www.halloriau.com  
BREAKING NEWS :
Detik-Detik Gubernur Iran Ditampar Saat Pidato Pelantikan
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Sudah Bayar Pajak Parkir ke Bapenda, Ritel Lokal Tolak Parkir Berbayar Dipungut Dishub
Jumat, 17 September 2021 - 23:10:43 WIB

PEKANBARU - Kebijakan Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru melalui PT Yabisa Sukses Mandiri (YSM) menempatkan juru parkir (jukir) di sejumlah ritel membuat kaget banyak pihak, tidak hanya masyarakat pemilik ritel atau waralaba mengaku keberatan dengan kebijakan tanpa sosialisasi tersebut. 

Pihak ritel mengaku setiap tahunnya sudah menjalankan kewajibannya yakni membayar pajak parkir kepada pihak Bapenda Pekanbaru.

"Sebagai pedagang tentunya sangat keberatan. Pasti sangat berdampak besar nantinya bagi pendapatan kami," ujar Thomas, salah seorang pemilik ritel lokal di kawasan Marpoyan Damai, Jumat (17/9/2021).

Menurut Thomas, lokasi usaha ritel Planet Swalayan yang ia miliki merupakan milik pribadi, begitu juga lokasi parkir masih dalam satu kawasan usahanya. Sehingga, ia tidak memungut biaya parkir kepada konsumen.

"Jika di usaha kita tetap dipungut biaya parkir, apaguna kita tiap tahun membayar pajak di Bapenda? Ini namanya kena dua kali. Konsumen kita kena, kita pun kena," keluhnya.

Thomas juga menyebutkan, jasa layanan parkir yang dilakukan oleh Dishub tersebut tidak ada pemberitahuan sebelumnya bahwa akan ditempatkan petugas parkir di tempat mereka. 

"Saya keberatan ditempatkan petugas parkir. Lebih baik saya gunakan jasa secure parking untuk pengelolaan parkir kalau tidak ada jaminan PT YSM bisa menanggung hilang kendaraan. Kita mau safety pelanggan di sini," ungkapnya. 

Namun lebih jauh Thomas memastikan dirinya tidak menentang aturan pemerintah. Karena semua yang dilakukan tetap untuk PAD Kota Pekanbaru.

"Cuma itu dia, Bapenda dan Dishub harus jelas. Kasih surat ke kami, kita mungkin menerima. Ini tidak ada, di satu sisi Bapenda tetap kita harus bayar pajak, di sisi lain Dishub bilang kami punya hak. Kalau seperti ini kita bingung. Kita merasa dipaksa harus menyerahkan hak parkir ke PT YSM, padahal kemana pun kami serahkan pengelolaan parkir arahnya tetap ke PAD Pekanbaru," tuturnya.

Sementara Ketua Komisi II DPRD Kota Pekanbaru, Fathullah meminta dengan tegas Kadishub Pekanbaru, Yuliraso untuk bertanggungjawab atas kegaduhan perparkiran yang terjadi di tengah masyarakat saat ini.

"Kalau memang tidak mampu lagi menjadi Kadis, silakan mundur. Masih banyak pejabat lain yang bisa bekerja, yang tidak membebankan masyarakat, dan menambah buruk nama Wali Kota," sebutnya.

Politisi Gerindra ini juga mengaku geram mangkirnya Kadishub saat dipanggil rapat dengar pendapat bersama komisi II DPRD beberapa hari yang lalu.

"Hearing kita jadwalkan ulang. Kita minta nanti langsung Kadisnya (Yuliarso) yang datang. Jangan coba-coba diwakilkan," tegas Fathullah.

Disamping itu Fahullah juga memastikan pihaknya juga akan melakukan pembahasan peralihan parkir ke pihak ketiga yaitu PT Yabisa Sukses Mandiri selama 10 tahun lamanya.

"Boleh mencari PAD, tapi pikirannya jangan uang dan uang saja. Pikirkan masyarakat yang sedang susah di masa pandemi. Kami minta, hentikan pungutan parkir di ritel yang sudah membayar pajak kepada pemerintah," tegasnya.

Sebelumnya Sekdako Pekanbaru M Jamil menegaskan, sesuai arahan Wali Kota Pekanbaru Firdaus, untuk pungutan parkir di ritel waralaba dihentikan dulu mulai Kamis (16/9). 

"Pak Walikota sudah menginstruksikan kepada kami, untuk menjembatani masalah ini. Karena di ritel itu sudah ada membayar pajak parkir selama satu tahun," kata M Jamil. 

Dijelaskan, bahwa persoalan ini sudah dibahas oleh Bapenda Pekanbaru dan Dishub Pekanbaru. Terlebih hal ini sudah menjadi keresahan bagi masyarakat, terutama bagi pelanggan ritel tersebut. 

Sebagaimana diketahui, kebijakan parkir berbayar yang diberlakukan sejak 1 September 2021 lalu di Pekanbaru menuai banyak protes dari masyarakat. Protes disampaikan karena untuk belanja juga dikenakan parkir.

Meskipun tarif parkir tidak ada perubahan, kebijakan parkir berbayar dinilai tak tepat. Sebab ritel ataupun minimarket sudah membayar pajak parkir tahunan yang tidak dibebankan kepada konsumen.

Setelah adanya pemberlakukan kebijakan tersebut, itu artinya ritel-ritel ini kena dua kali. Mereka harus bayar pajak parkir tiap tahun di Bapenda, kini konsumen diminta retribusi parkir saat berbelanja.

Penulis: Mimi
Editor: Rico

 

 


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Tangkapan layar video Gubernur Iran Abedin Khorram ditampar saat pidato.
Detik-Detik Gubernur Iran Ditampar Saat Pidato Pelantikan
Vaksinasi di Pekanbaru. DPRD Riau Soroti PPKM di 10 Kabupaten Naik ke Level 3
IlustrasiHarga CPO Naik, Indonesia dan Malaysia Lawan Kampanye Hitam Sawit
IlustrasiLahan Tol Pekanbaru - Bangkinang yang Belum Dibebaskan Tinggal 750 M
Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wenseslaus Manggut AMSI Nilai Hoaks Pengaruhi Tingkat Kepercayaan Publik terhadap Media Massa
  dr Reisa Broto Asmorodr Reisa Soal Kasus Rachel Vennya: Influencer Harus Bisa Dicontoh
Francesco Bagnaia start terdepan di MotoGP Emilia Romagna 2021, sementara Fabio Quartararo akan start dari posisi ke-15Hasil Kualifikasi MotoGP Emilia Romagna: Bagnaia Pole, Quartararo Start ke-15
IlustrasiPolisi Diduga Kriminalisasi Petani, Koalisi Desak Kapolres Kampar Dicopot
Adi Putra terpilih secara aklamasi sebagai ketua PWI Kabupaten Bengkalis dalam Konferkab V, periode 2021 - 2024.Adi Putra Terpilih Jadi Ketua PWI Bengkalis
IlustrasiSebaran Corona di Indonesia 23 Oktober: Riau Cuma Tambah 9 Kasus
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Penyambungan Pipa Proyek IPAL di Simpang Jl Teratai-Jl Ahmad Dahlan
 
 
 
 
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved