www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Ini 4 Tim yang Pastikan Tempat di Semifinal Piala AFF U-19 2024
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Peternak Akui Beri Makanan Fermentasi Khusus untuk Sapi Bantuan Jokowi
Minggu, 16 Juni 2024 - 19:23:03 WIB

PEKANBARU - Peternak sapi jumbo Afrizal Rasyid yang sapinya dibeli Presiden Jokowi untuk Iduladha tahun ini, mengaku memberi makan sapi yang dibeli Presiden tersebut dengan fermentasi khusus.

Ia mengungkapkan sapi jenis jumbo memiliki perawatan khusus sehingga bisa meningkatkan bobot sapi, salah satunya dengan pemberian obat cacing dan makanan fermentasi.

"Untuk makanannya kita beri rumput batang jagung yang difermentasi, terus dicampur dedak, molase, kunyit, untuk ragi tak masuk," ujar Afrizal, Minggu (16/6/2024).

Dirinya juga mengatakan salah satu rahasia agar sapi tersebut berukuran jumbo yakni dengan diberi pakan sebanyak 20 kg per hari.

Dirinya juga mengungkapkan terkait kesehatan dan perawatan sapi jumbonya, ia mendapatkan pendampingan dari Dinas Peternakan Pekanbaru untuk diberikan vaksin secara berkala.

"Per hari 20 kg lah untuk pakannya, 3 kali sehari pagi siang dan sore," tuturnya.

Afrizal mengungkapkan sapi yang dibeli Presiden Jokowi laku ditaksir 83 Juta Rupiah untuk satu sapi berukuran jumbo tersebut.

Sementara untuk jenis sapi yang dibeli Presiden Jokowi tahun ini yaitu brangus. Lebih lanjut dijelaskan Afrizal, pada tanggal 11 Juni 2024 telah dilakukan penandatanganan kontrak pembelian sapi oleh Sekretariat Negara (Setneg).

"Ya pada tanggal 11 juni tepatnya pada hari selasa itu, sudah dilakukan penandatanganan kontrak pembelian sapi oleh pihak sekretariat negara," jelasnya.

Ia juga menyebut untuk pembagian daging sapi jumbo tersebut biasanya perseorangan mendapatkan 1,5 Kg untuk dagingnya saja.

"Pembagiannya tergantung berapa satu porsi, kalau biasanya standarnya itu 350 Kg total dagingnya, nah itu nanti dibagi lagi 1,5 Kg daging per orang, kalau tambah jeroan, tulang, itu ada sekitar 2 Kg," ungkapnya.

Sementara untuk penjualan sapi jumbo tahun ini diakui Afrizal mengalami peningkatan dengan rata-rata harga jual sapi jumbonya di angka Rp50-90 juta.

"Antara Rp50-90 Juta kami tawarkan, dan biasanya pengusaha pengusaha kaya yang beli, penjualannya kami katakan meningkat lah, stok kami sapi jumbo ada lima ekor," ujarnya.

Afrizal mengaku tantangan perawatan sapi jumbo terletak pada terjual atau tidaknya sapi, hal ini dikarenakan modal dan duit yang akan terpendam apabila sapi tersebut tidak laku.

Penulis: Dini Rahmadanti
Editor: Barkah

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Pemain Timnas Indonesia di Piala AFF U-19 2024.(foto: detik.com)Ini 4 Tim yang Pastikan Tempat di Semifinal Piala AFF U-19 2024
Pj Walikota Pekanbaru, Risnandar Mahiwa saat kegiatan PIN Polio di Pekanbaru.(foto: int)PIN Polio di Pekanbaru Sasar 145.754 Anak di 1.533 Pos Imunisasi
Motor matic dilindas truk Fuso yang masuk ke Jalan Arengka, Pekanbaru (foto/IG Pekanbaruviral)Video Kecelakaan Viral di Pekanbaru, Truk Fuso Lindas Motor
Rombongan Agung-Markarius kunjungi pemilik Ponpes Babussalam Tuan Guru Ismail Royan, Selasa (23/7/2024) (foto:ist)Tuan Guru Ismail Royan Doakan AMAN, Sebut Calon Pemimpin yang Berpotensi
BKPSDM Rohil, Acil Rustianto, saat bertindak sebagai pembina apel pagi (foto/afrizal)ASN Pemkab Rohil Harus Penuhi Kewajiban Sebelum Menuntut Hak
  Evaluasi enam pejabat eselon II Pemprov Riau tuntas (foto/int)Evaluasi 6 Pejabat Pemprov Riau Rampung, Siapa yang Dapat Posisi Baru?
Arus Bawah condong SF Hariyanto lebih cocok jadi wakil Abdul Wahid dalam Pilgub Riau 2024 (foto/int)Arus Bawah: SF Hariyanto Cocok Jadi Wakil Abdul Wahid di Pilgub Riau
Sekda Pekanbaru, Indra Pomi sudah beri teguran ke penyedia layanan kabel optik (foto/int)Warga Pekanbaru Terjerat Kabel Optik dan Masuk RS, Ini Reaksi Pemko
Pj Gubri, SF Hariyanto menyerahkan SK PPPK guru honor Kuansing dan Inhu (foto/int)Akhirnya 332 Guru Honorer di Inhu dan Kuansing Terima SK PPPK
Bakal Calon Walikota Pekanbaru, Agung-Markarius minta nasehat Tuan Guru Ismail Royan (foto/Mimi)Calon Walikota Pekanbaru Agung-Markarius Sambangi Tuan Guru Ismail Royan
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
RGE Jurnalism Workshop Perkaya Pengetahuan Wartawan
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved