www.halloriau.com  
BREAKING NEWS :
Telkomsel Beri Apresiasi untuk Mitra Outlet Setia di Program Undian Digistar
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Empat JPO di Pekanbaru Masih Dikuasai Swasta, Sudah Disurati Tapi Tidak Ditanggapi
Jumat, 10 Desember 2021 - 16:58:04 WIB
Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di Jalan Tuanku Tambusai (Nangka) depan Simpang Jalan Pepaya.
Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di Jalan Tuanku Tambusai (Nangka) depan Simpang Jalan Pepaya.

PEKANBARU - Empat Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di Kota Pekanbaru hingga kini belum dihibahkan oleh pihak ketiga ke Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru. Dari 11 JPO, baru 7 yang dihibahkan ke Pemko Pekanbaru.

Dinas Perhubungan (Dishub) yang mengawal aset tersebut pun sudah menyurati pihak ketiga. Namun tak kunjung ada balasan dari pihak ketiga untuk memberikan surat hibah ke Pemko Pekanbaru.

Sesuai Permendagri Nomor 19, Tahun 2016, Tentang pedoman pengelolaan barang milik daerah, Bab XI, pemanfaatan barang milik daerah sesuai pasal 114 dan 155, menerangkan, bahwa jangka waktu pemanfaatan barang milik daerah paling lama lima tahun sejak ditandatangani perjanjian dan dapat diperpanjang.

Kabid Keselamatan Teknik Sarana dan Prasarana Dishub Pekanbaru Adi Lesmana mengatakan, awalnya ada 11 JPO yang dibangun oleh pihak ketiga. Pembangunan itu ada perjanjian pihak ketiga dengan Pemko Pekanbaru.

"Dulu ada 11 JPO yang dibangun oleh pihak ketiga, dan ada perjanjian dengan pemko, bahwa setelah habis masa perjanjian itu, JPO tersebut akan diserahkan ke pemko. Dari 11 JPO tersebut, 7 JPO sudah dihibahkan ke pemko dan 4 JPO belum dihibahkan," ujar Adi, Jumat (10/12/2021).

Dijelaskannya, proses penyerahan aset hibah ini, dari pihak ketiga harus memberikan surat hibah kepada Pemko Pekanbaru. "Kemudian walikota setelah menerima hibah tersebut, menerbitkan SK dan menyerahkan ke Dishub sebagai aset pemerintah kota," katanya.

Aset yang sudah dihibahkan tersebut sudah menjadi milik Pemko Pekanbaru.

"Tujuh JPO yang diserahkan itu sudah menjadi aset milik Pemko Pekanbaru. Sementara kalau empat (JPO) yang belum diserahkan itu, kendalanya, mereka yang sudah melakukan perjanjian dengan pemko belum memberikan surat hibah ke Pemko, dan kita sudah menyurati beberapa kali, namun untuk saat ini belum," jelasnya.

Pihaknya pun tidak melakukan upaya penegasan kepada pihak ketiga yang belum menyerahkan aset tersebut. Meski sudah menyurati berkali-kali, tetapi pihak ketiga belum juga menanggapinya.

"Untuk alasan pastinya mereka (pihak ketiga) kita tidak tahu, yang jelas kita sudah menyurati beberapa kali. Itulah kendala kita, belum sama sekali ditanggapi," ungkapnya.

Empat titik yang belum diserahkan ke Pemko, di antaranya di Jalan Tuanku Tambusai di depan Hawai, dan di Jalan Sudirman di dekat Modelux. Sementara dua aset lagi, Adi menyebut tidak mengetahui pasti.

"Untuk titik saya kurang tahu pasti, tapi di antaranya itu ada di Jalan Nangka dekat simpang Pepaya depan Hawai, kemudian di Jalan Sudirman di Depan Modelux," sebutnya.

Ia juga menjelaskan, dari 7 aset yang sudah diserahkan, 3 di antaranya sudah disewakan dengan pihak penyedia. Untuk penyewa, Dishub dahulukan siapa yang membangun di awal dulu.

Ia juga menjelaskan, sebelum disewa, dihitung dulu asetnya berapa, tarif sewanya berapa. Menghitung itu merupakan ranah BPKAD di bidang aset. Setelah itu, mereka melakukan pernjajian sewa menyewa.

"Mereka punya kewajiban dan mereka punya hak juga," pungkasnya.

Penulis: Rahmat
Editor: Rico


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Telkomsel terus memberikan apresiasi melalui program berhadiah menarik untuk para outlet penjual produk dan layanan Telkomsel yang setia. Melalui program Undian Digistar, Telkomsel memberikan beragam hadiah menarik dari mulai 5 unit Mobil Xpander, 15 Logam Mulia (10 gram) hingga Jutaan Rupiah Saldo Link Aja bagi para mitra outlet Digipos Aja yang aktif bertransaksi produk dan layanan Telkomsel.Telkomsel Beri Apresiasi untuk Mitra Outlet Setia di Program Undian Digistar
XL AxiataAxiata dan XL Axiata Lakukan Penandatanganan Perjanjian Jual Beli Saham Bersyarat untuk Mengambilalih 66,03% Saham Link Net
Anggota DPRD Riau Marwan YohanisMarwan Yohanis: Pengawasan Distribusi Minyak Goreng di Riau Kurang
Walikota Dumai Serahkan DPA 2022, OPD Diminta Segera Laksanakan Program Kerja. 
Walikota Dumai Serahkan DPA 2022, OPD Diminta Segera Laksanakan Program Kerja
Pelaku begal Alvin SaputraTendang Korban hingga Jatuh, Begal Motor Scoopy Akhirnya Diringkus Polisi 
  Suzuki XL 7Penuhi Kebutuhan Bahan Bakar Minyak yang Sesuai untuk Menjaga Kinerja Mesin Tetap Optimal
PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) berkolaborasi dengan tim Avatar (Ajak, Vaksin, Antar) Polres Pelalawan dan didukung Dinas Kesehatan Kabupaten Pelalawan melaksanakan vaksinasi di sekolah binaan RAPP pada 23-27 Januari 2022.Cegah Learning Loss, RAPP Tuntaskan Vaksinasi Anak Dosis I di Sekolah Binaan
Tokoh pendiri Pelalawan, Daslir MaskarViral Video Panglima DPP LLMB Lecehkan Pelalawan, Pendiri Pelalawan Ingin Kasus Ini Dibawa Ke Ranah Hukum
Sekda Pekanbaru M JamilPemko Pekanbaru Bakal Pinjam Pakaikan Gedung Eks OPD
Kepala Pelaksana BPBD Dumai Adyan Bangga Pranata HarahapCuaca Ekstrem, BPBD Dumai Tingkatkan Patroli Cegah Karhutla
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Jasa Raharja Riau Kunjungi Metro Riau Group
 
 
 
 
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved