www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
ETLE Kini Pakai Sistem Poin, Resiko SIM Bisa Dicabut
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Kadisdik Komitmen Bersama untuk PPDB Bersih di Riau
Selasa, 11 Juni 2024 - 13:35:16 WIB

PEKANBARU – Menindaklanjuti Surat Edaran (SE) dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait pencegahan perilaku koruptif dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2024, Dinas Pendidikan (Disdik) Riau mengambil langkah tegas.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Riau, Roni Rakhmat, mengumumkan rencana untuk membuat komitmen bersama dengan berbagai pihak guna memastikan pelaksanaan PPDB yang bebas dari gratifikasi.

"Kami sudah menerima surat edaran dari KPK terkait pencegahan perilaku koruptif saat pelaksanaan PPDB. Sebagai tindak lanjut, kami akan segera membuat komitmen bersama dengan semua pihak terkait pelaksanaan PPDB yang bersih. Ini termasuk dunia pendidikan, aparat penegak hukum, LSM, media, dan masyarakat," ujar Roni Rakhmat.

Tahapan penerimaan PPDB tingkat SMA/SMK di Riau akan dimulai pada 21 Juni 2024 dengan tahap pra pendaftaran. Pada tahap ini, peserta didik sudah bisa mulai mengunggah dokumen persyaratan PPDB melalui aplikasi yang telah disiapkan oleh panitia.

Selanjutnya, pada 24-29 Juni, peserta didik dapat memilih sekolah yang diinginkan. Untuk peserta didik yang mendaftar di SMK, selain memilih sekolah, mereka juga harus memilih jurusan yang diinginkan.

"Peserta didik yang mendaftar di SMK bisa memilih jurusan berbeda di sekolah yang sama apabila mengambil jalur di luar ranking," tambah Roni.

Proses rekonsiliasi data akan dilakukan pada 30 Juni 2024. "Sesuai jadwal, pada 1 Juli 2024 kita akan umumkan penetapan hasil seleksi PPDB Riau tahun 2024 untuk tingkat SMA dan SMK negeri di Provinsi Riau," jelas Roni.

Jalur masuk PPDB tahun ini tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Terdapat empat jalur utama, yaitu jalur zonasi (jarak dari sekolah ke rumah). Kemudian jalur afirmasi (siswa miskin), jalur perpindahan orang tua, dan jalur prestasi.

"Regulasi induknya tetap mengacu pada Permendikbud No 1 Tahun 2021, dengan penyesuaian kondisi kekinian," tutup Roni.

Upaya ini merupakan bagian dari kolaborasi yang lebih luas untuk memastikan proses PPDB berjalan transparan dan akuntabel. Dukungan dari berbagai pihak diharapkan dapat meminimalkan praktik koruptif dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap sistem pendidikan di Riau.

Dengan langkah ini, Disdik Riau berkomitmen untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang bersih dan bebas dari korupsi, demi masa depan generasi muda yang lebih baik. (*)

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
ETLE terapkan tilang pakai poin.(ilustrasi/int)ETLE Kini Pakai Sistem Poin, Resiko SIM Bisa Dicabut
Bencana galodo Sumbar beberapa waktu lalu.(foto: int)Pemprov Sumbar Siapkan 3,8 Hektare Lahan Relokasi untuk Korban Bencana di Tanah Datar
Prakiraan cuaca di Riau hari ini.(ilustrasi/int)Cuaca di Riau Hari ini: Waspadai Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang
Pj Walikota Pekanbaru Risnandar Mahiwa Saat Memimpin Rapat Kegiatan Bakti Sosial Sinergi antara Pemprov Riau dan Pemko Pekanbaru.Kamis Ini Pemko dan Provinsi akan Gelar Aksi Bersih-bersih Sempena Hari Jadi ke-240
Sekdako Pekanbaru, Indra Pomi Nasution.(foto: int)Sekda Ingatkan ASN Pemko Pekanbaru Tak Tambah Libur
  Ramalan zodiak hari ini.(ilustrasi/int)Ramalan Zodiak Hari ini 19 Juni 2024: Aquarius Hindari Kesalahan, Gemini Berhemat
Titik panas di Riau.(ilustrasi/int)Riau Menyala 1 Hotspot di Rohul Pagi ini, Sumatera Ada 10 Titik Panas
Gubernur Sumatra Barat, Mahyeldi Ansharullah.Survey Integral: Elektabilitas Epyardi Asda sebagai Bakal Calon Gubernur Dekati Petahana Mahyeldi
Penjabat (Pj) Gubernur Riau (Gubri) SF HariyantoSosok Syekh Ma'sum Tambusai di Mata Pj Gubernur Riau SF Hariyanto
Sapi kurban milik anggota DPRD Pekanbaru yang terberat se-Sumatea, kalahkan sali Jokowi.(foto: tribunpekanbaru.com)Lampaui Jokowi dan Terberat se-Sumatera, Politisi Muda Pekanbaru Kurban Sapi 1,3 Ton
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Salad Idul Adha di Masjid Awaluddin
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved