www.halloriau.com  
BREAKING NEWS :
Silaturahmi ke RPBD di Kuansing, Ini Harapan Dit Intelkam Polda Riau
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Pemkab Pelalawan Apresiasi Komitmen K3 RAPP
Rabu, 16 Februari 2022 - 15:09:24 WIB
Bupati Pelalawan, Zukri mendampingi Gubri, Syamsuar meninjau stan pameran produsen peralatan K3 dan UMKM binaan program CD RAPP.
Bupati Pelalawan, Zukri mendampingi Gubri, Syamsuar meninjau stan pameran produsen peralatan K3 dan UMKM binaan program CD RAPP.

PELALAWAN - Pemkab Pelalawan melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten mengungkapkan apresiasinya pada PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) atas pelaksanaan Apel Peringatan Bulan K3 Nasional Tingkat Provinsi Riau yang dilaksanakan di perusahaan tersebut.

"Kami sangat apresiasi atas pelaksanaan Peringatan K3 Nasional di Riau yang dilaksanakan di PT RAAP. Kita juga apresiasi atas penghargaan yang diberikan Gubri pada PT RAAP dan mitra usahanya atas prestasi dan komitmennya dalam menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)," ungkap Kadisnaker Pelalawan, T Amri Fuad, Rabu (16/2/2022).

Dia juga menyatakan apresiasinya atas penghargaan yang diberikan pada mitra jasa transportasi RAPP (APRIL Group) yaitu PT Prima Transportasi Servis Indonesia (PTSI) atas pencapaian 15 juta jam kerja tanpa fatality (kecelakaan nihil) sejak 1 Januari 2017 hingga 31 Desember 2021.

"Jelas ini bukan hal yang mudah, tapi PTSI yang merupakan mitra dari PT. RAPP sudah melakukannya bahkan meraih penghargaan. Ini artinya, standar keamanan para karyawan memang benar-benar diterapkan tidak hanya di PT. RAPP tapi mitra usahanya juga. Ini patut menjadi contoh bagi perusahaan-perusahaan lain yang ada di daerah ini," katanya..

Lanjutnya, sesuai dengan Undang-Undang Ketenagakerjaaan, kabupaten tak memiliki kewenangan dalam penilaian soal K3S bahkan jika ada laka kerja di suatu perusahaan pun, maka itu adalah kewenangan Disnaker Riau.

"Kita hanya hanya sebatas memberikan himbauan atau sosialisasi pada perusahaan, agar tak terjadi laka kerja. Karena itu, saya himbau pada perusahaan-perusahaan yang ada di sini agar benar-benar menerapkan standar prosedur yang benar demi keselamatan para pekerja, sehingga hal ini akan berdampak baik juga pada perusahaan," tukasnya.

Peringatan Bulan K3 Nasional tingkat Provinsi Riau ini turut dihadiri Bupati Pelalawan Zukri, Direktur Jenderal Pembinaan dan Pengawasan Kementerian Ketenagakerjaan RI, Haiyani Rumondang, unsur Forkopimda Provinsi Riau dan Kabupaten Pelalawan, para karyawan RAPP, Asia Pacific Rayon (APR), beserta mitra kerja perusahaan lainnya.

Usai pelaksanaan apel, tim Fire Emergency Response Team (FERT) RAPP melakukan simulasi pemadaman kebakaran hutan secara cepat disertai atraksi waterbombing dengan helikopter. Aksi ini semakin menarik saat pilot helikopter terbang lambat di atas area acara untuk memberikan salam penghormatan kepada Gubri dan peserta. Selain itu, Gubri beserta rombongan menyempatkan diri meninjau stan pameran produsen peralatan K3 dan UMKM binaan program Community Development (CD) RAPP.

Gubri saat meninjau stand pameran produsen peralatan K3 RAPP.
Sementara itu, sebelumnya, Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar menyerahkan penghargaan kepada sejumlah perusahaan di Provinsi Riau atas prestasi dan komitmennya dalam menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) ditempat kerja. Penghargaan tersebut salah satunya diberikan kepada PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), grup APRIL dan mitra usahanya pada Apel Peringatan Bulan K3 Nasional tingkat Provinsi Riau yang tahun ini dilaksanakan di Riau Kompleks, PT RAPP Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Selasa (15/2/2022).

Selain itu, Gubri juga menyerahkan penghargaan kepada beberapa perusahaan  lainnya yang bergerak di bidang perkebunan, hutan tanaman industri, rumah sakit, infrastruktur, perhotelan dan perusahaan yang bergerak di bidang pemasaran dan penjualan.

"Apresiasi kami kepada semua pihak yang telah banyak meraih keberhasilan secara nasional, meskipun selama dua kali peringatan bulan K3 nasional kita dalam kondisi prihatin, namun kondisi ini jangan menurunkan semangat kita untuk terus menggelorakan pentingnya K3 di tempat kita," kata Gubri saat membacakan amanat tertulis Menteri Ketenagakerjaan RI, Ida Fauziyah di depan ratusan peserta Apel.

Secara khusus, Gubri mengapresiasi perusahaan bagian dari grup APRIL ini yang telah memfasilitasi peringatan Bulan K3 Nasional Provinsi Riau yang bertema “Penerapan Budaya K3 pada setiap Kegiatan Usaha Guna Mendukung Perlindungan Tenaga Kerja di Era Digitalisasi” termasuk kesempatan meninjau langsung area produksi perusahaan.

“Keberhasilan PT RAPP terlihat pada tahun 2021 telah mendapatkan penghargaan kecelakaan nihil sebanyak 8 divisi, penghargaan SMK3 tahun 2019 sebanyak 12 divisi dan penghargaan program pencegahan dan penanggulangan HIV-AIDS di tempat kerja dengan predikat Silver tahun 2020 serta predikat Gold tahun 2021, semoga ke depan prestasi ini terus ditingkatkan sehingga mendapat penghargaan tingkat nasional,” kata Gubri.

Terapkan Prinsip K3
Presiden Direktur RAPP, Sihol Parulian Aritonang mengatakan dalam penilaian kinerja suatu unit usaha, ketaatan terhadap K3 mendapatkan porsi yang sangat signifikan, khususnya menyangkut fatality (korban jiwa).

“Prestasi ini menunjukkan bahwa kita harus terus memperbaiki diri, karena mempertahankan akan lebih sulit daripada mencapainya. Oleh karena itu, kami selalu menerapkan K3 ini mulai dari proses tanaman industri di perkebunan, proses manufaktur hingga logistik pengiriman barang, di semua unit kerja dan kita memiliki satu unit khusus yang bertugas mengawal penerapan K3 di seluruh rantai produksi RAPP,” jelas Sihol.

Sihol menambahkan perusahaan selalu menghimbau kepada seluruh mitra kerja agar menerapkan prinsip K3 dan terus melakukan inovasi dalam memperkuat K3, belajar dari kesalahan sehingga tidak terulang kembali di masa datang.(*)

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Dit Intelkam Polda Riau bersama pengurus RPBD di Kuansing.(foto: rivo/halloriau.com)Silaturahmi ke RPBD di Kuansing, Ini Harapan Dit Intelkam Polda Riau
Sekjen DPW Partai NasDem Riau, Jhony Charles63 Kampung dI Riau Terima Sertifikat Proklim, Jhony Charles Harap Terus Ditingkatkan, Ini Sebabnya
Ilustrasi.(int)Set Top Box Tiba-tiba Meledak, Ini Sebabnya
Bupati Cianjur menerima bantuan donasi untuk korban gempa dari Pemprov Riau.(foto: mcr)Terkumpul Rp676 Juta Lebih, Pemprov Riau Serahkan Bantuan Korban Gempa Cianjur
Bupati dan pimpinan DPRD Kepulauan Meranti salam komando usai pengesahan APBD Tahun 2023APBD Kepulauan Meranti Tahun 2023 Disahkan Rp1,4 Triliun, Banggar DPRD Berikan Sejumlah Rekomendasi
  Kadiskes Riau, Zainal Arifin.(foto: int)Diskes Riau Bakal Gelar Seminar Hari AIDS Sedunia Bersama Mahasiswa Kesehatan
Ilustrasi.(int)Sore ini 3 Titik Panas Terdeteksi di Sumatera, Riau Nihil
Ilustrasi.(int)DLHK Riau Verifikasi Administrasi SPJ Sebelum Bangun 2 Sekat Kanal di Rohil dan Pelalawan
Aliansi Masyarakat dan Anggota Poktan Menggala Jaya, unjuk rasa di lahan sengketa. Unjuk Rasa di Lahan Sengketa, Anggota Poktan Menggala Jaya Rohil Minta Syamsuar Bertindak
Chief Enterprise & SME Officer XL Axiata, Feby Sallyanto, memberikan pemaparan kepada media tentang kolaborasi XL Axiata dan Polri dalam pengamanan KTT G20.(foto: istimewa)XL Axiata-Polri Kolaborasi Terapkan Teknologi Body Worn Camera di KTT G20 Bali
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
JNE Pekanbaru bersilaturahmi ke kantor Halloriau.com
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved