www.halloriau.com  
BREAKING NEWS :
Pasien Covid-19 Sembuh di Riau Hari ini Tambah 35 Orang
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Walikota Firdaus Resmikan SPAM Perdesaan Padat Karya di Kelurahan Industri Tenayan
Rabu, 12 Januari 2022 - 14:34:48 WIB
Peresmian SPAM Perdesaan Padat Karya di Kelurahan Industri Tenayan, Kota Pekanbaru.
Peresmian SPAM Perdesaan Padat Karya di Kelurahan Industri Tenayan, Kota Pekanbaru.

PEKANBARU - Walikota Pekanbaru, Firdaus meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Perdesaan Padat Karya di Kelurahan Industri Tenayan, Kecamatan Tenayan Raya, Selasa (11/1/2022).

SPAM ini dibangun oleh kelompok masyarakat mandiri yang didanai Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR).

Walikota Pekanbaru, Firdaus usai peresmian SPAM mengatakan, SPAM ini menyediakan air bersih untuk masyarakat. Pembangunan SPAM ini menjadi prioritas bagi pemerintah.

"Karena, pembangunan SPAM ini ada kaitannya dengan sumber daya manusia yang unggul sehingga terwujud masyarakat yang sehat. Kesehatan itu sangat dipengaruhi oleh konsumsi air bersih," ujarnya.

Kawasan RW 02, Kelurahan Industri Tenayan ini airnya merah karena lahannya gambut. Pemko Pekanbaru bekerja sama dengan Dirjen Permukiman dan Perumahan Kementerian PUPR dalam pembangunan SPAM ini.

"Kami mendapat tujuh lokasi untuk membuat SPAM perdesaan ini. SPAM ini mengambil sumur air dalam. Kedalaman air sumur ini lebih dari 160 meter," ungkap Wali kota.

Dengan gaya gravitasi, sumber air muncul. Pembangunannya berupa pemberdayaan masyarakat.

"Kemen PUPR membentuk kelompok masyarakat yang mandiri. Satu unit SPAM bernilai Rp360 juta," kata Firdaus.

Satu unit SPAM berkapasitas 2 liter per detik yang bisa mengaliri 60 rumah. Sementara, jumlah warga RW 02 hanya 45 Kepala Keluarga (KK). Kelebihan aliran air akan digunakan untuk usaha air kemasan. Keuntungan penjualan air kemasan digunakan untuk biaya operasional masjid paripurna.

Kesempatan yang sama, Ihsan, tokoh masyarakat RW 02 mengucapkan terima kasih kepada Walikota Firdaus yang telah meresmikan SPAM Padat Karya. Pasalnya, SPAM ini sangat dibutuhkan.

"Karena, kawasan ini merupakan lahan gambut dan airnya berwarna merah. Dengan adanya SPAM ini, tentu menjadi kegembiraan yang luar biasa. Ini adalah kado terindah dari Wali kota di akhir masa jabatannya," ucapnya.

Warga RW 02 ini juga menjadi binaan dari PT PJB PLTU Tenayan. Melalui dana CSR PT PJB PLTU Tenayan, warga membentuk Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Madu Jaya berkolaborasi dengan PT Mahakarya Berkah Madani (MBM) dalam peternakan lebah madu Kelancang.

"Setiap 4 bulan, kami mendapat keuntungan Rp400.000," ujar Ihsan.

Tujuan Program SPAM
Sementara itu, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Riau, Ir Ichwanul Ihsan mengatakan, tujuan dari program SPAM Perdesaan Padat Karya adalah menyediakan sarana penyediaan air minum yang terjangkau dan berkelanjutan bagi masyarakat yang belum memiliki akses air minum yang aman dan meningkatkan pendapatan keluarga melalui keterlibatan Masyarakat Berpenghasilan Rendah dalam pelaksanaan pembangunan sarana penyediaan air minum.

Sementara sasaran yang akan dicapai dari Program SPAM Perdesaan Padat Karya adalah peningkatan jumlah masyarakat di wilayah perdesaan yang mendapatkan akses air minum aman, peningkatan pendapatan keluarga bagi masyarakat berpenghasilah rendah yang bekerja dalam program SPAM Perdesaan Padat Karya.

Selain telah tuntas membangun 160 unit Pamsimas di 10 kabupaten/kota, termasuk 19 unit HID MAMA, pekerjaan Program SPAM Padat Karya berbasis masyarakat untuk 7 kelurahan di Kecamatan Tenayan Pekanbaru sudah selesai 100 persen dan akan diserahterimakelolakan dengan kelurahan dan KSM.

Ketujuh kelurahan yang melaksanakan serah terima kegiatan tersebut antara lain, Kelurahan Rejosari (55 SR), Kelurahan Bencah Lesung (55 SR), Kelurahan Melebung (45 SR), Kelurahan Industri tenayan (45 SR), Kelurahan Sialang Sakti (45 SR), Kelurahan Tuah Negeri (50 SR) dan Kelurahan Bambu Kuning (50 SR).

Setelah acara seremonial selesai, dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara serah terima pengelolaan kegiatan SPAM Perdesaan Padat Karya kepada desa penerima kegiatan dan dilanjutkan dengan mengunjungi salah satu lokasi kegiatan SPAM Perdesaan Padat Karya.

Acara ini juga dihadiri Kepala Dinas PU Kota Pekanbaru, Kasatker Pelaksanaan P3 Riau, Yenni Mulyadi, PPK Air Minum, Camat Tenayan Raya, lurah penerima kegiatan dan KSM.

Editor: Budy Satria


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Ilustrasi.(int)Pasien Covid-19 Sembuh di Riau Hari ini Tambah 35 Orang
Gubernur Riau Syamsuar menerima uang Rupiah kertas baru TE 2022 dari Kepala BI Perwakilan Riau M Nur usai peluncuran 7 uang Rupiah kertas baru TE 2022 secara virtual.(foto: mcr)Gubri Minta BI Riau Gencar Sosialisasi Uang Rupiah Kertas Baru TE 2022
Kepala BI Perwakilan Riau, M Nur.(foto: mcr)Uang Rupiah Kertas Baru TE 2022 Lebih Sulit Dipalsukan dan Ramah Tunanetra
Bupati Kepulauan Meranti H Muhammad Adil melakukan peninjauan lahan perkebunan kelapaPulau Rangsang, Kepulauan Meranti Akan Dibangun Sentra Kelapa
Tersangka korupsi, Bos Duta Palma Surya Darmadi menggunakan kursi roda usai jalani pemeriksaan kasus korupsi di Kejagung.(foto: bayu/halloriau.com)Surya Darmadi Sakit Usai Diperiksa Kejagung, Besok Giliran KPK Periksa Bos Duta Palma
  Bos PT Duta Palma Group, Surya Darmadi menggunakan kursi roda keluar dari gedung Jampidsus Kejagung usai jalani pemeriksaan terkait kasus korupsi dan penyerobotan lahan di Inhu.(foto: int)KPK Berencana Gabungkan Penuntutan Surya Darmadi dengan Kejagung
Proses evakuasi 3 crew kapal tongkang dari dalam tangki pelampung kapal.(foto: bayu/halloriau.com)3 Crew Kapal Tongkang Terjebak di Tangki Pelampung, Satu Tewas Kehabisan Oksigen
Gubernur Riau Syamsuar di kebun cabai di Siak.(foto: int)Gubri Bakal Datangkan Cabai dari Sumut dan Gerakkan BUMDes Tekan Inflasi
Heli Water Bombing.(foto: int)BPBD Riau Siagakan 2 Heli Water Bombing di Dumai
Kapuspenkum Kejagung, Ketut Sumedana.(foto: int)Kasus Duta Palma di Inhu Terus Berlanjut, Kini Kejagung Periksa 2 Saksi Baru
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Balai PPW Riau Semarakkan HUT ke-77 RI
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved