www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Survey Integral: Elektabilitas Epyardi Asda sebagai Bakal Calon Gubernur Dekati Petahana Mahyeldi
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Rakorda Pelaksanaan Anggaran Pusat dan Riau 2024, Pj Gubri: Sinergi untuk Kemandirian Fiskal
Selasa, 11 Juni 2024 - 16:58:04 WIB

PEKANBARU – Penjabat (Pj) Gubernur Riau, SF Hariyanto, membuka Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) pelaksanaan anggaran pusat dan daerah Provinsi Riau tahun 2024 di Gedung Daerah Balai Serindit, Selasa (11/6/2024).

Acara yang dihadiri oleh berbagai pihak ini menegaskan kolaborasi antara pemerintah daerah dan pusat melalui kantor wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPB) Provinsi Riau.

Dalam sambutannya, SF Hariyanto menekankan pentingnya sinergi antara pemerintah pusat dan daerah untuk mencapai kemandirian fiskal di Provinsi Riau. Mengusung tema "Sinergi pemerintah pusat dan daerah untuk kemandirian fiskal di Provinsi Riau".

Rakorda ini bertujuan menciptakan masyarakat yang adil dan makmur sesuai amanat Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

"Pelaksanaan Rakorda ini adalah refleksi atas amanat undang-undang HKPD yang menekankan empat pilar strategi: penguatan local taxing power, penurunan ketimpangan horizontal dan vertikal, peningkatan kualitas belanja daerah, serta harmonisasi belanja pusat dan daerah," ujar Hariyanto.

Rakorda ini juga bertujuan memperkuat fungsi monitoring dan evaluasi pelaksanaan anggaran tahun 2023, serta meningkatkan kualitas pelaksanaan anggaran di tahun 2024.

"Terima kasih kepada semua pihak yang telah melalui tahun 2023 dengan sangat baik, terlihat dari capaian indikator ekonomi Riau yang positif meski di tengah kondisi geopolitik yang tidak stabil dan badai inflasi yang cukup tinggi," tambahnya.

Hariyanto juga menyampaikan bahwa dalam acara tersebut akan digelar seminar terkait sinergi pemerintah pusat dan daerah untuk kemandirian fiskal di Provinsi Riau. Seminar ini diharapkan dapat dimanfaatkan untuk memaksimalkan sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Semoga seminar ini menjadi ajang diskusi untuk merumuskan optimalisasi sumber-sumber PAD dan potensi pembiayaan yang bisa digunakan untuk meningkatkan kapasitas fiskal daerah," jelasnya.

Selain itu, acara ini juga menjadi momen untuk memberikan penghargaan Treasury Award tahun 2023 kepada pemerintah daerah dan kementerian/lembaga yang telah menunjukkan kinerja baik dalam pelaksanaan anggaran tahun 2023.

"Kinerja baik di tahun 2023 hendaknya terus dipertahankan dan ditingkatkan di tahun ini dan masa mendatang. Momen ini diharapkan menjadi dasar evaluasi pelaksanaan anggaran dengan standar lebih tinggi," tutup Hariyanto dikutip dari MC.Riau.

Rakorda ini dihadiri oleh berbagai pejabat, pakar, dan akademisi yang berkomitmen untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengelolaan anggaran di Provinsi Riau, memastikan kemandirian fiskal yang berkelanjutan, dan memajukan kesejahteraan masyarakat Riau. (*)

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Gubernur Sumatra Barat, Mahyeldi Ansharullah.Survey Integral: Elektabilitas Epyardi Asda sebagai Bakal Calon Gubernur Dekati Petahana Mahyeldi
Penjabat (Pj) Gubernur Riau (Gubri) SF HariyantoSosok Syekh Ma'sum Tambusai di Mata Pj Gubernur Riau SF Hariyanto
Sapi kurban milik anggota DPRD Pekanbaru yang terberat se-Sumatea, kalahkan sali Jokowi.(foto: tribunpekanbaru.com)Lampaui Jokowi dan Terberat se-Sumatera, Politisi Muda Pekanbaru Kurban Sapi 1,3 Ton
Kantor Gubernur Riau.(foto: int)Proses Pengisian Jabatan Eselon II Pemprov Riau dalam Pengajuan Rekomendasi KASN
Plt Kakanwil Kemenag Riau, H Muliardi.(foto: mcr)Ribuan Jemaah Haji Riau Pulang Bertahap Mulai 24 Juni 2024
  Pj Walikota Pekanbaru Risnandar Mahiwa Saat Memimpin Rapat Kegiatan Bakti Sosial Sinergi antara Pemprov Riau dan Pemko Pekanbaru.Kamis Ini Pemko dan Provinsi akan Gelar Aksi Bersih-bersih Sempena Hari Jadi ke-240
Sekdako Pekanbaru, Indra Pomi Nasution.(foto: int)Sekda Ingatkan ASN Pemko Pekanbaru Tak Tambah Libur
Pintu Tol Pekanbaru-Dumai.(foto: tribunpekanbaru.com)Peningkatan Arus Balik Iduladha di Tol Riau Diprediksi Memuncak Hari ini
Honda Brio.(foto: int)Honda Prospect Motor Raih Penjualan Positif di Kuartal Kedua 2024
PT BSP diwakili Sekper, Ardian menyaksikan pemotongan hewan kurban di Sekretariat PWI Riau, Selasa (18/6/2024).Wartawan PWI Riau Gotong Royong Potong 9 Hewan Kurban
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Salad Idul Adha di Masjid Awaluddin
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved