www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Ada Putra Jati Riau, Ini Deretan Para Menteri di Kabinet Merah Putih Prabowo-Gibran
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Proyek Tol Rengat-Pekanbaru Terus Berjalan, Ditargetkan Rampung 2026
Minggu, 20 Oktober 2024 - 17:46:10 WIB

PEKANBARU - PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) terus melanjutkan pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), khususnya pada Ruas Rengat-Pekanbaru, yang termasuk seksi Lingkar Pekanbaru sepanjang 30,57 kilometer. Proyek yang dimulai pada Juni 2023 ini ditargetkan rampung pada tahun 2026.

“Per September 2024, progres konstruksi tol ini telah mencapai kisaran angka 30 persen,” ungkap Direktur Operasi III HKI, Aditya Novendra Jaya, Sabtu (19/10/2024).

Tol Lingkar Pekanbaru ini akan dilengkapi dengan tiga Gerbang Tol (GT) dan Interchange (IC), yaitu GT dan IC Rimbo Panjang, Siak, serta Bypass Pekanbaru.

“GT dan IC Rimbo Panjang adalah akses utama bagi masyarakat Rimbo Panjang, sedangkan GT dan IC Siak memberikan akses untuk daerah Sri Meranti, serta GT dan IC Bypass Pekanbaru akan menghubungkan Muara Fajar dengan Tol Lingkar Pekanbaru,” jelas Aditya.

Selain itu, proyek ini juga akan memiliki satu junction penting, yakni Junction Rimbo, yang akan menghubungkan Tol Pekanbaru-Bangkinang dengan Tol Lingkar Pekanbaru.

"Dengan adanya ini, masyarakat Pekanbaru dan sekitarnya bisa langsung mengakses Tol Pekanbaru - Dumai atau sebaliknya tanpa harus keluar tol," tambahnya.

Jalan Tol Lingkar Pekanbaru ini diharapkan mampu meningkatkan konektivitas antar kota sekaligus mempersingkat waktu tempuh.

Menurut Aditya, waktu tempuh dari exit Tol Bangkinang menuju gerbang tol Pekanbaru-Dumai yang sebelumnya membutuhkan waktu sekitar satu jam melalui jalan nasional, nantinya akan dipersingkat menjadi hanya 25 menit.

HKI juga berencana membangun dua Rest Area seluas 12 hektare yang dijadwalkan mulai konstruksi pada 2025. Rest area ini akan berjarak lima kilometer dari Gerbang Tol Siak dan akan mengadaptasi corak budaya lokal Riau.

Beberapa fasilitas yang direncanakan termasuk SPBU, area parkir, bengkel kendaraan, minimarket, masjid, hingga klinik medis.

Dalam proyek ini, HKI sepenuhnya menerapkan teknologi konstruksi digital seperti Building Information Modelling (BIM), terrestrial laser scanner (TLS), photogrammetry, dan aplikasi HKI APPS. Teknologi ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dalam proses konstruksi.

"Penerapan teknologi ini kami harapkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam setiap tahapan konstruksi," ujar Aditya.

Salah satu komponen ikonik dari proyek ini adalah Jembatan Sungai Siak dengan panjang bentang 214 meter, menggunakan metode balanced cantilever, yang memungkinkan pembangunan jembatan tanpa pilar di tengah sungai.

"Desain ini menjaga kelestarian lingkungan dan memungkinkan kapal pengangkut logistik untuk melintas di bawahnya tanpa hambatan," tambahnya.

“Kami berkomitmen untuk memberikan hasil terbaik dan berharap pembangunan dapat berjalan lancar serta segera dimanfaatkan oleh masyarakat,” tutupnya.

Penulis: Rivo Wijaya
Editor: Barkah

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Presiden RI, Prabowo Subianto saat mengumumkan para menteri Kabinet Merah Putih.(foto: detik.com)Ada Putra Jati Riau, Ini Deretan Para Menteri di Kabinet Merah Putih Prabowo-Gibran
DPRD Kuansing.(foto: int)DPRD Kuansing Langsung Bahas APBD 2025 Usai Tuntaskan Pembentukan AKD
Tim SAR saat mengevakuasi jasad anak 1,5 tahun yang tenggelam di Sungai Ara Pelalawan.(foto: mcr)Anak 1,5 Tahun yang Tenggelam di Sungai Ara Pelalawan Ditemukan Meninggal Dunia
Bachrul Alam Bachrul Alam 'The Smiling Teacher' Raih Kemenangan di Somasi Community
Generasi Happy Indosat hadir di Jambi.(foto: istimewa)Indosat Lanjutkan Pemberdayaan Gen Z Melalui Program Generasi Happy di Jambi
  Presiden RI, Prabowo Subianto dan Muhaimin Iskandar.(foto: int)Presiden Prabowo Tunjuk Muhaimin Iskandar Jadi Menko Pemberdayaan Masyarakat
Banjir akibat hujan dan air pasang di Kecamatan Dumai Kota, Sabtu (19/10/2024).(foto: bambang/halloriau.com)Pasang Laut dan Curah Hujan Tinggi, Sejumlah Wilayah di Dumai Terendam Banjir
Seleksi PPPK Pemprov Riau.(ilustrasi/int)Hari Terakhir, Pelamar PPPK Pemprov Riau Capai 5.704 Orang
JTTS Pekanbaru-Rengat ditargetkan rampung 2026.(foto: istimewa)Proyek Tol Rengat-Pekanbaru Terus Berjalan, Ditargetkan Rampung 2026
Ketua Kadin, Anindya Bakrie bersama Bobby Kertanegara, kucing kesayangan Presiden RI, Prabowo Subianto di Istana Negara.(foto: detik.com)Naiki Stroller Khusus, Bobby Kertanegara Ikut Presiden Prabowo ke Istana Negara
Komentar Anda :

 
 
 
Potret Lensa
Nomor Urut Pilgubri: Wahid-SF 1, Nasir-Wardan 2, Syamsuar-Mawardi 3
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved