www.halloriau.com  
BREAKING NEWS :
Pria Korban Mutilasi Ternyata Kurir Ojol, Motif Pelaku Sudah Diketahui Polisi
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Peluang Duet Prabowo-Puan di Pilpres 2024 Makin Besar, Ini Alasannya
Selasa, 23 November 2021 - 15:45:18 WIB
Puan Maharani dan Prabowo Subianto
Puan Maharani dan Prabowo Subianto

JAKARTA - Ketua Umum Prabowo Subianto dan elite PDIP Puan Maharani makin hangat jelang tahun politik. Duet keduanya di Pilpres 2024 dinilai besar kemungkinan terwujud.

"Duet Prabowo-Puan berpeluang besar untuk terwujud, karena beberapa faktor," kata Direktur Eksekutif Institute for Democracy and Strategic Affairs (Indostrategic) Ahmad Khoirul Umam, Selasa (23/11/2021).

Dikutip dari detikcom, Umam menyebut faktor pertama adalah tidak ada kendala batasan threshold mengingat PDIP memiliki saham politik 20% dan Gerindra sekitar 12% dari Pemilu 2019. Jika presidential threshold 20%, Prabowo-Puan bisa melenggang di Pilpres 2024 dengan dua partai saja.

Alasan kedua, kata Umam, PDIP dan Gerindra merupakan representasi partai yang menggunakan sistem kepemimpinan dengan model 'demokrasi terpimpin' yang akan lebih memudahkan pengambilan keputusan strategis. Meskipun model demokrasi terpimpin sebenarnya tidak ada dalam varian teori demokrasi dan tidak merepresentasikan karakter demokratis itu sendiri, tapi pola semacam itu disebut Umam memang lebih efektif untuk mengambil keputusan.

"Karena mudah menekan terjadinya dinamika dan kritisisme internal partai, terutama para kader yang tidak puas dengan keputusan partai," ujar Umam.

Alasan ketiganya, kata Umam, terkait elektabilitas Prabowo Subianto di sejumlah lembaga survei. Ini disebut bisa menjadi modal Prabowo menjadi calon presiden untuk Puan Maharani.

"Ketiga, elektabilitas Prabowo masih konsisten masuk dalam radar tinggi hampir semua survei. Hal itu bisa mengompensasi sekaligus menjadi bargaining position di hadapan PDIP yang mana elektabilitas Puan masih perlu terus ditingkatkan. Artinya, realitas elektabilitas Prabowo-Puan itu bisa menajdi 'trade-off' bagi elektabilitas PDIP dan Gerindra yang trend-nya berkebalikan," kata Umam.

Meski demikian, meskipun pasangan Prabowo-Puan memungkinkan untuk didorong ke kontestasi 2024, Umam menyebut keduanya masih butuh beberapa hal sebagai pelengkap.

"Prabowo-Puan masih perlu membutuhkan elemen tambahan baru, yakni kekuatan partai politik Islam. Jika hanya berbasis pada PDIP-Gerindra, pasangan Prabowo-Puan hanya akan mengambil cerug massa nasionalis, dan berpotensi berhadap-hadapan secara diametral dengan kekuatan politik Islam itu sendiri," ujarnya.



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Polisi mengungkap identitas pria korban mutilasi di Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi.Pria Korban Mutilasi Ternyata Kurir Ojol, Motif Pelaku Sudah Diketahui Polisi
IlustrasiTiga Anak Korban Pencabulan Oleh Ayah Kandung Diperiksa Pekan Depan
Menteri BUMN Erick Tohir (kanan) bersama Gubernur Riau Syamsuar pada acara Indonesia Cretive Cities Festival dan Kenduri Riau, di Pekanbaru, Jumat (26/11/2021) malam.Erick Thohir Respons Permintaan Gubri Bangun Destinasi Wisata
Razia prokes di Inhu. Puluhan Warga Lirik Terjaring Razia Prokes Covid-19
Ketua Umum DPN Permigastara, Peri Akri. Baru Dilantik, DPK Permigastara Bengkalis Langsung Diberi Tugas Khusus
  Arsenal meraih tiga poin dari Newcastle United dalam lanjutan Liga Inggris. Meriam London sukses mengalahkan tamunya dengan skor 2-0.Arsenal Vs Newcastle, Skor: 2-0
Pembalap Sean Gelael dan Bambang Soesatyo alias Bamsoet mengalami kecelakaan mobil saat ikut turut serta dalam Sprint Rally di Meikarta, Sabtu (27/11).Detik-detik Mobil Sean Gelael dan Bamsoet Kecelakaan
IlustrasiCovid-19 Riau Hari Ini: Tambah 62 Kasus, Ranking Dua Nasional
IlustrasiAnggota ISIS Ditembak Mati Saat Hendak Kabur dari Penjara
Wakil Bupati Rokan Hilir Sulaiman bersama Kapolres Rohil AKBP Nurhadi Ismanto mengikuti video conference (Vicon) bersama Kapolri Jenderal Pol. Litsyo Sigit Prabowo Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19 Saat Libur Nataru, Kapolres dan Wabup Rohil Vicon dengan Kapolri
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Kepala Balai PPW Riau Tepung Tawari Marulis Menuju MTQ Korpri Nasional
 
 
 
 
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved