www.halloriau.com  
BREAKING NEWS :
DPRD Riau Soroti PPKM di 10 Kabupaten Naik ke Level 3
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
61 Desa di Pelalawan Pilkades Serentak
Minggu, 26 September 2021 - 14:11:46 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

PELALAWAN - 61 desa di Kabupaten Pelalawan akan menggelar Pilkada serentak pada 17 November mendatang. Sesuai SK Bupati Pelalawan No. Kpts 141/DPMD/2021/892, masa pendaftaran calon kepala desa akan berakhir pada 26 September 2021. 

Hal ini disampaikan Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pelalawan, Novri Wahyudi, Minggu (26/09/2021) di Pangkalan Kerinci.

Novri menjelaskan yang menggelar Pilkades serentak ini merupakan desa yang kepala desanya telah berakhir masa jabatannya di 12 kecamatan se-Kabupaten Pelalawan.

"Untuk rincian 61 desa Pilkades serentak se-Kabupaten Pelalawan meliputi Kecamatan Ukui 6 desa, Kecamatan Pangkalan Kerinci 3 desa, Kecamatan Pangkalan Kuras 4 desa, Kecamatan Pangkalan Lesung 6 desa, Kecamatan Langgam 7 desa, dan Kecamatan Pelalawan 5 desa," katanya. 


Kemudian, lanjutnya, untuk Kecamatan Kerumutan 6 desa, Kecamatan Bunut 5 desa, Kecamatan Teluk Meranti 6 desa, Kecamatan Kuala Kampar 7 desa, Kecamatan Bandar Sikijang 1 desa, dan Kecamatan Bandar Petalangan.

"Proses pendaftaran bakal calon (Balon) Kades sudah dibuka pada tanggal 18 September sampai 26 September 2021 mendatang," katanya. 

Dia mengatakan, Balon Kades diharuskan mengurus persyaratan administrasi dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Selasih Pangkalan Kerinci, yakni mengurus surat berbadan sehat melalui medical check up (MCU) yang dibutuhkan. Kemudian mendatangi kantor Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) meminta surat bebas narkoba, termasuk ke Pengadilan Negeri (PN) Pelalawan mengambil surat tidak pernah dijatuhi hukuman pidana.

"Ada juga beberapa admistrasi yang harus sudah disiapkan para Balon Kades. Informasi terkait persyaratan itu telah disampaikan melalui panitia Pilkades maupun DPMD," katanya.

Untuk syarat-syarat, lanjut dia, harus dilengkapi sesuai petunjuk. Sebab, ada perbedaan bagi masyarakat biasa, mantan kades, PNS, atau aparat. 

"Jadi kita minta Balon Kades harus mencermati petunjuk semuanya," tegas Novri Wahyudi.

Dikatakannya, calon peserta Pilkades di setiap desa mendaftar kepada panitia pemilihan yang telah dibentuk sebelumnya melalui Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Dari data sementara yang mendaftar dan melapor mengurus persyaratan ada 183 balon kades.

Pelaksanaan Pilkades di Pelalawan tidak dipengaruhi oleh penundaan yang disampaikan oleh pemerintah pusat beberapa waktu lalu. Sebab tahapan yang ditunda yakni pengambilan nomor urut, kampanye, serta pencoblosan sampai awal Oktober nanti. Padahal dari jadwal dan tahapan Pilkades di Pelalawan yang ditetapkan, tiga tahapan tersebut terlaksana pada pertengahan Oktober.

"Jadi semua panitia yang sudah kita bentuk diaktifkan kembali, setelah kemarin sempat vakum karena adanya penundaan," kata Novri yang menjabat Sekretaris DPMD ini.

Sebagai informasi, Pilkades Serentak Kabupaten Pelalawan tersebut yaitu untuk periode 2021-2027. Pendaftaran Calon Kepala desa akan berakhir hari ini, Minggu, 26 September 2021 pukul 00.00 WIB.

Penulis: Andy
Editor: Rico


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Vaksinasi di Pekanbaru. DPRD Riau Soroti PPKM di 10 Kabupaten Naik ke Level 3
IlustrasiHarga CPO Naik, Indonesia dan Malaysia Lawan Kampanye Hitam Sawit
IlustrasiLahan Tol Pekanbaru - Bangkinang yang Belum Dibebaskan Tinggal 750 M
Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wenseslaus Manggut AMSI Nilai Hoaks Pengaruhi Tingkat Kepercayaan Publik terhadap Media Massa
Kadisparekraf Provinsi Riau Roni RakhmatKadisparekraf Riau Berharap Ekonomi Masyarakat Bangkit dengan Hadirnya Desa Wisata
  Francesco Bagnaia start terdepan di MotoGP Emilia Romagna 2021, sementara Fabio Quartararo akan start dari posisi ke-15Hasil Kualifikasi MotoGP Emilia Romagna: Bagnaia Pole, Quartararo Start ke-15
IlustrasiPolisi Diduga Kriminalisasi Petani, Koalisi Desak Kapolres Kampar Dicopot
Adi Putra terpilih secara aklamasi sebagai ketua PWI Kabupaten Bengkalis dalam Konferkab V, periode 2021 - 2024.Adi Putra Terpilih Jadi Ketua PWI Bengkalis
IlustrasiSebaran Corona di Indonesia 23 Oktober: Riau Cuma Tambah 9 Kasus
Jonatan ChristieAnthony Ginting dan Jonatan Christie Mundur dari French Open 2021, Ini Penyebabnya
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Penyambungan Pipa Proyek IPAL di Simpang Jl Teratai-Jl Ahmad Dahlan
 
 
 
 
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved