www.halloriau.com  
BREAKING NEWS :
Kapolri Ingatkan Ancaman Lonjakan Kasus Covid-19 Saat Libur Natal dan Tahun Baru
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Setelah 8 Bulan Belajar Daring, Besok Sekolah Tatap Muka di Meranti Dimulai, Kecuali Tanjung Peranap
Selasa, 10 November 2020 - 18:23:29 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

SELATPANJANG - Setelah sekian lama menerapkan sistem belajar dari rumah yakni hampir 8 bulan lamanya, pembelajaran tatap muka tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kepulauan Meranti akan diberlakukan Rabu (11/11/20) besok.  

Walaupun seluruh sekolah sudah bisa menerapkan pembelajaran tatap muka, Dinas Pendidikan membuat pengecualian terhadap beberapa  sekolah yang berada di Desa Tanjung Peranap, Kecamatan Tebingtinggi Barat. Hal itu disebabkan masih banyaknya kasus yang terkonfirmasi positif Covid-19.

"Untuk sekolah di desa itu belum bisa diberlakukan pembelajaran tatap muka. Hal itu dikarenakan masih tingginya kasus yang terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan laporan dari tim gugus tugas namun diluar kawasan itu sudah boleh," kata Kepala Bidang Pendidikan Dasar Disdikbud Kepulauan Meranti, Syafrizal.

Dikatakannya keputusan untuk menggelar pembelajaran tatap muka itu juga berdasarkan keputusan bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama, Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri tentang panduan penyelenggaraan pembelajaran pada tahun ajaran 2020/2021 di masa pandemi Corona Virus Disease (Covid-19).

"Keputusan ini juga berdasarkan surat keputusan bersama kementerian. Kementerian Pendidikan, Kementerian Agama, dan Kementerian Dalam Negeri  dan kementerian Kesehatan tentang panduan pembelajaran tahun ajaran baru masa pandemi Covid-19," ujarnya. 


Selanjutnya, setiap satuan pendidikan harus menerapkan protokol kesehatan dengan menyediakan fasilitas untuk mencuci tangan, hand sanitizer, pengukur suhu tubuh, sabun, penyemprotan disinfektan, dan wastafel di ruang belajar.

 "Yang paling penting masker. Selain mewajibkan setiap peserta didik dan pendidik mengenakan masker, pihak satuan pendidikan juga wajib menyediakannya," ujarnya.

Sementara itu jarak aman di ruang belajar juga diatur. Jarak minimal 1,5 meter setiap murid dan murid lainnya.  Proses belajar mengajar tatap muka itu dibagi dua sesi. Sesi pertama dimulai pukul 07.30-09.00 WIB, sesi kedua 09.30-11.00WIB. Untuk SD, setiap sesi tidak boleh lebih dari 14 orang setiap rombongan belajar (rombel).  Sedangkan SMP dibagi 16 orang setiap rombel.  

"Untuk memastikan operasional berjalan efektif, kami dari dinas akan rutin melakukan supervisi di seluruh sekolah yang memberlakukan proses bejalan dan mengajar tatap muka di sekolah mereka masing masing. Kita tetap lakukan evaluasi jika terdapat kendala di lapangan," pungkasnya.

Penulis : Ali Imron
Editor : Fauzia

 


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo Kapolri Ingatkan Ancaman Lonjakan Kasus Covid-19 Saat Libur Natal dan Tahun Baru
Sukmawati Soekarnoputri Sukmawati Sebut Sukarno Tak Paksakan Anak Pilih Agama
(Istimewa)Dekranasda Kota Bukittinggi Kunjungan Studi Komparatif ke Siak
Walikota Pekanbaru FirdausIndikator Vaksinasi Sudah Terpenuhi, Pekanbaru Segera PPKM Level 1
Camat Langgam, Saparudin G saat simbolik penyerahan reward DBA Asian Agri, kepada Kades Segati, Muhaimin disaksikan Ketua MPA Desa Segati, Agustus Alamsyah dan Manager Program DBA Asian Agri, Hafiz Hazalin SinagaDesa Binaan Asian Agri Raih Reward Desa Bebas Api
  IstimewaDiksar Menwa UNS yang Tewaskan Mahasiswa Ternyata Tanpa Rekomendasi Satgas Covid-19
Penanda tanganan kerja sama APROBI dengan Universitas Politeknik LPP YogyakartaAkreditasi Edukasi Kelapa Sawit, Apical Group Kolaborasi dengan Politeknik LPP Yogyakarta
Asisten III Setda Rohul membuka pelatihan bagi qori-qoriah Rohul yang akan betanding di MTQ ke-39 Pelalawan.
Rohul Targetkan Juara Umum di MTQ Riau ke-39
Asisten I Setdaprov Riau, Jenri Salmon GintingPemprov Riau Gelar Pertemuan dengan Dunia Usaha Bahas Program CSR
(Foto: istimewa)Pemprov Riau Raih Anugerah Keterbukaan Informasi Publik
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Polresta Pekanbaru Terbakar!
 
 
 
 
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved