www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
Lapas Pasir Pangaraian Salurkan 100 Paket Sembako ke Warga Terdampak Covid-19
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Sukiman-Indra Gunawan Resmi Jadi Bupati dan Wabup Rohul Terpilih
Selasa, 01 Juni 2021 - 18:52:17 WIB
Paslon Sukiman-Indra Gunawan ditetapkan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Rohul terpilih.
Paslon Sukiman-Indra Gunawan ditetapkan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Rohul terpilih.

PASIR PANGARAIAN - Pasca-putusan Mahkamah Konstitusi (MK) RI Nomor: 70/PHP.BUP-XIX/2021 tentang Pemilihan Bupati dan Wabup Rohul Tahun 2020, Senin (31/5/2021) sore, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rohul gelar Rapat Pleno terbuka Penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih, di pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Rohul 2020.

Di rapat pleno terbuka penetapan Paslon Bupati Rohul sesuai SK KPU Rohul Nomor: 62/PL.02.7-Kpt/1406/KPU-Kab/V/2021, KPU Rohul menetapkan paslon Bupati dan Wabup nomor urut 2 Sukiman dan Indra Gunawan sebagai Bupati dan Wabup Rohul terpilih dengan raihan 91.806 suara atau 39,68 persen, dari total 231.383 suara sah.

Penetapan paslon Bupati dan Wabup Rohul terpilih priode 2021-2024, dengan penandatanganan berita acara rapat pleno penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih, komisioner KPU Rohul, di Convention Hall Islamic Center Rohul.

Selanjutnya penyerahan berita acara dan SK penetapan pasangan calon kepada Bupati dan Wakil Bupati terpilih Sukiman dan Indra Gunawan. Dari paslon nomor 03 diwakili Andrizal, dan paslon 01 diwakili Nono Patria Pratama,

Ketua KPU Rohul Elfendri yang memimpin rapat pleno terbuka tersebut mengatakan, sesuai pelaksanaan amar putusan MK RI Nomor 138/PHP.BUP-XIX/2021 yang menyatakan sah Keputusan KPU Rohul Nomor 49/PL.02.6-Kpt/1406/KPU-Kab/V/2021 tentang Penetapan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara

"Penetapan pasangan calon bupati-wakil Bupati Rohul terpilih yang kita tetapkan hari ini merupakan tahapan terakhir dari rangkaian proses pemilihan dan juga hasil SK tersebut telah kami serahkan kepada Plh Bupati, DPRD dan seluruh pihak," kata Elfendri.

Selanjutnya, kata Elfendri, akan diproses sesuai peraturan yang berlaku. Dimana berikutnya jadi kewenangan DPRD Rohul lakukan paripurna dalam rangka pengusulan penetapan dan pelantikan ke Mendagri melalui Gubernur Riau.

Plh Bupati Rohul Abdul Haris mengucapkan terima kasih kepada penyelenggara Pilkada dan pihak keamanan karena sudah menyukseskan Pilkada Rohul 2020.

"Dengan segala upaya sudah menyukseskan Pilkada, atas nama Pemkab Rohul ucapkan selamat ke H. Sukiman dan H. Indra Gunawan yang telah ditetapkan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Rohul terpilih, semoga hingga proses pelantikan berjalan lancar,” kata Abdul Haris.

Anggota KPU Riau Drs Joni Suhadi mengatakan bahwa proses demokrasi melalui Pilkada Rohul berjalan dengan baik, dinamika yang terjadi di Pilkada biasa saja. Proses dan tahapan berjalan lancar sesuai aturan yang ada dalam pelaksanaan demokrasi di Negeri Seribu Suluk.

"Dari 9 Pilkada di Riau, 5 Paslon yang menggugat ke MK, proses semuanya dilaksanakan sesuai prosedur. Saya melihatnya, baik masyarakat, paslon sudah dewasa dalam proses demokrasi terutama di Rohul hari ini," ucapnya.

"Terbukti tidak ada gejolak terjadi di Rohul, tanpa ada anarkis berjalan dan dengan baik aman damai serta lancar. Terima kasih kesemua pihak pengamanan Polri dan TNI, KPU yang bertungkus lumus menyelenggarakan Pilkada hingga PSU," jelasnya.

DPRD Paripurna Penetapan Calon Bupati dan Wabup Rohul Terpilih

Usai KPU Rohul Rapat Pleno terbuka DPRD Rohul gelar rapat paripurna penetapan pasangan bupati dan wakil bupati Rohul terpilih periode 2021-2024, di gedung DPRD Rohil.

Rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD Rohul Novli Wanda Ade Putra, juga pimpinan DPRD Nono Patria Fraksi Golkar, Hardi Candra Fraksi PDI-P, dan Andrizal Fraksi PAN.

Hadir dalam rapat paripurna DPRD Rohul, Plh Bupati Rohul H.Abdul Haris, Forkompimda dan Calon Wakil Bupati Terpilih H.Indra Gunawan serta anggota DPRD Rohul.

Diawali pembacaan keputusan penetapan Calon Bupati dan Wakil Bupati Rohul terpilih yang ditetapkan KPU Rohul, oleh Sekretaris DPRD Rohul Budhia Kasino.

Sesuai UU no 8 tahun 2015 pasal 160 ayat 3  menegaskan, pengesahan, pengangkatan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih dilakukan berdasarkan penetapan calon terpilih oleh KPU Kab Rohul yang disampaikan DPRD ke Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur.

Sebagai Implikasi, DPRD kabupaten/kota mengumumkan dalam rapat paripurna hasil penetapan calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih oleh KPU Kabupaten/kota sebelum disampaikan ke Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur.

Kemudian berdasarkan keputusan KPU Rohul nomor : 62/PL.02.7-Kpt/1406/KPU-Kab/V/2021, tentang penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih dalam pemihan Bupati dan Wakil Bupati Rohul tahun 2020.

Usai pembacaan keputusan, Ketua DPRD Kabupaten Rohul secara resmi mengumumkan Calon Bupati dan Wakil Bupati Rohul terpilih, yakni pasangan No urut dua H Sukiman dan H Indra Gunawan.

Penulis: Syaiful
Editor: Rico


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA LAINNYA    
Pegawai Lapas Klas II B Pasir Pangaraian salurkan 100 paket sembako ke masyarakat.Lapas Pasir Pangaraian Salurkan 100 Paket Sembako ke Warga Terdampak Covid-19
Bupati Indragiri Hulu Rezita Meylani Yopi resmi membuka acara simulasi pilkades serentakBupati Inhu Resmi Buka Simulasi Pilkades Serentak di Desa Seresam
Tim RPK PT Arara Abadi APP Sinar Mas Berjibaku dengan Warga Padamkan Karhutla di Desa Mengkapan
Dukung Vaksinasi OJK, Ginda Burnama Minta Prokes Tetap Dijalankan
IlustrasiPositif Corona Riau Rekor 2.096 Kasus Sehari
  Bengkalis Raih Penghargaan KLA Pratama dari Menteri PPPA
Pemkab Pelalawan Raih Penghargaan Kabupaten Layak Anak
Kepala Bappeda Pelalawan Syahrul SyariefRPJMD Pelalawan 2021-2026 Raih Penghargaan Bergengsi SIPP Award 2021
Bupati Siak Alfedri didampingi Wakil Bupati Siak Husni Merza menyaksikan bersama acara penghargaan yang dibuka oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati secara virtual.Kabupaten Siak Kembali Raih Penghargaan KLA Kategori Nindya
Walikota Dumai Paisal sidak kedai kopi saat memantau PPKM Level 3.Satgas Covid-19 Dumai Patroli PPKM Level 3
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Peserta Antusias Vaksinasi di Balai PPW Riau
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved