www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
ARA Berkomitmen Perkuat Peranan dalam Pendidikan di Riau
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Usung Syamsuar Nyaleg DPR RI 2024, Partai Golkar Dinilai Mundur
Senin, 30 Januari 2023 - 22:48:21 WIB

PEKANBARU - Keputusaan DPP Partai Golkar yang akan mengusung Ketua DPD I Golkar Riau yang juga Gubernur Riau, Syamsuar maju jadi calon legislatif DPR RI pada Pemilu 2024 dinilai prematur.

"Meminta seorang gubernur maju ke DPR RI itu semacam kemunduran buat DPP partai Golkar dalam mendulang suara. Sebab, apa pun ceritanya tujuan partai politik untuk mengejar kekuasaan," kata Pengamat Politik Universitas Riau (Unri), Saiman Pakpahan, Senin (30/1/2023).

Menurutnya, DPP Partai Golkar tidak terlalu memahami secara empirik konstelasi politik di Riau khususnya terkait sosok Syamsuar. Dia lantas mempertanyakan kemampuan teknis DPP Golkar dalam melihat realitas politik di daerah.

"Dan Syamsuar juga harus melakukan semacam riset-riset akademik yang kuat terkait popularitas dan elektabilitasnya untuk periode berikutnya. Kalau dianggap banyak kelemahan dan kekurangan setelah dilakukan riset mendalam misalnya, ya enggak apa-apa kemudian dia maju ke DPR RI," sebut Saiman.

"Tapi kita enggak tahu apakah di level partai Golkar sudah melakukan riset itu apa belum. Kalau belum, artinya ada semacam bisikan-bisikan politik yang berupaya meng-campaign posisi syamsuar di Golkar," sambungnya.

Dia menilai sikap DPP Golkar tersebut sama saja mempertaruhkan peluang besar jika tak mengusung Syamsuar untuk periode kedua di Pilkada 2024 nanti.

Secara popularitas, sosialisasi politik Syamsuar sebagai incumbent disebutnya jauh lebih luas ketimbang sosok-sosok lain di Partai Golkar.

"Nah, saat ini dia (syamsuar) gubernur, dia punya surplus birokrasi, networking, ekonomi dan sebagainya yang potensial. Peluang dia terpilih kembali di periode berikutnya itu besar ketimbang mencalonkan kader Golkar lainnya yang memang belum mempunyai apa-apa," imbuh Saiman.

Begitupun dari segi elektabilitas, kata dia, sebagai calon petahana Syamsuar punya suara merata di Provinsi Riau.

Sebelumnya, DPP Golkar menginstruksikan Ketua DPD Golkar Riau Syamsuar untuk maju sebagai calon Anggota DPR RI daerah pemilihan Riau I pada 2024 nanti.

"Hal ini langsung diminta DPP dalam Rakornis Golkar wilayah sumatera I pekan lalu. Pak syamsuar diproyeksikan untuk maju menjadi Caleg DPR RI Dapil riau I," kata Sekretaris DPD I Golkar Riau, Indra Gunawan Eet.

Menurut Eet, permintaan untuk maju sebagai caleg DPR RI itu juga dilakukan di sejumlah daerah lainnya, yang mana ketua-ketua DPD yang juga menjabat sebagai kepala daerah diminta untuk maju pada Pileg 2024 mendatang.

Penulis: Rico Mardianto
Editor: Barkah

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
ARA menggelar halalbihalal di Kebun Pribadi salah satu anggota ARA yaitu Prof Dr H Syafrinaldi (foto/ist)ARA Berkomitmen Perkuat Peranan dalam Pendidikan di Riau
Timnas Indonesia U-23 bersiap hadapi Yordania dalam pertarungan penentu nasib di Piala Asia U-23 2024 (foto/detik)Menegangkan, Timnas Indonesia Hadapi Yordania dalam Laga Penentu Nasib di Piala Asia U-23 2024
Ilustrasi banjir di Pekanbaru dampak hujan lebat seharian (foto/int)Prakiraan Cuaca Hari Ini, Riau Hujan Lebat Sore-Malam, Waspadai Angin Kencang
ilustrasi Karhutla.Petugas Gabungan Siap Siaga di Sejumlah Pos Rawan Karhutla
Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru, Muflihun.Pilwako Pekanbaru, Masyarakat Kota Pekanbaru Jangan Terlibat Politik Uang
  Perayaan HUT Hotel New Hollywood ke-13 beralngsung meriah (foto/ist)Manajemen dan Karyawan Rayakan HUT Hotel New Hollywood ke-13
Pembersihan drainase di Jalan Arifin Ahmad Pekanbaru dengan mini excavator (foto/IG PUPRpku)Pemko Pekanbaru Keruk Drainase Pakai Excavator, Netizen: Kok Baru Sekarang?
Ilustrasi hotspot di Riau masih nihil (foto/int)Hotspot Pulau Sumatera Membara Lagi, BMKG: Riau Tetap Nihil
Pj Sekretaris Daerah Provinsi Riau, Indra.Pj Sekda Harap MTQ ke-42 Tingkat Provinsi Riau Berjalan Sukses dan Lancar
Polisi melakukan olah TKP pembunuhan Fahru Rozi (Dok. Humas Polres Rohul).Remaja di Rohul Tewas Ditebas Teman gegara Dituduh Ambil Brondolan Sawit
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Sepanjang Jalan Rajawali Rusak Parah
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved