www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Pjs Bupati: Siak Bukan Tempat Asing Bagi Saya
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Ditunggu Sampai 30 September
Waktu Hampir Habis, Ini Daftar 7 Kabupaten di Riau Terancam Tanpa APBD-P 2024
Rabu, 25 September 2024 - 15:26:48 WIB

PEKANBARU - Hingga Rabu (25/9/2024), tujuh kabupaten di Riau belum juga mengajukan evaluasi draf Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) 2024 ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau.

Tujuh kabupaten tersebut adalah Kepulauan Meranti, Siak, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Kuantan Singingi (Kuansing), Indragiri Hilir (Inhil), dan Pelalawan.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Riau, Indra SE, menyampaikan bahwa hingga saat ini baru lima daerah yang mengajukan draf APBD-P 2024 untuk dievaluasi.

"Sampai hari ini belum ada penambahan. Baru lima kabupaten/kota yang mengusulkan draf APBD-P mereka untuk dievaluasi," ujar Indra, Rabu siang.

Kelima daerah yang telah mengajukan evaluasi tersebut adalah Kota Pekanbaru, Dumai, Kabupaten Kampar, Indragiri Hulu (Inhu), dan Bengkalis. Dari lima daerah tersebut, empat di antaranya telah menyelesaikan proses evaluasi, yaitu Dumai, Kampar, Inhu, dan Bengkalis.

"Sementara Kota Pekanbaru masih dalam proses," jelasnya.

BPKAD Riau mengingatkan tujuh kabupaten yang belum mengajukan evaluasi draf APBD-P agar segera menyampaikannya sebelum batas waktu pengesahan, yaitu pada 30 September 2024.

"Jika sampai batas akhir belum disahkan, mereka tidak akan memiliki APBD Perubahan untuk tahun ini," tegas Indra.

Ia menambahkan bahwa proses evaluasi memerlukan waktu yang cukup lama karena melibatkan berbagai pihak, termasuk Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kementerian Keuangan.

"Proses evaluasi ini tidak cepat karena harus melibatkan tim dari Kemendagri dan Kementerian Keuangan. Namun, jika dokumen dari kabupaten/kota lengkap, kami langsung kirimkan ke kementerian terkait untuk difasilitasi," tambahnya.

Setelah evaluasi selesai di tingkat Pemprov, hasilnya akan diajukan kepada Penjabat (Pj) Gubernur Riau untuk penerbitan Surat Keputusan (SK).

"Jika SK evaluasi sudah diterbitkan, barulah dokumen tersebut dikembalikan ke kabupaten/kota untuk disetujui bersama DPRD dan dijalankan," jelas Indra.

Pj Gubernur Riau Ingatkan Batas Waktu Pengesahan
Sebelumnya, Pj Gubernur Riau, Rahman Hadi, juga telah mengingatkan para kepala daerah, baik bupati maupun wali kota, untuk segera mengajukan evaluasi draf APBD Perubahan 2024. Menurutnya, pengesahan APBD-P harus dilakukan tiga bulan sebelum akhir tahun anggaran, sehingga batas akhir pengesahan adalah 30 September 2024.

"Masih ada beberapa kabupaten yang belum mengajukan draf APBD-P mereka, padahal batas waktu pengesahan tinggal lima hari lagi. Sesuai regulasi, 30 September adalah batas akhirnya," ujar Rahman dikutip dari tribunpekanbaru.

Dengan semakin mepetnya waktu, Rahman berharap agar seluruh kepala daerah di Riau dapat segera menuntaskan proses pengajuan evaluasi APBD-P 2024 untuk memastikan kelancaran program pembangunan di daerah masing-masing. (*)

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Pjs Bupati Siak, Indra Purnama bersilaturahmi bersama Forkopinda Siak dan jajaran Pemkab Siak (foto/diana)Pjs Bupati: Siak Bukan Tempat Asing Bagi Saya
Paslon Agung Nugroho dan Markarius unggul jauh dari kandidat lain (foto/ist)Survei Trust Indonesia: Agung dan Muflihun Unggul dari Rival di Pilwako Pekanbaru
Plt Bupati Rohil, Sulaiman bersilaturahmi dengan petugas kebersihan DLH (foto/afrizal)Hari Pertama Menjabat, Ini Arahan Tegas Plt Bupati Rohil
Ilustrasi jadwal debat tiga Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur di Pilgub Riau 2024 (foto/ist)KPU Jadwalkan 2 Kali Debat Paslon Gubernur dan Wagub Riau
Penyidik Tipikor Reskrimsus Polda Riau saat melakukan penggeledahan di Sekretariat DPRD Riau terkaiat kasus dugaan SPPD fiktif. Tim BPKP Datangi Markas Polda Riau, Audit Kerugian Negara Kasus SPPD Fiktif Sekretariat DPRD Riau
  Ilustrasi hotspot di Riau terdeteksi sembilan titik (foto/int)BMKG: Hotspot Riau Tersebar di 8 Kabupaten/Kota Sore Ini
Puluhan PNS Pemprov Riau terima SK pensiun (foto/Yuni)Terhitung 1 Desember, Pemprov Riau Serahkan SK Pensiun 45 Pegawai
Tujuh kabupaten di Riau terancam tidak memiliki APBD Perubahan 2024 (foto/int)Waktu Hampir Habis, Ini Daftar 7 Kabupaten di Riau Terancam Tanpa APBD-P 2024
Kanit Binmas dan Bhabinkamtibmas ajak masyarakat Bukit Damar wujudkan Pilkada damai (foto/afrizal)Kanit Binmas dan Bhabinkamtibmas Serukan Pilkada Damai ke Masyarakat Bukit Damar
Kepala Dinas PUPR bersama Kepala Bidang Bina Marga PUPR Kepulauan Meranti saat meninjau jalan di Rangsang. Foto IstMeningkat Tiap Tahun, DAK Pemkab Kepulauan Meranti di Dinas PUPR Terbesar di Indonesia
Komentar Anda :

 
 
 
Potret Lensa
RGE Jurnalism Workshop Perkaya Pengetahuan Wartawan
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved