www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Musrenbang Lubuk Batu Jaya, Infrastruktur dan Pendidikan Dominasi Usulan Prioritas
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Kadis LHK Pelalawan Apresiasi Penambahan Bus Ramah Lingkungan RAPP
Rabu, 18 Januari 2023 - 17:18:14 WIB
RAPP kedatangan Bus Listrik untuk operasional karyawan dalam mendukung kebijakan Paris Agreements.(foto: istimewa)
RAPP kedatangan Bus Listrik untuk operasional karyawan dalam mendukung kebijakan Paris Agreements.(foto: istimewa)

PELALAWAN - Kepala DLHK Pelalawan, Eko Novitra menyatakan apresiasinya atas tambahan empat unit bus listrik untuk operasional PT RAPP untuk karyawannya.

Pasalnya, penggalakkan mesin yang ramah lingkungan itu saat ini tengah gencar dilakukan Pemerintah RI, dengan digunakannya mesin listrik, hal itu mengurangi penggunaan energi fosil, ramah lingkungan.

Menurutnya, apa yang dilakukan perusahaan kertas dan bubur yang berbasis di Pangkalankerinci ini harus didukung semua pihak. Bahkan bila perlu, PT RAPP bisa menjadi pelopor penggunaan mesin listrik tidak hanya pada mobil karyawan saja tapi juga motor dan lain-lainnya.

"Kalau bisa, seluruh perusahaan yang ada di kabupaten pelalawan bisa menggunakan kendaraan ramah lingkungan seperti itu," sebutnya.

Dia menjelaskan, dengan menggunakan kendaraan seperti itu, hal tersebut jelas akan mengurangi emisi karbon yang notabene mencemari udara, mengurangi pembakaran bahan fosil.

Karena itulah, pengurangan pencemaran seperti ini dengan digunakannya kendaraan yang ramah lingkungan patut diapresiasi. Kendaraan-kendaraan ramah lingkungan yang digunakan PT RAPP harus menjadi contoh bagi perusahaan-perusahaan lain yang adadi daerah ini.

Lanjutnya, dalam mendukung ketahanan energi di sektor transportasi saat ini pemerintah mendukung perkembangan kendaraan listrik guna mendukung tercapainya energi yang bersih dan ramah lingkungan.

Saat ini Kendaraan listrik dijadikan solusi alternatif yang sedang dikembangkan dalam mendukung energi yang lebih bersih dan ramah lingkungan dan mengurangi polusi dan emisi gas buang akibat penggunaan bahan bakar minyak pada kendaraan bermotor.

"Apalagi saat ini kendaraan listrik semakin banyak dikembangkan. Kendaraan listrik menjadi salah satu solusi dalam mengantisipasi dampak krisis energi. Dengan menggunakan mobil listrik tentunya juga akan mampu menciptakan teknologi yang ramah lingkungan karena polusi udara akan berkurang," katanya.

Dijelaskannya, penggunaaan mobil listrik yang ramah lingkungan ini merupakan dukungan kebijakan Paris Agreements dan mengurangi emisi karbon di sektor transportasi, industri baterai dan mobil listrik di Indonesia sedang melakukan tahap percepatan dalam perkembangannya.

Sehingga kebijakan pemerintah terhadap penerapan mobil listrik dapat mengurangi emisi karbon dan menjadi solusi yang ramah lingkungan dalam penggunaan energi di sektor transportasi.

Hal yang kurang lebih sama disampaikan Pengamat Lingkungan UNRI, Dr Syafi'i yang juga Rektor ITP2I ini. Menurutnya, saat ini perubahan iklim telah menjadi permasalahan serius dan menjadi perhatian penting bagi beberapa negara.

Penggunaan energi alternatif sangat diperlukan dalam mengurangi emisi karbon dan mendukung adanya ketahanan energi sekarang dan masa mendatang yang berbasis ramah lingkungan.

"Jadi apa yang dilakukan PT RAPP dengan penambahan mobil listrik itu patut diberikan apresiasi. Artinya, PT RAPP telah memotori penggunaan kendaraan ramah lingkungan di kabupaten pelalawan ini," tuturnya.

Dijelaskannya, saat ini penggunaan energi yang terus menerus digunakan dapat memberikan berbagai macam ancaman salah satunya yaitu krisis energi dan pencemaran lingkungan berupa emisi karbon yang menjadi faktor penyebab dari perubahan iklim.

Kendaraan bermotor berbahan bakar fosil merupakan salah satu penyumbang emisi gas rumah kaca (GRK). Tingkat penggunaan kendaraan bermotor yang tinggi merupakan salah satu penyebab kepadatan GRK di atmosfer bumi.

Sementara itu, Chief Operating Officer (COO) PT RAPP, Edward Ginting menyampaikan dikesempatan tersebut, hal ini merupakan suatu kebanggaan memulai tahun ini dengan hadiah ini.

"Sebenarnya originalnya kan kita mau juga kalau bisa di akhir tahun, tapi ternyata kita bisa dapat di awal tahun 2023 ini," sebutnya.

Ia mengatakan APRIL Grup mempunyai filosofi yang jelas yaitu 5 C. Adapun 5 C itu adalah untuk community (komunitas), country (negara), company (perusahaan), climate (iklim) dan customer (pelanggan).

Dari sisi strategi, perusahaan memang sangat konsisten untuk bagaimana energi yang dipakai itu terus berubah menjadi energi yang baru dan terbarukan.

Untuk operasional, lanjutnya, pihaknya memang fokus mengurangi pemakaian bahan bakar fosil.