www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
Lapas Pasir Pangaraian Salurkan 100 Paket Sembako ke Warga Terdampak Covid-19
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
LAZNas Chevron Gandeng Ari Dental Care Edukasi Kesehatan kepada Suku Sakai Siak
Jumat, 10 November 2017 - 15:54:55 WIB

SIAK-Kampung Minas Asal Dusun Batu Bosa Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Provinsi Riau merupakan salah satu wilayah yang masih banyak dihuni oleh Suku Sakai. Keberadaannya yang dikelilingi hutan tanam industri dan juga perkebunan sawit membuat Kampung Minas asal menjadi daerah yang tertutup dari dunia luar.

Hal ini membuat Kampung Minas asal banyak membutuhkan perhatian  dari berbagai pihak untuk kemajuan dan perkembangan masyarakat tersebut.

LAZNas Chevron bersama tim Ari Dental Care langsung “menjemput bola" dalam memberikan pelayanan dan penyuluhan kesehatan kepada warga Kampung Minas Asal. Tim berangkat dari Pekanbaru dengan 3 unit mobil terdiri dari tim dari LAZNas Chevron dan 4 orang tenaga medis. Untuk mencapai lokasi yang dituju, memakan waktu hampir 2 jam.

Perjalanan ke Kampung Minas asal menjadi tantangan tersendiri bagi tim. Kondisi jalan yang baru selesai diguyur hujan membuat tim harus mendorong keluar mobil yang terjebak ke dalam lumpur.

“Perjalanan yang luar biasa. meski sedikit menghambat perjalanan tapi terbayar dengan antusias warga yang mau hadir mengikuti kegiatan penyuluhan kesehatan ini,” ujar dr. Sukma salah satu tenaga medis RSJ Tampan-Pekanbaru yang turut menjadi salah satu pemateri pada kegiatan penyuluhan.

Kegiatan pelayanan dan penyuluhan kesehatan dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama penyuluhan kesehatan gigi dan mulut serta penyakit menular. Adapun pematerinya diisi oleh drg. Ari Purwani dari Klinik Ari dental Care dan ns. Sukma Dewi, S.Kep, M.Kes pakar PHBS dari RSJ Tampan pekanbaru. Lebih dari 20 orang warga tempatan yang hadir mengikuti kegiatan ini.

Kehadiran masyarakat memang masih jauh dari target yang diharapkan kehadirannnya.  Meskipun sebelumnya Informasi kegiatan sudah disampaikan kemasyarakat secara massif oleh fasilitator LAZNas Chevron. Jumlah ini terbilang masih lumayan mengingat bahwa kesadaran masyarakat sangat kurang terhadap kesehatan.

“Kesadaran pentingnya menjaga kesehatan di masyarakat sini memang dirasa sangat kurang, oleh karenanya kami mengundang tenaga medis dari luar untuk memberikan edukasi agar masyarakat lebih peduli dengan kesehatan diri dan keluarga. Diharapkan setelah mengikuti kegiatan ini bisa menambah kesadaran warga mengenai gaya hidup bersih dan sehat untuk di terapkan dalam kesehariannya,” kata Topan Rezki Erlando yang merupakan salah satu fasilitator LAZNas Chevron yang ditugaskan mengabdi di Kampung Minas Asal.

Sedangkan kelompok kedua yaitu penyuluhan PHBS dengan materi praktek mencuci tangan dan menggosok gigi yang diisi oleh 2 orang perawat dari Klinik Ari Dental Care. Adapun peserta yang mengikuti penyuluhan PHBS dan praktek cuci tangan terdiri dari Anak-Anak TK, SDN 12 dan SMP setempat yang berjumlah lebih dari 80 orang.

Dengan riang gembira anak-anak mengikuti nyanyain cara menyikat gigi dengan baik dan benar yang diajarkan pemateri. Agar ilmu yang didapat langsung diterapkan, LAZNas Chevron juga memberikan sikat gigi dan pasta gigi herbal untuk di pakai sehari-hari.

“Alhamdulillah anak-anak sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Pesertanya juga banyak banget. Tadi kita ajak anak-anak belajar menggosok gigi dan mencuci tangan sambil nyanyi agar mereka mudah mengingat,” ujar Santy Riska salah satu perawat Ari Dental Care.

Kegiatan sosial Ari Dental Care ini bukan pertama kalinya. Sebelumnya sudah berbagai daerah juga sudah pernah diberikan pelayanan kesehatan oleh Ari Dental Care.

Editor : Yusni Fatimah

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA LAINNYA    
Pegawai Lapas Klas II B Pasir Pangaraian salurkan 100 paket sembako ke masyarakat.Lapas Pasir Pangaraian Salurkan 100 Paket Sembako ke Warga Terdampak Covid-19
Bupati Indragiri Hulu Rezita Meylani Yopi resmi membuka acara simulasi pilkades serentakBupati Inhu Resmi Buka Simulasi Pilkades Serentak di Desa Seresam
Tim RPK PT Arara Abadi APP Sinar Mas Berjibaku dengan Warga Padamkan Karhutla di Desa Mengkapan
Dukung Vaksinasi OJK, Ginda Burnama Minta Prokes Tetap Dijalankan
IlustrasiPositif Corona Riau Rekor 2.096 Kasus Sehari
  Bengkalis Raih Penghargaan KLA Pratama dari Menteri PPPA
Pemkab Pelalawan Raih Penghargaan Kabupaten Layak Anak
Kepala Bappeda Pelalawan Syahrul SyariefRPJMD Pelalawan 2021-2026 Raih Penghargaan Bergengsi SIPP Award 2021
Bupati Siak Alfedri didampingi Wakil Bupati Siak Husni Merza menyaksikan bersama acara penghargaan yang dibuka oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati secara virtual.Kabupaten Siak Kembali Raih Penghargaan KLA Kategori Nindya
Walikota Dumai Paisal sidak kedai kopi saat memantau PPKM Level 3.Satgas Covid-19 Dumai Patroli PPKM Level 3
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Peserta Antusias Vaksinasi di Balai PPW Riau
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved