www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
PPDB SMPN Pekanbaru 2024 Dimulai 15 Juli, Ini Kata Kadisdik
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


BPOM Pekanbaru Sita 4.007 Kosmetik Ilegal Berbahaya Senilai Rp 128 Juta
Kamis, 29 Februari 2024 - 19:53:18 WIB

PEKANBARU - Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Pekanbaru menyita 4.007 pcs produk kosmetik ilegal, yang mengandung bahan berbahaya dan kedaluwarsa. Produk yang disita terdiri dari 246 item yang bernilai Rp 128.028.500.

Selain itu juga ditemukan 11 produk obat tanpa izin edar yang berjumlah 18 pcs dengan nilai ekonomi sebesar Rp 21.800.000.

Kepala BBPOM Pekanbaru Alex Sander mengatakan seluruh kosmetik berbahaya ini ditemukan pada saat melakukan kegiatan intensifikasi pengawasan kosmetik dari tanggal 19 hingga 23 Februari 2024.

"BBPOM telah melakukan kegiatan intensifikasi pengawasan kosmetik sejak 19 sampai dengan 23 Februari 2024, terhadap 21 sarana dengan hasil 11 sarana memenuhi ketentuan dan 10 sarana tidak memenuhi ketentuan," ujarnya, Kamis (29/2/2024).

Lebih lanjut Alex Sander menambahkan, kegiatan ini rutin dilaksanakan sebagai upaya untuk memutus rantai kosmetik ilegal dan melindungi masyarakat dari resiko kesehatan akibat, penggunaan kosmetik yang mengandung bahan berbahaya. Selain itu juga untuk menurunkan tingkat peredaran kosmetik ilegal yang ada di Kota Pekanbaru.

Terhadap kosmetik dan obat yang tidak memenuhi syarat dilakukan pemusnahan produk oleh pemilik yang disaksikan oleh petugas. Untuk pemilik dan penguasa barang membuat surat pernyataan untuk tidak mengulangi pelanggaran yang sama sementara terhadap sarana yang tidak memenuhi ketentuan diberikan sanksi administratif.

"Terhadap produk yang ditemukan ada sanksi administratif berupa pemusnahan kemudian kita berikan surat peringatan. Untuk sanksi yang lebih tinggi kita berikan sanksi proses hukum terhadap pelakunya. Untuk produk yang saat ini kita kumpulkan itu ada dilakukan tindak lanjut proses hukum karena sudah berulang dan tidak bisa diperingatkan lagi itu kita lakukan proses hukum," jelas Alex.

Dirinya juga mengimbau masyarakat untuk selalu melakukan pengecekan sebelum membeli, menggunakan ataupun mengkonsumsi suatu produk. Pastikan selalu melakukan cek KLIK (Kemasan, Label, Izin edar, kedaluwarsa).

"Kita selalu menghimbau kepada masyarakat untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum membeli, mengkonsumsi ataupun menggunakan entah itu obat, makanan, kosmetik, semuanya bisa dicek di kemasan, cek juga kedaluwarsa nya," tutupnya.

Penulis: Dini
Editor: Riki

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Kadisdik Pekanbaru, Abdul Jamal.(foto: int)PPDB SMPN Pekanbaru 2024 Dimulai 15 Juli, Ini Kata Kadisdik
LLDIKTI Wilayah XVII sosialisasi KIP-K di UIR.(foto: mcr)Sosialisasi KIP-K di UIR, LLDIKTI Wilayah XVII: Peran Yayasan dan PT Penting untuk Sukseskan Program
Sekdako Pekanbaru, Indra Pomi Nasution.(foto: int)Ikuti MTQ ke-42 Riau, Besok Kafilah Pekanbaru Berangkat ke Dumai
Macet di Jalan Sudirman Pekanbaru.(foto: sri/halloriau.com)Pengendara di Pekanbaru Keluhkan Pak Ogah, Sembarangan Beri Jalan untuk yang Beri Uang
Irvan Herman saat bersama Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan (foto/ist)Irvan Herman Masuk Kandidat Potensial Calon Walikota Pekanbaru, Komunikasi Politik Mulai Dijalankan
  Service AHASS siaga untuk pemudik.(foto: istimewa)AHASS Siaga Bantu Pemudik Servis Motor Honda
NETA V.(foto: istimewa)Makin Populer, Ini 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Beli Mobil Listrik
Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto bersama Menhub RI.(foto: sri/halloriau.com)Dukung Gebyar BBI/BBWI, Menhub Beri Bantuan 'By The Service' ke Pemprov Riau
Salah satu baliho sosialisasi Abdul Wahid sebagai bakal calon gubernur Riau (foto:rinai/halloriau) Lebih Baik Kembali ke DPR RI Daripada Jadi Wakil, PKB Pastikan Abdul Wahid Bacalon Gubri
Pj Gubri, SF Hariyanto dijadwalkan buka MTQ Tingkat Provinsi di Dumai (foto/int)Lusa, Pj Gubernur Riau Buka MTQ ke-42 Tingkat Provinsi di Dumai
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Sepanjang Jalan Rajawali Rusak Parah
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved