www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Rumah Kapitan Oei Hi Tam Peninggalan Penjajah Belanda di Rohil
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Sanksi Tipiring Pilihan Terakhir
Hindari Sanksi, Tim Yustisi Pekanbaru Minta Warga Tak Buang Sampah Sembarangan
Selasa, 24 Januari 2023 - 19:59:51 WIB
Tim Yustisi Pemko Pekanbaru melakukan sosialisasi kepada pengendara agar tidak membuang sampah dari dalam mobil.(foto: rahmat/halloriau.com)
Tim Yustisi Pemko Pekanbaru melakukan sosialisasi kepada pengendara agar tidak membuang sampah dari dalam mobil.(foto: rahmat/halloriau.com)

PEKANBARU - Tim Yustisi Pemko Pekanbaru terus menindak para pembuang sampah sembarangan. Mereka yang tertangkap tangan akan disanksi sesuai Perda Nomor 8 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Sampah di Kota Pekanbaru.

Dalam Perda tersebut, para pelanggar dapat disanksi Rp2,5 juta hingga Rp50 juta. Namun, Pemko Pekanbaru masih memberikan teguran dengan tujuan agar masyarakat sadar akan kebersihan Kota Pekanbaru.

Kasatpol PP Kota Pekanbaru, Zulfahmi Adrian mengatakan, saat ini pihaknya selaku tim yustisi terus melakukan pengawasan di lapangan. Ia berharap agar masyarakat sadar akan kebersihan kota.

"Pengawasan di lapangan tetap kita lakukan. Kita kan berharapnya, bukan tipiringnya yang kita kedepankan, namun kita akan mengedepankan kesadaran masyarakat agar mereka membuang sampah sesuai dengan anjuran pemerintah yang kita galakan," ujar Zulfahmi, yang juga Ketua Operasional Yustisi Pemko Pekanbaru, Selasa (24/1/2023).

Dengan kesadaran itu kata Zulfahmi, sehingga semua masyarakat dapat memberikan kontribusi terhadap kebersihan di Kota Pekanbaru.

Menurutnya, opsi menerapkan tindak pidana ringan (tipiring) terhadap pembuang sampah sembarangan merupakan pilihan terakhir.

"Kami kalau memang tindakan tipiring itu, ya itu adalah tindakan terakhir. Makanya kemarin kita lakukan sosialisasi kepada pengendara mobil agar memiliki tong sampah di dalam mobil," katanya.

Pihaknya juga meminta masing-masing OPD terkait terus melakukan kegiatan-kegiatan sosialisasi, imbauan kepada masyarakat.

Sehingga tidak ada lagi masyarakat buang sampah dari kendaraan, karena itu termasuk dilarang dalam perda nomor 8 tahun 2014 tersebut.

Bahkan kedepannya, kata Zulfahmi, pihaknya juga meminta ruko-ruko yang berada di pinggir jalan wajib menyediakan tong sampah.

"Sehingga nanti, kalau ini sudah galakan, kita imbau secara masif, tentunya sanksi tipiring itu tidak perlu lagi kita laksanakan," ungkapnya.

Ia menilai, sejak dilakukannya kegiatan sosialisasi, operasi tangkap tangan (OTT) terhadap pelanggar, persoalan sampah mulai tertib. Bahkan dirinya mengaku belum ada laporan ataupun keluhan terkait sampah.

Meski begitu, pihaknya tetap melakukan pengawasan di lapangan dan tetap melakukan OTT.

"Intelijen kita juga kita sebar, di beberapa titik TPS ilegal ada yang memerhatikan. Jadi kita imbau masyarakat untuk mematuhi imbauan pemerintah membuang sampah pada tempatnya," sebutnya.

"Kemudian jam buang sampah yang telah ditentukan. Sehingga masyarakat juga terhindar dari sanksi yang diberikan pemerintah melalui Satpol PP," pungkasnya.

Penulis: Rahmat Hidayat
Editor: Barkah

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Rumah Kapitan Oei Hi Tam jadi destinasi wisata di Rohil (foto/int)Rumah Kapitan Oei Hi Tam Peninggalan Penjajah Belanda di Rohil
Rizky Billar dan Lesti Kejora saat berada di stadion (foto/int)Haters Ditetapkan Tersangka, Rizky Billar Bersyukur
Ilustrasi Pemko Pekanbaru dapat bantuan bibit dari pemerintah pusat (foto/int)Pemko Pekanbaru Dapat Bantuan Bibit Cabai dan Bawang Ditanam Lahan 10 Hektare
Simpang Garuda Sakti-Soebrantas akan dibangun flyover pada tahun 2024 (foto/int)Tahun Ini Ganti Rugi Lahan, Flyover Simpang Garuda Sakti Dibangun 2024
Tim SAR evakuasi warga Kelurahan Maharatu yang terendam banjir (foto/Bayu)Kelurahan Maharatu Terendam Usai Diguyur Hujan Deras, 13 Warga Dievakuasi
  Nissan X-TrailNissan X-Trail Tawarkan 32 Aksesori Baru
Peggy Melati Sukma dinikahi pengusaha New Zealand (foto/int)Cuma Sekali Bertemu, Peggy Melati Sukma Mantap Dinikahi Pengusaha New Zealand
Ilustrasi ratusan ribu militer Rusia disebut akan dikerahkan persiapan serangan baru Ukraina (foto/int)Menhan Ukraina Curigai Rusia Kerahkan 500 Ribu Pasukan Persiapan Serangan Baru
Ilustrasi kunjungan turis asing ke Riau meningkat (foto/int)BPS: 5.280 Turis Asing Berkunjung ke Riau Selama Desember 2022
Honda PCX Club Indonesia kegiatan sosial di Pekanbaru (foto/ist)Komunitas Honda PCX Club Indonesia Pekanbaru Gelar Berbagi Jumat Berkah
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Bacalon DPD Riau, Ichwanul Ihsan Serahkan Syarat Dukungan Minima
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved