www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Marc Marquez Pindah ke Gresini untuk Nikmati Balapan Tanpa Beban
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Petugas Manggala Agni dan TNI Berjibaku Padamkan Kebakaran Lahan di Kampar
Selasa, 29 Agustus 2023 - 07:29:16 WIB
foto proses pemadaman karhutla
foto proses pemadaman karhutla

KAMPAR - Seluruh siswa Sekolah Menengah Pertama 8 Tambang Kabupaten Kampar Riau dipulangkan karena asap masuk ke ruangan kelas. Asap itu berasal dari kebakaran lahan di Desa Tarai Bangun Senin (28/8).

Kepala Manggala Agni Daerah Operasi Sumatera IV/Pekanbaru, Chaerul Parsaulian Ginting mengatakan asap masuk ke sekolah karena lokasi titik api kebakaran lahan sangat dekat dengan SMP Negeri 8 Tambang.

"Titik api dekat dengan sekolah, hanya dibatasi parit. Asapnya mengarah ke sekolah, sehingga anak-anak dipulangkan lebih cepat oleh gurunya sebelum jam 12 siang," kata Chaerul.

Saat anak sekolah dipulangkan, petugas gabungan dari Manggala Agni dan TNI berjibaku memadamkan api di lahan gambut itu. Sebab, asap kebakaran gambut itu sempat memenuhi lingkungan sekolah hingga mengganggu aktivitas belajar siswa.

Menurut Chaerul kebakaran lahan di dekat sekolah itu terjadi sejak Minggu (27/8) kemarin hingga menjalar hari ini.

Begitu mendapat informasi adanya kebakaran lahan pada Senin, Tim Manggala Agni Pekanbaru langsung turun ke lokasi untuk memadamkan api.

"Luas lahan yang terbakar ini sekitar satu hektare," jelas Chaerul.

Petugas mendapat rintangan dalam melakukan pemadaman. Sebab, api sudah berada di dalam gambut. Apalagi tanah yang berkontur gambut butuh waktu lama untuk dipadamkan jika sudah terbakar.

"Gambutnya di situ sekitar tiga meter dalamnya. Kita butuh waktu melakukan pemadaman dan pendinginan api di lahan gambut. Tapi sumber air untuk pemadaman ada di kanal," kata Chaerul.

Meski sudah berjuang melakukan upaya pemadaman, namun hingga sore tadi, titik api belum padam. Petugas akan melanjutkan pemadaman besok pagi.

Chaerul menyampaikan, lahan yang sama pernah terbakar pada tahun 2019. Waktu itu, tim Manggala Agni Pekanbaru juga dikerahkan untuk pemadaman.

"Iya, pada tahun 2019 lalu, lahan ini pernah terbakar juga, saat itu kami melakukan pemadaman. Dan sekarang terbakar lagi," ungkap Chaerul, seperti yang dilansir dari mcr. (*)

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Marc Marquez.(foto: int)Marc Marquez Pindah ke Gresini untuk Nikmati Balapan Tanpa Beban
LBH Batas Indragiri saat sosialisasi bantuan hukum kepada WBP Rutan Rengat.(foto: andri/halloriau.com)LBH Batas Indragiri Sosialisasikan Bantuan Hukum WBP Rutan Rengat
Cawapres Muhaimin Iskandar motivasi kader saat meresmikan Kantor DPW PKB Riau di Kota Pekanbaru (foto/ist)Ajak Kader Solid Agar Menang Pilpres, Cak Imin: Rakyat Menunggu Perubahan, AMIN Menang!
Raja Isyam Azwar.(foto: istimewa)Besok Raja Isyam Azwar Deklarasikan Diri Maju Jadi Calon Ketua PWI Riau 2023-2028
Jajaran Pengurus AMSI Riau 2023-2027 saat Rakerwil di Bandung.(foto: istimewa)Ini 3 Rancangan Program Utama AMSI Riau untuk 2024
  Kandidat Capres-Cawapres Pilpres 2024.(foto: int)Debat Capres-Cawapres Pilpres 2024 Dimulai Pekan Depan, Ini Lokasi dan Jadwal Lengkapnya
Bupati Bengkalis, Kasmarni kunjungi warga korban banjir di Dusun Bengkuang Baru.(foto: zulkarnaen/halloriau.com)Dikunjungi Bupati Bengkalis, Warga Dusun Bengkuang: 10 Hari Rumah Kami Terendam Air
Jajaran manajemen PT PHR saat hadiri COP28 di Dubai.(foto: istimewa)PHR Bawa Inovasi Lahan Basah Buatan untuk Kelola Limbah Air Terproduksi di COP28
Valentino Rossi.(foto: int)Valentino Rossi Antusias Sambut Marc Marquez di Gresini Racing
Foto bersamaAMSI Riau Gelar Rakerwil, Gesa Program Perbaikan Ekosistem Digital di Provinsi Riau
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Syukuran HUT ke-13 Media Siber www.halloriau.com
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved