www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Ini 4 Tim yang Pastikan Tempat di Semifinal Piala AFF U-19 2024
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Tumbangkan Vietnam, Indonesia Maju ke Final Piala AFF 2016
Rabu, 07 Desember 2016 - 22:06:45 WIB

HANOI -Timnas Indonesia akhirnya sukses melewati hadangan Vietnam untuk melaju ke partai puncak Piala AFF 2016. Melakoni leg kedua di Mỹ Đình National Stadium, Rabu (7/12/2016) malam WIB, Tim Garuda menahan imbang Vietnam 2-2. Indonesia lolos secara dramatis setelah melewati babak extra-time dengan agregat 4-3.

Babak Pertama

Di lima menit pertama, Indonesia terlihat panik dengan derasnya serangan-serangan yang dilancarkan Vietnam. Dua kali halauan tidak sempurna nyaris dimanfaatkan lini serang Vietnam.

Tekanan-tekanan yang diberikan Vietnam membuat Indonesia terlihat panik dalam bertahan. Akibatnya, banyak operan-operan tak mengarah yang dilepaskan skuad Garuda.

Di menit kedelapan, Vu Van Thanh mencoba memanfaatkan kepanikan Indonesia dengan melepas tendangan keras dari luar kotak penalti. Untungnya, tendangannya masih melebar dari gawang Kurnia Meiga.

Percobaan kedua Vietnam dilakukan lewat aksi Le Cong Vinh. Namun, tendangan kapten The Golden Stars itu masih melambung jauh di atas mistar gawang Indonesia. Dominasi permainan terus berada di bawah kendali Vietnam. Namun, mereka masih kesulitan menembus rapatnya lini belakang Indonesia hingga 20 menit pertama dilansir okezone.

Menit ke-22, Vietnam sempat mendapatkan peluang emas. Manuver dari sisi kanan pertahanan Timnas Indonesia membuahkan peluang untul Cong Vinh. Sayang, Cong Vinh terlihat kesulitan mengontrol bola hingga mampu diamankan Kurnia Meiga.

Hingga menit ke-30, situasi masih tak berubah. Vietnam begitu mendominasi dan Indonesia hanya fokus bermain di daerahnya sendiri.

Menit ke-33, Vietnam mendapatkan hadiah tendangan bebas di depan kotak penalti Indonesia. Itu setelah Bayu Pradana menarik badan salah satu pemain Vietnam hingga terjatuh. Untungnya, eksekusi yang dilepaskan Thanh Trung masih melenceng di sisi kiri gawang Meiga.

Menit ke-43, Indonesia sempat mendapatkan peluang setelah Boaz Solossa lolos jebakanoffside. Sialnya, sang kapten Garuda kalah cepat saat menggiring bola ke arah gawang Vietnam yang dikawal Nguyen Tram Manh.

Hingga laga babak pertama berakhir, kebuntuan Vietnam dan Indonesia masih tak berubah. Alhasil, para pemain kedua tim harus mengakhiri babak pertama dengan skor 0-0.

Babak Kedua

Babak kedua Vietnam tetap mampu menguasai permainan. Namun, Indonesia justru mampu unggul lebih dahulu lewat Stefano Lilipaly pada menit ke-54.

Chip yang dilepaskan Boaz Solossa dari sisi kanan membuat Tran Manh dan Vu Thanh kebingungan. Stefano Lilipaly yang berada di mulut gawang pun tanpa kesulitan mencocor bola. Indonesia unggul 1-0 atas Vietnam di Hanoi!

Harapan Indonesia untuk menang kian besar karena kiper Vietnam dikartu merah wasit pada menit ke-76. Ya, protes keras Nguyên Mạnh Trần berbuah kartu merah langsung kepada sang penjaga gawang. Indonesia masih unggul 1-0. Tim Garuda sedikit lagi bakal mengamankan tempat di partai puncak!

Que Ngoc Hai yang berposisi sebagai bek pun harus berperan sebagai kiper karena jatah pergantian pemain Vietnam sudah habis. Indonesia masih unggul 1-0. Tim Garuda sedikit lagi bakal mengamankan tempat di partai puncak!

Namun, harapan itu sempat berantakan. Vietnam menyamakan kedudukan lewat tendangan jarak jauh yang dicetak Vu Van Thanh pada menit ke-83. Gol itu berawal dari sebuah pelanggaran tak perlu yang dilakukan Hansamu Yama Pranata di tepi kotak penalti,

Set piece yang dilakukan Vietnam ini pun berbuah gol. Sepakan Vu Van Thanh memanfaatkan operan dari free kick Thành Lương Phạm berhasil mengoyak gawang Indonesia yang dikawal Kurnia Meiga. Skor sama kuat 1-1, namun Indonesia masih unggul agregat 3-2.

Vietnam berbalik unggul lewat gol Vu Minh Tuan pada menit 90+2. Gol itu tercipta memanfaatkan kegugupan yang melanda pertahanan Indonesia saat Minh Tuan merangsek ke dalam kotak penalti dan melepaskan tendangan yang menghujam ke sudut kanan gawang yang Meiga.

Extra Time

Dengan skor agregat 3-3, laga pun dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu. Indonesia kemudian bisa menyamakan kedudukan lewat penalti Manahati Lestusen di babak pertama perpanjangan waktu. Penalti didapat karena pelanggaran oleh kiper dadakan Vietnam.

Kedudukan 2-2 ini bertahan hingga akhir. Indonesia pun lolos ke final dan berpeluang untuk menjadi juara Piala AFF untuk pertama kalinya, setelah dalam empat kesempatan sebelumnya selalu kandas di partai puncak. (*)
   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Pemain Timnas Indonesia di Piala AFF U-19 2024.(foto: detik.com)Ini 4 Tim yang Pastikan Tempat di Semifinal Piala AFF U-19 2024
Pj Walikota Pekanbaru, Risnandar Mahiwa saat kegiatan PIN Polio di Pekanbaru.(foto: int)PIN Polio di Pekanbaru Sasar 145.754 Anak di 1.533 Pos Imunisasi
Motor matic dilindas truk Fuso yang masuk ke Jalan Arengka, Pekanbaru (foto/IG Pekanbaruviral)Video Kecelakaan Viral di Pekanbaru, Truk Fuso Lindas Motor
Rombongan Agung-Markarius kunjungi pemilik Ponpes Babussalam Tuan Guru Ismail Royan, Selasa (23/7/2024) (foto:ist)Tuan Guru Ismail Royan Doakan AMAN, Sebut Calon Pemimpin yang Berpotensi
BKPSDM Rohil, Acil Rustianto, saat bertindak sebagai pembina apel pagi (foto/afrizal)ASN Pemkab Rohil Harus Penuhi Kewajiban Sebelum Menuntut Hak
  Evaluasi enam pejabat eselon II Pemprov Riau tuntas (foto/int)Evaluasi 6 Pejabat Pemprov Riau Rampung, Siapa yang Dapat Posisi Baru?
Arus Bawah condong SF Hariyanto lebih cocok jadi wakil Abdul Wahid dalam Pilgub Riau 2024 (foto/int)Arus Bawah: SF Hariyanto Cocok Jadi Wakil Abdul Wahid di Pilgub Riau
Sekda Pekanbaru, Indra Pomi sudah beri teguran ke penyedia layanan kabel optik (foto/int)Warga Pekanbaru Terjerat Kabel Optik dan Masuk RS, Ini Reaksi Pemko
Pj Gubri, SF Hariyanto menyerahkan SK PPPK guru honor Kuansing dan Inhu (foto/int)Akhirnya 332 Guru Honorer di Inhu dan Kuansing Terima SK PPPK
Bakal Calon Walikota Pekanbaru, Agung-Markarius minta nasehat Tuan Guru Ismail Royan (foto/Mimi)Calon Walikota Pekanbaru Agung-Markarius Sambangi Tuan Guru Ismail Royan
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
RGE Jurnalism Workshop Perkaya Pengetahuan Wartawan
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved