www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
PPDB SMPN Pekanbaru 2024 Dimulai 15 Juli, Ini Kata Kadisdik
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Bupati Pelalawan Zukri Kembali Raih Baznas Award 2024
Minggu, 31 Maret 2024 - 20:31:43 WIB

PELALAWAN - Sejak awal berdiri di Kabupaten Pelalawan, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pelalawan memiliki visi yakni menjadi lembaga utama menyejahterakan ummat.

Dalam visi tersebut, terdapat sembilan misi Baznas yang kesemuanya bermuara pada visi, yakni:

1. Membangun Baznas yang kuat, terpercaya, dan modern sebagai lembaga pemerintah non-struktural yang berwenang dalam pengelolaan zakat.

2. Memaksimalkan literasi zakat nasional dan peningkatan pengumpulan ZIS-DSKL secara masif dan terukur.

3. Memaksimalkan pendistribusian dan pendayagunaan ZIS-DSKL untuk mengentaskan kemiskinan, meningkatkan kesejahteraan ummat, dan mengurangi kesenjangan sosial.

4. Memperkuat kompetensi, profesionalisme, integritas, dan kesejahteraan amil zakat nasional secara berkelanjutan.

5. Modernisasi dan digitalisasi pengelolaan zakat nasional dengan sistem manajemen berbasis data yang kokoh dan terukur.

6. Memperkuat sistem perencanaan, pengendalian, pelaporan, pertanggungjawaban, dan koordinasi pengelolaan zakat secara nasional.

7. Membangun kemitraan antara muzakki dan mustahik dengan semangat tolong menolong dalam kebaikan dan ketakwaan.

8. Meningkatkan sinergi dan kolaborasi seluruh pemangku kepentingan terkait untuk pembangunan zakat nasional.

9. Berperan aktif dan menjadi referensi bagi gerakan zakat dunia.

Sejauh ini, banyak kegiatan Baznas yang menggerakkan roda perekonomian masyarakat di daerah ini.

Diantaranya santunan untuk anak yatim, kaum dhuafa dan lansia serta berbagai program kerja lainnya.

Tak hanya itu, dukungan Baznas pada UMKM yang ada di daerah ini pun nyata terihat.

Terkait dukungan itu, Baznas Kabupaten Pelalawan siap menjalin kerjasama dengan Community Development (CD) yang membidangi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) guna mendukung pengembangan dan pemasaran produk-produk UMKM di Kabupaten Pelalawan.

Kegiatan silaturahmi antara kedua belah pihak dilangsungkan di Kantor Baznas Kabupaten Pelalawan yang berlokasi di Jalan Pemda Ujung, Pangkalan Kerinci pada Senin, 17 Juli 2023.

Hadir dalam kegiatan silaturahmi tersebut adalah perwakilan dari CD PT RAPP diantaranya Ropi'i, Sysilia Trinova, Nico Hadinata, Damiar Rifai dan Hafizur Rizki, serta Manajer BAZMART Baznas Pelalawan.

Mereka disambut H Karmani SPdi selaku Ketua Baznas Pelalawan, Abi Hurairah SHI selaku Wakil Ketua II Bidang Pendistribusian, Irawan SPdI selaku Wakil Ketua IV Bidang Administrasi dan Umum, serta beberapa staf Baznas Kabupaten Pelalawan.

Kerjasama ini bermula dari visi bersama kedua lembaga untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di Kabupaten Pelalawan.

Sebagai awal dari kolaborasi ini, Baznas Kabupaten Pelalawan menawarkan potensi sebagai wadah pemasaran produk UMKM melalui BAZMART yang saat ini telah beroperasi di empat toko di Kabupaten Pelalawan.

Ropi'i menyatakan bahwa, meskipun belum ada kesepakatan kerjasama yang mengikat dalam bentuk Memorandum of Understanding (MOU), pihak CD PT RAPP telah menitipkan delapan produk UMKM binaan mereka untuk dipasarkan melalui BAZMART.

Hal ini menunjukkan potensi besar dari kerjasama ini yang berdampak positif pada UMKM lokal.

Wakil Ketua II Bidang Pendistribusian, Abi Hurairah menyampaikan, Baznas Pelalawan akan selalu terbuka untuk menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, selama kerjasama tersebut sesuai dengan regulasi perundangan di Indonesia dan prinsip-prinsip syariah Islam.

Selain itu, pihak CD juga berkomitmen untuk mendampingi dan membina UMKM dalam berbagai aspek, termasuk memfasilitasi pengurusan perizinan usaha seperti PIRT (Produk Industri Rumah Tangga).

Melalui kerjasama ini, diharapkan UMKM di Kabupaten Pelalawan dapat semakin maju dan berdaya saing, serta dapat berkontribusi positif dalam meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.