undangan lainnya. Insyaallah undangan kita juga sudah disebarkan termasuk juga ada ke kementerian seni budaya Malaysia. Selain itu terkait masalah keamanan dan buka tutup lalu lintas semua sudah diatur pihak Polres Rohil dan Dinas Perhubungan.

Afrizal dalam arahannya menyampaikan bahwa untuk kegiatan Bakar Tongkang kedepannya harus lebih matang lagi dalam persiapannya terutama masalah anggaran. Dispora Rohil diminta untuk menganggarkan segala sesuatunya seperti masalah anggaran makan minum, baju kegiatan Bakar Tongkang, sound sistem dan lainnya yang diperlukan jadi tidak lagi meminta kepada kelenteng.

"Saya berharap Kadispora benar-benar tampil maksimal dalam segala persiapan Iven Bakar Tongkang ini. Jadi tahun ini anggaran sedikit, untuk tahun depan anggarannya harus benar-benar di siapkan, karena event ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang sudah masuk kalender wisata Nasional," ungkap Bupati.

Bupati juga berharap agar tertib acara bakar tongkang ini diatur sebaik mungkin dan matang. Sehingga tidak terlihat semraut pada saat acara puncak pembakaran tongkang di lokasi Bakar Tongkang.

"Kita berharap semua pelaksanaan kegiatan event Bakar Tongkang ini dapat berjalan baik, lancar dan aman serta dapat memberikan kesan yang baik kepada para wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar negeri," harapnya.

Sementara itu, Kabag Ops Polres Rohil Kompol Afrizal, sebagai penanggung jawab keamanan pada event Bakar Tongkang dalam rapat menyampaikan bahwa pihaknya akan mengerahkan 230 personel Polres Rohil, Brimob 10 personel, Samapta Polda Riau 60 orang. Semua akan di sebar di setiap titik yang di anggap perlu.

Pihak Polres dalam rencana pengamanan dikatakan Kabag Ops, pihak Brimob dan Samapta Polres Rohil juga akan melakukan patroli di sekitaran Bagansiapiapi sampai menuju jalan lintas pesisir dan semua akan di sisir. Selain itu untuk Satlantas Polres Rohil bersama Dinas Perhubungan juga akan melakukan rekayasa lalulintas di setiap simpang jalan di Bagansiapiapi.

Sementara itu masukan dari pihak DPRD yang disampaikan Basiran Nur Efendi, ia mengharapkan pelaksanaan Bakar Tongkang harus terlaksana dengan baik sesuai esensi yang diharapkan dari event Bakar Tongkang itu sendiri.

"Karena event ini perlu diperhatikan terkait masalah UMKM dan pengunjung yang ingin melihat kegiatan ini dapat diakomodir bersama-sama, baik pengunjung VIP maupun wisatawan serta warga tempat yang ingin menyaksikan Bakar Tongkang ini," kata Basiran Nur Efendi.

Sementara masukan dari Kepala Ranting PLN Bagansiapiapi, Muhammad Rizki mengatakan bahwa pihaknya sudah menyiapkan saluran teknis untuk acara bakar tongkang ini dengan menyediakan 2 Fider atau dua penjulang. Sedangkan untuk titik-titik crossing yang akan di lalui arakan tongkang akan di rapikan.

Sedangkan persiapan dari Diskominfotik Rohil yang disampaikan Kadiskominto, Indra Gunawan sudah menyiapkan Website terkait rumah makan, hotel. Kemudian untuk billboard dan videotron sudah di siapkan dibeberapa titik diantaranya di simpang Ujung Tanjung, depan Kantor LAM dan Dekranasda. Kemudian untuk pemasangan baliho ada sekitar 10 spanduk terkait kegiatan Bakar Tongkang.

Hadir pada acara rapat Sekretaris Daerah Rohil Fauzi Efrizal, perwakilan Kemenpora, para Asisten Pemkab Rohil, Wakil Ketua DPRD Basiran Nur Efendi, Para Kepala OPD, Kabag Ops Polres Rohil Kompol Afrizal, Rohil Kapolsek Bangko, Kompol Ihut Manjalo Tua, Genpari, LAM Rohil serta tokoh masyarakat Tionghoa.

Penulis: Afrizal
Editor: Riki

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
ETLE terapkan tilang pakai poin.(ilustrasi/int)ETLE Kini Pakai Sistem Poin, Resiko SIM Bisa Dicabut
Bencana galodo Sumbar beberapa waktu lalu.(foto: int)Pemprov Sumbar Siapkan 3,8 Hektare Lahan Relokasi untuk Korban Bencana di Tanah Datar
Prakiraan cuaca di Riau hari ini.(ilustrasi/int)Cuaca di Riau Hari ini: Waspadai Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang
Pj Walikota Pekanbaru Risnandar Mahiwa Saat Memimpin Rapat Kegiatan Bakti Sosial Sinergi antara Pemprov Riau dan Pemko Pekanbaru.Kamis Ini Pemko dan Provinsi akan Gelar Aksi Bersih-bersih Sempena Hari Jadi ke-240
Sekdako Pekanbaru, Indra Pomi Nasution.(foto: int)Sekda Ingatkan ASN Pemko Pekanbaru Tak Tambah Libur
  Ramalan zodiak hari ini.(ilustrasi/int)Ramalan Zodiak Hari ini 19 Juni 2024: Aquarius Hindari Kesalahan, Gemini Berhemat
Titik panas di Riau.(ilustrasi/int)Riau Menyala 1 Hotspot di Rohul Pagi ini, Sumatera Ada 10 Titik Panas
Gubernur Sumatra Barat, Mahyeldi Ansharullah.Survey Integral: Elektabilitas Epyardi Asda sebagai Bakal Calon Gubernur Dekati Petahana Mahyeldi
Penjabat (Pj) Gubernur Riau (Gubri) SF HariyantoSosok Syekh Ma'sum Tambusai di Mata Pj Gubernur Riau SF Hariyanto
Sapi kurban milik anggota DPRD Pekanbaru yang terberat se-Sumatea, kalahkan sali Jokowi.(foto: tribunpekanbaru.com)Lampaui Jokowi dan Terberat se-Sumatera, Politisi Muda Pekanbaru Kurban Sapi 1,3 Ton
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Salad Idul Adha di Masjid Awaluddin
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved