www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
Lapas Pasir Pangaraian Salurkan 100 Paket Sembako ke Warga Terdampak Covid-19
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Balap Motor Porkot VII Pekanbaru Diduga Tak Berizin hingga Dibubarkan Polisi, Panitia Jadi Sasaran Penonton
Senin, 02 September 2019 - 08:55:31 WIB
Penonton membubarkan diri paska polisi hentikan balap motor Porkot Pekanbaru. Akibatnya, panitia pelaksana sempat jadi sasaran amuk penonton yang kecewa.
Penonton membubarkan diri paska polisi hentikan balap motor Porkot Pekanbaru. Akibatnya, panitia pelaksana sempat jadi sasaran amuk penonton yang kecewa.

PEKANBARU - Pekan Olahraga Kota (Porkot) VII Pekanbaru tahun 2019 yang baru digelar malah ternoda insiden tidak mengenakan. Yakni pembubaran pertandingan hingga adanya dugaan pemukulan oleh penonton yang kecewa ke penyelenggara.

Sebabnya iven Cabang Olahraga (Cabor) balap motor yang digelar di areal Stadion Sport Center Rumbai, Minggu (1/9/2019) kemarin, batal dan dibubarkan polisi karena cacat hukum. 

Pihak kepolisan setempat terpaksa menghentikan pelaksanaan kegiatan tersebut, diduga karena ilegal. Dalam prosedur, ternyata Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pekanbaru belum melengkapi syarat utama kegiatan, yakitu izin keramaian. 

Padahal, kegiatan ini bertujuan untuk ajang seleksi atlet Pekanbaru, yang nantinya akan dipertandingkan pada kegiatan Porprov Riau tahun 2021 mendatang di Kabupaten Kuansing. 

Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kota Pekanbaru, Ariyanti saat dihubungi halloriau.com, Senin (2/9/2019) yang juga selaku pelaksana cabor, membenarkan izin keramaian dalam pertandingan balap motor di Rumbai, ternyata belum diurus pihak KONI. 

"Ya iven balap motor di Rumbai dihentikan pihak Polsek Rumbai Pesisir. Alasannya, mereka menyebutkan izin keramaian kegiatan itu tidak ada," kata Yanti, nama panggilannya.

Terkait segala pengurusan dalam digelarnya kegiatan pertandingan semua Cabor, menurut Yanti, KONI lah yang harusnya bertanggung jawab penuh. Sebab kata Yanti, kegiatan seluruh Cabor yang diadakan pada Porkot Pekanbaru, semuanya KONI lah induknya. 

"Masalah itu (izin,red) kami tidak tahu. Kami di sini hanya pelaksana Cabor saja. Kalau kegiatan individu, bisalah kami yang mengurusnya. Tapi inikan bagian dari Porkot, induknya kan KONI, merekalah semuanya yang mengurus," tutur Yanti. 

Terkait dihentikannya kegiatan, penonton yang menanti sejak awal merasa kecewa hingga terjadilah kericuhan. Menurut Yanti ricuh penonton setelah race yang ditunggu tidak terlaksana hingga berujung pada pemukulan terhadap salah seorang pihaknya. 

"Ya pemukulan itu benar terjadi kepada dua anggota saya yang dilakukan oleh penonton. Akibat mereka yang menunggu lama dari awal, tiba-tiba batal race. Hingga penonton marah, terjadi keributan. Karena sama-sama emosi terjadilah pemukulan itu," terang Yanti. 

Pemicu pasti kericuhan penonton yang terjadi di lapangan, masih menurut Yanti, karena mereka telah menghabiskan uang untuk membeli tiket masuk dalam kegiatan balap motor tersebut. Sejak awal, kata Yanti, pada Sabtu (31/8/2019) kegiatan sesi pertama masih aman. Justru puncaknya di Minggu (1/9/2019) sore. 

"Tiket masuk hanya Rp20 ribu. Awal sesi pertama malah lancar. Tapi Minggu sore aparat menghentikan kegiatan. Kami juga kaget alasan aparat (izin), ini yang menjadi pemicu kemarahan penonton. Kalau KONI berikan kami sejak awal yang mengurus izin, kan bisa diuruskan," keluh Yanti.

Penulis : Helmi 
Editor: Yusni Fatimah
 

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA LAINNYA    
Pegawai Lapas Klas II B Pasir Pangaraian salurkan 100 paket sembako ke masyarakat.Lapas Pasir Pangaraian Salurkan 100 Paket Sembako ke Warga Terdampak Covid-19
Bupati Indragiri Hulu Rezita Meylani Yopi resmi membuka acara simulasi pilkades serentakBupati Inhu Resmi Buka Simulasi Pilkades Serentak di Desa Seresam
Tim RPK PT Arara Abadi APP Sinar Mas Berjibaku dengan Warga Padamkan Karhutla di Desa Mengkapan
Dukung Vaksinasi OJK, Ginda Burnama Minta Prokes Tetap Dijalankan
IlustrasiPositif Corona Riau Rekor 2.096 Kasus Sehari
  Bengkalis Raih Penghargaan KLA Pratama dari Menteri PPPA
Pemkab Pelalawan Raih Penghargaan Kabupaten Layak Anak
Kepala Bappeda Pelalawan Syahrul SyariefRPJMD Pelalawan 2021-2026 Raih Penghargaan Bergengsi SIPP Award 2021
Bupati Siak Alfedri didampingi Wakil Bupati Siak Husni Merza menyaksikan bersama acara penghargaan yang dibuka oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati secara virtual.Kabupaten Siak Kembali Raih Penghargaan KLA Kategori Nindya
Walikota Dumai Paisal sidak kedai kopi saat memantau PPKM Level 3.Satgas Covid-19 Dumai Patroli PPKM Level 3
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Peserta Antusias Vaksinasi di Balai PPW Riau
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved