www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Pilgubri 2024 Butuh Rp31,5 Miliar, Bakal Ditanggung APBD
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


PWI Riau Segera Rilis Daftar Pemilih KLB Konferprov XVI
Kamis, 07 Desember 2023 - 19:13:51 WIB

PEKANBARU - Konferensi Luar Biasa (KLB) Konferensi Provinsi (Konferprov) XVI Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau semakin dekat. Daftar Pemilih Tetap (DPT) akan segera diumumkan.

KLB ini menandai pertemuan utusan pengurus PWI pusat, pengurus Provinsi Riau, dan anggota biasa PWI Riau. Sesuai dengan PD/PRT dan Surat Edaran Pelaksanaan Konfrensi No 117/PWI-P/LXXVII/2023 yang dikeluarkan PWI Pusat.

Menurut Ketua Panitia KLB PWI Riau, Bambang Irawan Syahputra, pengumuman DPT akan dilakukan sebelum pelaksanaan konferensi.

"DPT ini akan dirilis PWI Pusat, memberikan kesempatan kepada anggota PWI Riau untuk memperbarui Kartu Tanda Anggota (KTA) mereka sebelum konferensi," ujarnya.

Proses pemilihan yang ditentukan oleh PD/PRT dan Surat Edaran Pelaksanaan Konferensi memastikan transparansi dan partisipasi aktif. Calon Ketua PWI Riau, Raja Isyam Azwar, dan Calon Ketua Dewan Kehormatan, Zufra Irwan, menjadi sorotan dengan mendaftar sebagai calon tunggal, memungkinkan keduanya mendapatkan kemenangan secara aklamasi.

Bambang menjelaskan tahapan pemilihan, mulai dari penetapan secara aklamasi jika hanya ada satu calon yang memenuhi syarat, hingga pemungutan suara jika terdapat dua atau lebih calon. Panitia telah merilis Daftar Pemilih Sementara PWI Riau, yang menunjukkan 472 peserta dari PWI pusat dan Provinsi Riau.

Dalam menghadapi KLB ini, Bambang mengajak semua peserta untuk hadir agar memastikan kuorum yang dibutuhkan untuk melaksanakan konferensi.

DPT Boleh Beri Mandat Hak Pilih
Bambang menyebutkan, nama-nama dalam DPT boleh memberikan surat mandat dan mewakilkan hak pilihnya kepada penerima mandat. Surat mandat ditandatangani di atas materai dan tidak bisa dicabut dengan alasan apapun.

Surat mandat diserahkan kepada panitia selambat-lambatnya sebelum pembukaan konfrensi. Sementara soal tata cara pemilihan, beber Bambang, pertama, apabila hanya ada satu calon ketua yang memenuhi syarat, maka langsung ditetapkan secara aklamasi dalam sidang pleno konfrensi.

Kedua apabila terdapat dua atau lebih calon ketua yang memenuhi syarat maka dilakukan pemungutan suara dengan system' one man one vote atau setiap anggota di DPT memiliki 1 hak suara.

Ketiga pemilihan calon ketua dengan mencoblos tanda gambar. Panitia mempersiapkan kertas suara dengan tanda gambar wajah masing-masing calon dan disertai nama lengkap.

Keempat calon yang mendapatkan suara minimal 50 persen plus 1 ditetapkan langsung sebagai ketua.

Kelima apabila tidak ada calon yang mendapatkan suara minimal 50 persen plus 1, maka dilanjutkan dengan pemilihan putaran kedua dengan dua calon peraih suara terbanyak.

Keenam apabila dalam putaran kedua suara kedua calon berimbang atau berjumlah sama maka dilanjutkan dengan putaran ketiga dengan ketentuan pengurus PWI pusat memiliki hak 1 (satu) suara di konferensi provinsi dan pengurus PWI Provinsi memiliki hak 1 suara di konfrensi kabupaten/kota. (rls)

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Ketua Bawaslu Riau AlnofrizalPilgubri 2024 Butuh Rp31,5 Miliar, Bakal Ditanggung APBD
Rekapitulasi suara Pemilu 2024.(ilustrasi/int)490 Personel Gabungan Dikerahkan Kawal Ketat Pleno Rekapitulasi Suara Pemilu 2024 di Pekanbaru
Bikers HPCI Kampar Chapter saat hangout ke Hutan Pinus Bangkinang.(foto: istimewa)Honda PCX Club Indonesia Chapter Kampar Hangout di Hutan Pinus Bangkinang
(kiri-kanan) Caleg Sella, Fadel, dan Ayu Rokan keluarga para bupati di Riau yang diprediksi lolos DPRD Riau (foto/int)Real Count Terkini: Istri-Anak-Menantu Bupati Diprediksi Lolos DPRD Riau
Rapat pleno rekapitulasi suara tingkat Kota Pekanbaru, Rabu (28/2/2024) (foto:rinai/halloriau) Pleno Rekapitulasi Suara Tingkat Pekanbaru: Prabowo Kuasai Rumbai, Anies Tertinggi di Sail
  Buku nikah yang diterbitkan KUA.(ilustrasi/int)Rencana Yaqut Ingin Jadikan KUA Tempat Nikah Semua Agama, Begini Respon DPRD Pekanbaru
PHR beri edukasi bahaya api kepada para siswa TK.(foto: istimewa)Anak-anak TK Duri Terima Edukasi Kebakaran dari PHR
Politisi Gerindra sekaligus Wakil Ketua DPRD Riau, Hardianto (foto:rinai/halloriau) Gerindra Optimis Bisa Pertahankan Kursi Pimpinan DPRD Riau
Telkomsel dan Huawei menandatangani dua SPA yang berfokus pada Home Broadband and 5G Innovation (foto/ist)Kolaborasi Telkomsel dan Huawei Fokus Home Broadband and 5G Innovation
Masyarakat apresiasi operasi pasar murah yang digelar Pemkab Pelalawan (foto/Andi)Tekan Kenaikan Harga Sembako, Pemkab Pelalawan Gelar Pasar Murah
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Banjir di Pekanbaru, Pemilik Kendaraan Dorong Mobil di Jalan Jembatan Siak 4
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved