www.halloriau.com  
BREAKING NEWS :
Silaturahmi ke RPBD di Kuansing, Ini Harapan Dit Intelkam Polda Riau
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Bawaslu Pekanbaru Wanti-wanti Penyebaran Hoaks dan SARA Jelang Pemilu 2024
Selasa, 22 November 2022 - 20:32:01 WIB
Ketua Bawaslu Pekanbaru, Indra Khalid Nasution.(foto: rico/halloriau.com)
Ketua Bawaslu Pekanbaru, Indra Khalid Nasution.(foto: rico/halloriau.com)

PEKANBARU - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Pekanbaru, Indra Khalid Nasution mewanti-wanti penyebaran kabar bohong alias hoaks dan provokasi berbau SARA pada Pemilu 2024.

Menurutnya, ancaman terhadap integritas Pemilu di Pekanbaru tidak banyak berbeda dengan ancaman secara nasional. Dia menyebut masyarakat mulai terpolarisasi akibat maraknya hoaks.

"Berita hoaks memanaskan suasana pesta demokrasi ini tetap ancaman terbesar. Juga isu-isu politisasi perbedaan SARA bagaikan bola panas yang terus bergulir. Ini tanggungjawab kita bersama untuk menghentikannya," kata Indra, Selasa (22/11/2022).

Oleh sebab itu, dia meminta penyelenggara pemilu menjaga netralitas dan independensi. Dan tak kalah penting memberikan informasi seluas-luasnya kepada masyarakat untuk menangkal berita hoaks.

Selain itu, partai politik juga harus tahu batasan yang boleh dan tidak boleh mereka lakukan dalam kontestasi perebutan suara rakyat.

"Jangan sampai ada niat meraih kekuasaan dengan mengorbankan persatuan dan kesatuan bangsa. Itu tidak boleh terjadi," tegas Indra.

Menurutnya kebebasan dalam demokrasi mesti dibarengi dengan aturan-aturan sebagai batasan.

"Itu yang harus dipahami penyelenggara, peserta maupun pemilih agar tujuan dan cita-cita demokrasi tercapai substansinya" ujar dia.

Dia juga menekankan kepada pengawas untuk mempelajari pengetahuan kepemiluan agar dapat mencegah sedini mungkin potensi-potensi pelanggaran.

"Harus melek setiap informasi yang beredar di masyarakat. Jaga loyalitas terhadap peraturan dan pimpinan agar kekuatan kelembagaan terjaga dan dapat ditularkan ke masyarakat," sebutnya.

Indra berkata, Bawaslu sendiri selain menghadapi semakin padatnya kegiatan tahapan pemilu juga semakin meningkatkan intensitas kerja dan pengawasannya.

"Mulai dari penguatan kelembagaan dengan sudah direkrutnya pengawas adhoc tingkat kecamatan yang nanti akan disusul oleh pengawas adhoc tingkat di bawahnya," pungkasnya.

Penulis: Rico Mardianto
Editor: Barkah

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Dit Intelkam Polda Riau bersama pengurus RPBD di Kuansing.(foto: rivo/halloriau.com)Silaturahmi ke RPBD di Kuansing, Ini Harapan Dit Intelkam Polda Riau
Sekjen DPW Partai NasDem Riau, Jhony Charles63 Kampung dI Riau Terima Sertifikat Proklim, Jhony Charles Harap Terus Ditingkatkan, Ini Sebabnya
Ilustrasi.(int)Set Top Box Tiba-tiba Meledak, Ini Sebabnya
Bupati Cianjur menerima bantuan donasi untuk korban gempa dari Pemprov Riau.(foto: mcr)Terkumpul Rp676 Juta Lebih, Pemprov Riau Serahkan Bantuan Korban Gempa Cianjur
Bupati dan pimpinan DPRD Kepulauan Meranti salam komando usai pengesahan APBD Tahun 2023APBD Kepulauan Meranti Tahun 2023 Disahkan Rp1,4 Triliun, Banggar DPRD Berikan Sejumlah Rekomendasi
  Kadiskes Riau, Zainal Arifin.(foto: int)Diskes Riau Bakal Gelar Seminar Hari AIDS Sedunia Bersama Mahasiswa Kesehatan
Ilustrasi.(int)Sore ini 3 Titik Panas Terdeteksi di Sumatera, Riau Nihil
Ilustrasi.(int)DLHK Riau Verifikasi Administrasi SPJ Sebelum Bangun 2 Sekat Kanal di Rohil dan Pelalawan
Aliansi Masyarakat dan Anggota Poktan Menggala Jaya, unjuk rasa di lahan sengketa. Unjuk Rasa di Lahan Sengketa, Anggota Poktan Menggala Jaya Rohil Minta Syamsuar Bertindak
Chief Enterprise & SME Officer XL Axiata, Feby Sallyanto, memberikan pemaparan kepada media tentang kolaborasi XL Axiata dan Polri dalam pengamanan KTT G20.(foto: istimewa)XL Axiata-Polri Kolaborasi Terapkan Teknologi Body Worn Camera di KTT G20 Bali
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
JNE Pekanbaru bersilaturahmi ke kantor Halloriau.com
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved