Otomotif
BREAKING NEWS :
Bantuan Mengalir untuk Bayi Usus Berlipat di Kepulauan Meranti, Salah Satunya dari GPEI Riau
 


Duel Ketat Low SUV: Pilih BR-V, Rush-Terios, atau Xpander Cross?
Kamis, 23 September 2021 - 09:19:29 WIB
LSUV
LSUV

PEKANBARU - All New BR-V mendapat penyegaran untuk bermain di kelas Low SUV (Sport Utility Vehicles). Mobil ini akan bertarung dengan Toyota Rush, Daihatsu Terios, dan Xpander Cross.

Sebagai perbandingan, All New BR-V menjadi LSUV pertama yang menggunakan teknologi keselamatan aktif Honda Sensing. Fitur ini biasanya tersedia untuk mobil premium seperti Accord, Odyssey, dan CR-V, seperti yang dilansir dari detik.

Teknologi Honda Sensing hanya tersedia pada tipe tertinggi All New BR-V. Sementara harganya belum diinformasikan oleh PT Honda Prospect Motor (HPM).

Honda baru membocorkan harga perkiraan varian terendah Rp 260 juta, itu pun tanpa relaksasi pajak penjualan atas barang mewah. Sementara Rush, Terios, dan Xpander Cross saat ini masih menggunakan harga PPnBM nol persen yang banderolannya masih di bawah Rp 300 juta.

Bingung mau pilih yang mana? berikut ini perbandingan antara BR-V terbaru, Xpander Cross, Rush, dan Terios.

Mana lebih tinggi?
Sebagai sebuah mobil SUV, tentu saja mobil ini harus mumpuni melewati berbagai medan jalan. Keempat mobil di atas punya ketinggian ground clearance yang berbeda-beda.

Untuk BR-V, Rush, dan Terios sama-sama memiliki ketinggian 220 mm. Ketiganya masih kalah tinggi dari Mitsubishi Cross yang memiliki jarak 225 mm.

Kendati demikian mobil-mobil LSUV di atas memiliki ground clearance yang mirip dengan mobil SUV ladder frame seperti Pajero Sport (218 mm), dan Toyota Fortuner (225 mm).

Kapasitas mesin dan penggerak roda
Untuk kapasitas mesin, keempat mobil di atas sama-sama menggunakan jantung pacu berkubikasi 1.500 cc tanpa turbo. Tapi memiliki performa yang berbeda di atas kertas.

Toyota Rush dan Terios menggunakan mesin dengan kode 2NR-VE menghembuskan tenaga 104 PS dan 136 Nm. Tenaga tersebut dikawinkan melalui transmisi manual dan otomatis. Kedua mobil ini menggunakan penggerak roda belakang.

Sedangkan Xpander Cross menggunakan mesin kode 4A91. Di atas kertas, Xpander Cross bisa mengeluarkan tenaga 105 PS dan torsi maksimal 141 Nm. Pilihan transmisinya ada otomatis 4 percepatan dan manual 5 percepatan. Sistem penggeraknya menggunakan roda depan.

Honda BR-V terbaru menggunakan basis mesin yang sama dengan Honda City Hatchback berkode kode L15ZF. Mobil ini sanggup memuntahkan tenaga 121 PS dan torsi 145 Nm. Tenaga tersebut dilahirkan dari transmisi otomatis CVT atau manual 6-percepatan yang disalurkan melalui penggerak roda depan.

Fitur
Pada dasarnya, keempat LSUV tersebut sudah memiliki fitur hiburan head unit dengan layar 7-inch touch screen audio yang dilengkapi dengan smartphone connectivity.

Fitur yang sama tersedia power outlet pada baris depan, tengah, dan juga belakang (untuk model dan tipe tertentu). Ditambah dengan ruang penyimpanan yang tersedia di bagian bawah kursi, seat pocket di belakang kursi, dan ruang penyimpanan serbaguna pada bagian bagasi.

Varian tertinggi dari Terios dan Rush telah dibekali dengan fitur keselamatan yang cukup baik, yakni adanya dual SRS Airbag, Electronic Brake Distribution (EBD), Vehicle Stability Control (VSC), Anti-lock Braking System (ABS), Hill Start Assist (HSA) dan Emergency Brake Signal (EBS).

Sementara Xpander Cross punya fitur keamanan ABS + EBD, Brake Assist, dual SRS airbags, Active Stability & Traction Control, Hill Start Assist, Parking Sensor + Rear View Camera, Keyless Operation System, dan Immobilizer with Security Alarm. Khusus untuk varian A/T mendapat tambahan fitur cruise control.

Pun tak jauh berbeda dengan Honda BR-V, sudah dilengkapi dilengkapi dual airbags di depan, ABS (Anti-lock Brake System), EBD (Electronic Brake Force Distribution), termasuk Pretensioner with Load Limiter Seatbelt, Vehicle Stability Assist (VSA), dan Hill Start Assist (HSA).

Hanya saja, BR-V bisa dikatakan sedikit lebih unggul, karena varian tertingginya sudah dilengkapi dengan teknologi keselamatan aktif Honda Sensing. Selain itu, BR-V juga memiliki fitur canggih seperti Remote Engine Start, Walk-Away Auto Lock, Honda LaneWatch, dan Smart Entry System.

Harga dan varian
Jika dibandingkan keempat mobil ini memiliki perbedaan di harga dan varian. Rush, Terios, dan Xpander Cross diketahui saat ini sedang memanfaatkan program diskon pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM).

Toyota Rush saat ini tersedia dalam 4 varian. Sementara harganya per September 2021 dijual Rp 245,5 juta hingga Rp 266 jutaan.

Sementara Daihatsu Terios tersedia dalam 9 varian. Mobil kembar ini dibanderol dengan harga Rp 205,1 - Rp 255,6 juta.

Xpander Cross ditawarkan dalam tiga pilihan, yakni tipe A/T, M/T, dan A/T dengan tambahan paket leather seat premium package. Harganya dijual mulai Rp 276,5 - Rp 299,5 juta.

Sedangkan Honda BR-V belum mengumumkan harga resmi. PT HPM menyebut banderolan BR-V dijual mulai Rp 260 juta tanpa diskon PPnBM.*




Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)





 
Berita Lainnya :
  • Bantuan Mengalir untuk Bayi Usus Berlipat di Kepulauan Meranti, Salah Satunya dari GPEI Riau
  • 9 Tahun Bersama, Ertiga jadi Mobil Kebanggaan Keluarga Indonesia
  • Gaji Pokok Dipotong 50 Persen, BKD Riau Proses Pemberhentian Sementara Indra Agus sebagai ASN
  • Ramalan Zodiak Hari Ini, Capricorn, Aquarius, Pisces: Anda Akan Capai Banyak Hal
  • Konsumen Indonesia Lebih Pilih Mitsubishi Xpander, Ini Alasannya
  •  
    Komentar Anda :

     
     

    Suzuki.
    Emisi Gas Buang Suzuki
    Perawatan AC Suzuki Tips Menghemat Bahan Bakar (BBM) Saat Mengemudi Tips Mengemudi Hemat BBM ala Suzuki tanpa Modifikasi
     
     
     
     
     
    MobiL
    Grand Opening OtoXpert, Servis Hemat, Cepat Tepat
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved