www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Ini 4 Tim yang Pastikan Tempat di Semifinal Piala AFF U-19 2024
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Pemprov Riau Perbaiki 11 Ruas Jalan di Kota Pekanbaru, Pj Gubri: Semoga Bermanfaat
Rabu, 10 Juli 2024 - 07:35:37 WIB

PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau telah mengalihkan kewenangan 16 ruas jalan di Kota Pekanbaru dari Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru ke Pemprov Riau.

Secara bertahap Pemprov Riau telah memperbaiki 11 jalan dari 16 ruas di Kota Pekanbaru yang dialihkan ke Pemprov Riau.

Pengalihan ruas jalan tersebut dilakukan untuk membantu Pemko Pekanbaru dalam hal perbaikan ruas jalan yang mengalami kerusakan parah sehingga dikeluhkan masyarakat.

Pj Gubernur Riau (Gubri) SF Hariyanto mengatakan, persoalan jalan di Pekanbaru merupakan tanggung jawab bersama. Sehingga tidak bisa dikerjakan sendiri oleh Pemko Pekanbaru.

"Kita harus bersinergi menangani persoalan di jalan. Apalagi sempat viral terkait banjir di Pekanbaru, tentu harus cepat kita sikapi suara hati rakyat, semoga perbaikan jalan yang sudah kita lakukan ini bisa bermanfaat buat masyarakat," kata Pj Gubri, Selasa (9/7/2024).

Pj Gubri menyebut, ia juga sudah melihat langsung kondisi ruas jalan di Pekanbaru yang mengalami kerusakan cukup parah, seperti Jalan Cipta Karya. Persoalan utama jalan ini merupakan drainase yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

"Saya sudah lihat jalan Cipta Karya tergenang banjir. Saya sudah minta PUPR untuk langsung diperbaiki. Namun, sebelum diperbaiki, drainase harus dibersihkan dulu agar badan jalan tidak tergenang banjir. Karena itu, kita minta Pemko Pekanbaru mulai dibersihkan drainasenya," ujarnya.

SF Hariyanto berharap usai diperbaiki, masyarakat dapat bersama-sama merawat fasilitas umum tersebut. Selain itu, orang nomor satu di Riau tersebut juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Sehingga tak hanya permasalahan jalan rusak saja, namun permasalahan banjir yang selama ini menjadi persoalan masyarakat Kota Pekanbaru pun dapat segera ditangani. SF Hariyanto memandang, dalam mengatasi permasalahan banjir, perlu adanya kolaborasi antara pemerintah bersama masyarakat.

Oleh sebab itu, Pj Gubri telah menginstruksikan Pemko Pekanbaru untuk segera membuat surat edaran terkait pembersihan drainase.

Dimana dalam surat edaran tersebut nantinya akan berisi instruksi kepada seluruh Camat dan Lurah untuk menggerakkan warganya dalam kegiatan gotong royong membersihkan drainase di lingkungan masing-masing.

Melalui kebijakan tersebut, diharapkan bencana banjir yang diakibatkan oleh drainase yang mampet oleh sampah dapat cepat teratasi.

“Kita berharap kedepannya dapat melihat kemajuan setiap tahun pembangunan infrastruktur. Terutama dalam penanganan banjir dan perbaikan jalan rusak yang memberikan manfaat langsung bagi masyarakat,” kata SF Hariyanto.

Sementara Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang, Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (PUPR-PKPP) Provinsi Riau, M Arief Setiawan mengatakan, perbaikan jalan di Pekanbaru dilakukan setelah proses pengalihan aset jalan dari Pemko Pekanbaru ke Pemprov Riau selesai dilaksanakan.

"Begitu kami menerima peralihan sebanyak 16 ruas jalan dari Pemko Pekanbaru, dan perbaikan jalan yang dialihkan tersebut langsung digesa," katanya.

Dari total 16 ruas jalan yang dialihkan ke Pemprov Riau, hingga saat ini pihaknya telah melakukan perbaikan sebanyak 11 ruas jalan. Kemudian dari 11 ruas tersebut, ada yang sudah selesai dilakukan perbaikan dan ada yang masih on progres.

"Total hingga saat ini sudah 11 ruas jalan di Pekanbaru yang dilakukan perbaikan. Ada yang sudah selesai diperbaiki, dan ada yang masih proses perbaikan," ujarnya

Berdasarkan data yang dirilis Dinas PUPR Riau, untuk ruas jalan yang sudah selesai diperbaiki diantaranya yakni Jalan Cut Nyak Dhien, Imam Bonjol, A Yani, M Yamin, Parit Indah, Kartama dan Adi Sucipto. Sementara yang masih on progres yakni Jalan Cipta Karya, Diponegoro dan Sultan Syarif Kasim.

"Sementara untuk lima ruas jalan lainnya juga akan segera digesa untuk proses perbaikannya. Yakni Jalan Pesantren, Jalan Sisingamangaraja, Jalan Ahmad Dahlan, Jalan Pattimura dan Jalan Teropong," katanya, seperti yang dilansir dari tribunnews.(*)

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Pemain Timnas Indonesia di Piala AFF U-19 2024.(foto: detik.com)Ini 4 Tim yang Pastikan Tempat di Semifinal Piala AFF U-19 2024
Pj Walikota Pekanbaru, Risnandar Mahiwa saat kegiatan PIN Polio di Pekanbaru.(foto: int)PIN Polio di Pekanbaru Sasar 145.754 Anak di 1.533 Pos Imunisasi
Motor matic dilindas truk Fuso yang masuk ke Jalan Arengka, Pekanbaru (foto/IG Pekanbaruviral)Video Kecelakaan Viral di Pekanbaru, Truk Fuso Lindas Motor
Rombongan Agung-Markarius kunjungi pemilik Ponpes Babussalam Tuan Guru Ismail Royan, Selasa (23/7/2024) (foto:ist)Tuan Guru Ismail Royan Doakan AMAN, Sebut Calon Pemimpin yang Berpotensi
BKPSDM Rohil, Acil Rustianto, saat bertindak sebagai pembina apel pagi (foto/afrizal)ASN Pemkab Rohil Harus Penuhi Kewajiban Sebelum Menuntut Hak
  Evaluasi enam pejabat eselon II Pemprov Riau tuntas (foto/int)Evaluasi 6 Pejabat Pemprov Riau Rampung, Siapa yang Dapat Posisi Baru?
Arus Bawah condong SF Hariyanto lebih cocok jadi wakil Abdul Wahid dalam Pilgub Riau 2024 (foto/int)Arus Bawah: SF Hariyanto Cocok Jadi Wakil Abdul Wahid di Pilgub Riau
Sekda Pekanbaru, Indra Pomi sudah beri teguran ke penyedia layanan kabel optik (foto/int)Warga Pekanbaru Terjerat Kabel Optik dan Masuk RS, Ini Reaksi Pemko
Pj Gubri, SF Hariyanto menyerahkan SK PPPK guru honor Kuansing dan Inhu (foto/int)Akhirnya 332 Guru Honorer di Inhu dan Kuansing Terima SK PPPK
Bakal Calon Walikota Pekanbaru, Agung-Markarius minta nasehat Tuan Guru Ismail Royan (foto/Mimi)Calon Walikota Pekanbaru Agung-Markarius Sambangi Tuan Guru Ismail Royan
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
RGE Jurnalism Workshop Perkaya Pengetahuan Wartawan
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved