www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Kejari Pelalawan Musnahkan Barang Bukti TPU yang Telah Inkracht
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Angkat Wisata Berwawasan Lingkungan, PHR dan DLHK Riau Sepakat Kembangkan Tahura SSH
Sabtu, 03 Desember 2022 - 13:21:21 WIB
VP Corporate Affairs PHR Rudi Ariffianto (kanan) bersama Kepala DLHK Riau Murod (kiri) menandatangani kesepakatan pengelolaan Tahura SSH (foto/ist)
VP Corporate Affairs PHR Rudi Ariffianto (kanan) bersama Kepala DLHK Riau Murod (kiri) menandatangani kesepakatan pengelolaan Tahura SSH (foto/ist)

Baca juga:

BATAM - Sabtu (3/12/2022), PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) bersama Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Riau mengembangkan, potensi kawasan konservasi Taman Hutan Raya Sultan Syarif Hasyim (Tahura SSH).

Penandatanganan MoU dan kontrak swakelola penyusunan design engineering detail (DED) pemanfaatan Tahura dilaksanakan pada Sabtu (3/12/2022). Sebagai salah satu program tanggungjawab sosial dan lingkungan (TJSL) PHR turut menggandeng, Fakultas Kehutanan dan Lingkungan Institut Pertanian Bogor (IPB).

Hadir dalam acara ini, Kepala SKK Migas Sumbagut yang diwakili Kepala Departemen Humas Yanin Kholison, Kepala Dinas LHK Riau, Mamun Murod beserta jajaran dari KPHP Minas Tahura. Serta Dekan Fakultas Kehutanan dan Lingkungan IPB Naresworo Nugroho, dan manajemen PHR yang dihadiri oleh VP Corporate Affairs Rudi Ariffianto, juga VP Remediation & Site Retirement Sukamto.

Dalam acara itu, Mamun Murod berharap, kerja sama ini menjadi sejarah untuk meningkatkan kunjungan wisata ke Riau. Khususnya ke Tahura Sultan Syarif Hasyim tersebut. Dia mengatakan Tahura SSH diharapkan bisa menjadi daya tarik wisata berwawasan lingkungan dan berdampak ekonomi bagi masyarakat.

"Kami sangat mengapresiasi atas dukungan PHR untuk bisa mewujudkan impian masyarakat Riau. Peran ini sekaligus juga menegaskan kepedulian PHR atas lingkungan kawasan hutan di Riau," kata Murod.

VP Corporate Affairs PHR, Rudi Ariffianto mengatakan Pertamina telah menjadi salah satu perusahaan energi yang terbaik dalam Environment Social and Governance (ESG) rating di tingkat global. Dukungan PHR dalam program pengembangan kawasan konservasi Tahura SSH menjadi satu dari sekian banyak aksi nyata yang telah terwujud. Itu dilakukan PHR atas keberlanjutan lingkungan di sekitar wilayah operasi perusahaan.

"Program ini merupakan bentuk dukungan nyata PHR untuk mengoptimalkan pemanfaatan kawasan konservasi di wilayah Riau. Keberlanjutan kawasan ini dengan memberikan sentuhan ide akan penciptaan nilai ekonomi berwawasan lingkungan di dalamnya diharapkan memberikan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat Riau," kata Rudi.

Ia menjelaskan, studi pendukung program TJSL PHR ini akan dikerjakan oleh Mitra PHR dan DLHK Riau, yakni Fakultas Kehutanan dan Lingkungan IPB. Pekerjaan akan fokus pada penyusunan DED, kajian mitigasi konflik, kajian lembaga dan tata kelola.

"Besar harapan kami hasil akhir studi pendukung ini kelak akan menjadi dokumen hidup yang akan digunakan Pemprov Riau. Untuk mendapatkan dukungan dari berbagai pihak guna diwujudkan dalam pembangunan yang tetap menjaga harmoni dengan ekosistem yang ada," ujar Rudi.

Dekan Fakultas Kehutanan dan Lingkungan IPB, Naresworo Nugroho bersama timnya akan segera menyusun DED. Serta beberapa kajian yang diperlukan agar apa yang dicita-citakan benar-benar dapat diwujudkan dengan baik.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Departemen Humas SKK Migas Sumbagut, Yakin Kholison menambahkan, Riau adalah ikon hutan Sumatera. Tahura SSH jika dikelola dengan baik, maka akan mengembalikan kejayaan hutan tropis Indonesia.

"Selanjutnya kita pikirkan branding dan pengembangan kawasan wisata Tahura SSH ini agar benar-benar menarik minat pengunjungnya kelak," tuturnya. (rilis)

 
    Berita Terkait

 


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Kegiatan pemusnahan barang bukti di Kejari Pelalawan.(foto: andi/halloriau.com)Kejari Pelalawan Musnahkan Barang Bukti TPU yang Telah Inkracht
Kantor Imigrasi Kelas II TPI Selatpanjang, Kepulauan Meranti melaksanakan layanan KetupatPermudah Masyarakat Urus Paspor, Imigrasi Selatpanjang Gelar Layanan Ketupat
Plt Direktur Ormas, Risnandar Mahiwa (kiri) disebut-sebut bakal dilantik jadi Pj Wako Pekanbaru (foto/ist)Lusa, Pj Gubri Lantik Pj Wako Pekanbaru, Nama Risnandar Mahiwa Mencuat
PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) menandatangani kontrak swakelola Program TJSL bersama mitra pelaksana di Pekanbaru (foto/ist)Perkuat Program TJSL, PHR Jalin Kerja Sama dengan Mitra Pelaksana Riau
Pengungkapan kasus narkoba di Mapolres Bengkalis Jalan Pertanian Bengkalis (foto/Zulkarnain)Ungkap Kasus 3 Kg Ganja dan 1 Kg Sabu, Bupati Apresiasi Kapolres Bengkalis
  Anggota Komisi II DPRD Kepulauan Meranti, Dedi Yuhara LubisDPRD Pertanyakan Anggaran Lelang Mobil Dinas yang Tak Dilaporkan, Ada Indikasi Penyelewengan
BPOM Dumai bersama pelaku usaha obat tradisional Bagansiapiapi.(foto: afrizal/halloriau.com)BPOM Dumai Beri Edukasi Pelaku Usaha Obat Tradisional Bagansiapiapi
Anggota DPRD Pekanbaru, Hamdani.(foto: int)Kritik Biaya UKT, Hamdani: Peningkatan Pendidikan Jadi Alasan, Harusnya Gratis
PGN Saka miliki teknologi digital twin (foto/ist)PGN Saka Miliki Teknologi Data Real Time Guna Monitor Produksi Migas
PPP Rohil tutup pendaftaran calon bupati dan Wabub untuk Pilkada 2024 (foto/Afrizal)PPP Tutup Pendaftaran Calon Bupati dan Wabub Rohil, 6 Orang Kembalikan Formulir
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Silaturahmi Tanoto Foundation Riau Bersama Jurnalis
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved