www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Hasil Kualifikasi MotoGP Argentina 2023, Alex Marquez Pole Usai Motor Terbakar
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Kontraktor IPAL Gesa Pemasangan Pipa RCP Tanjung Datuk dan Sumber Sari
Sabtu, 31 Desember 2022 - 13:54:15 WIB
Jalan terdampak proyek IPAL kembali diaspal (foto/int)
Jalan terdampak proyek IPAL kembali diaspal (foto/int)

PEKANBARU - Kontraktor proyek Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Paket North Catchment (NC) di Kota Pekanbaru, PT Adhi Karya-Jaya Konstruksi (KSO) terus menggesa pekerjaan.

Seperti pemasangan pipa air limbah metode jacking untuk pipa Reinforcement Concrete Pipe (RCP) diameter 1.000 mm di ruas Jalan Tanjung Datuk dan Jalan Sumber Sari, Kota Pekanbaru.

Saat ini progres pekerjaan pemasangan pipa RCP oleh Satuan Kerja (Satker) Pelaksanaan Prasarana Permukiman (PPP) Provinsi Riau, bersama kontraktor proyek IPAL Paket North Catchment di Kota Pekanbaru, PT Adhi Karya-Jaya Konstruksi (KSO) tersisa 594,91 meter. Pada jalan yang telah selesai dilaksanakan pemasangan pipa, KSO melakukan pekerjaan pengembalian kondisi jalan sesuai spesifikasi (aspal atau lainnya).

Seperti yang sudah dilaksanakan di Jalan A Yani, Jalan Juanda, dan Simpang Jalan Tanjung Datuk sampai Simpang Jalan Dr Sutomo. Pekerjaan pemasangan jaringan pemipaan dengan metode open trench (galian terbuka) di Jalan M Yamin dan Jalan Melur, ditargetkan selesai pada akhir Januari 2023.

Di sisi lain, jalan yang terdampak pengerjaan pemipaan selama tahun 2022 telah diaspal kembali pihak kontraktor. Seperti Jalan A Yani, Jalan Melati, Jalan Sam Ratulangi, Jalan Seroja, Jalan Alimudinnysah, Jalan M Yamin kiri, Jalan M Yamin kanan, Jalan Teratai bawah, dan Jalan HOS Cokroaminoto.

Pekerjaan pemasangan pipa merupakan pekerjaan yang paling dominan dalam kegiatan Metropolitan Sanitation Management Investment Project (MSMIP) Pekanbaru. Karena terkait dengan penyaluran limbah domestik menuju rumah pompa, sehingga dapat disalurkan menuju IPAL.

Pekerjaan jaringan perpipaan air limbah Zona Utara Kota Pekanbaru (Paket NC) saat ini terus berjalan. Pihak kontaktor juga ditugaskan untuk penambahan lingkup pekerjaan berupa priority connection yaitu membangun sambungan pipa air limbah dari bangunan-bangunan. Seperti fasilitas umum dan kawasan komersial ke jaringan pipa IPAL sehingga durasi kontrak di-addendum hingga akhir Juni 2023.

Saat ini pekerjaan pemasangan pipa sedang berlangsung di Jalan Dr Leimena. Namun pemasangan pipa mengalami kendala di antaranya pada ruas jalan tersebut terdapat utilitas di bawah tanah seperti PDAM dan pipa gas. Pada jalur pemasangan pipa terdapat ulilitas kabel listrik yang bertegangan tinggi.

Selain itu, properti warga di samping kiri dan kanan ruas jalan cukup padat. Sehingga akan berdampak jika dilanjutkan pekerjaan pemasangan pipa dengan metode open trench.

Untuk itu, perlu dilakukan perubahan metode menggunakan jacking pipa diameter 450 mm guna, minimalisir dampak yang ditimbulkan oleh pekerjaan.

Di Jalan Leimena, jalan yang sudah selesai pemasangan pipa, kontraktor NC juga telah melakukan, pengaspalan kembali seperti di simpang Jalan Juanda ke simpang Jalan Sam Ratulangi sepanjang 220,31 meter. Serta Jalan Leimena pada Simpang Imam Bonjol ke Simpang Jalan HOS Cokroaminoto sepanjang 169,94 meter.

Saat ini, sedang dilaksanakan pekerjaan bangunan rumah pompa dan konstruksi wet well (sumur pompa). Rumah pompa ini berfungsi sebagai tempat penampungan sementara limbah yang didistribusi dari jaringan perpipaan.

Setelah itu, limbah tersebut dipompa menggunakan pipa HDPE diameter 400 mm ke bangunan IPAL. Untuk diolah lebih lanjut sampai memenuhi baku mutu sesuai yang dipersyaratkan, dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No 5 Tahun 2014 tentang Baku Mutu Air Limbah.

Pembangunan IPAL Kota Pekanbaru merupakan salah satu langkah Pemerintah Pusat dalam pemerataan pembangunan. Sesuai dengan standar pelayanan minimal pada PP Nomor 2 Tahun 2018 bahwa setiap warga negara berhak memiliki akses terhadap pengolahan air limbah.

"Dengan adanya IPAL Kota Pekanbaru diharapkan Pekanbaru dapat memenuhi standar kota-kota modern di dunia," kata PPK Sanitasi Satuan Kerja Pelaksanaan Prasarana Permukiman Provinsi Riau, Taufik Hidayat, Jumat (30/12/2022).

Metropolitan Sanitation Management Investment Project merupakan kegiatan untuk meningkatkan, pelayanan air limbah domestik. Pengerjaan di tiga kota besar di Indonesia yaitu Pekanbaru, Jambi, dan Makassar. Program ini diharapkan dapat mereduksi pencemaran badan air dari limbah domestik, yang secara langsung dibuang ke lingkungan di setiap kota tersebut. (*)

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
MotoGP Argentina 2023Hasil Kualifikasi MotoGP Argentina 2023, Alex Marquez Pole Usai Motor Terbakar
Kapolda Riau, M Iqbal.(foto: int)Kilang Minyak Pertamina RU II Dumai, Kapolda Riau: Tak Ada Korban Tewas
Warga berhamburan keluar rumah saat ledakan di Kilang Minyak Pertamina RU II Dumai.(foto: antarariau.com)Sudah Dipadamkan, Pertamina RU II Dumai: Kami akan Bertanggungjawab
Wagubri, Edy Natar saat grand opening Gema Ramadan 1444 H BSI Pekanbaru di Masjid Al Falah Pekanbaru.(foto: mcr)Gema Ramadan 1444 H BSI Pekanbaru, Wagubri: Pentingnya Ekonomi Syariah
Gubernur Riau, Syamsuar menyerahkan bantuan CSR BRK Syariah kepada Pimpinan Ponpes Babussalam Pekanbaru, Tuan Guru Syekh Haji Ismail Royan.(foto: mcr)Gubri Dukung Pengembangan Ponpes Babussalam
  ilustrasiJadwal Imsak dan Buka Puasa di Pekanbaru Hari Ini
Ilustrasi.(int)Kebakaran Kilang Minyak Pertamina RU II Dumai, 5 Pekerja Terluka
Kilang minyak Pertamina RU 2 Dumai terbakar.(foto: int)Kilang Minyak Pertamina Dumai Terbakar Tengah Malam Tadi
Gubernur Riau, Syamsuar bersama Ketua KI Pusat, Donny Yoesgiantoro saat membahas HAKIN di Riau.(foto: mcr)Gelar HAKIN di Riau, Gubri Ingin KI Pusat Undang Gubernur se-Indonesia
Para tokoh masyarakat Desa Pasir Ringgit.(foto: bayu/halloriau.com)Seorang Oknum Pengacara Ancam dan Intimidasi 3 Pemuka Masyarakat Pasir Ringgit
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Bacalon DPD Riau, Ichwanul Ihsan Serahkan Syarat Dukungan Minima
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved