Otomotif
BREAKING NEWS :
Silaturahmi ke RPBD di Kuansing, Ini Harapan Dit Intelkam Polda Riau
 
Toyota Avanza Versus Hyundai Stargazer, Mana Paling Nyaman dan Lengkap Fiturnya
Sabtu, 27 Agustus 2022 - 08:05:33 WIB
Toyota Avanza versus Hyundai Stargazer
Toyota Avanza versus Hyundai Stargazer

JAKARTA - Segmen mobil low multi purvose vehicle (low MPV) masih menjadi segmen paling seksi di pasar otomotif Indonesia. Tak heran, bila pabrikan otomotif di Indonesia bersaing di segmen mobil keluarga tersebut.

Terbaru, Hyundai menghadirkan low MPV pertamanya, Stargazer. Mengusung desain modern Hyundai percaya diri bisa melibas pesaingnya. Di mana saat ini Toyota Avanza masih menjadi pemimpin pasar di segmen tersebut.

Lantas, seperti apa perbandingan spesifikasi dan fitur dari kedua mobil MPV tersebut, seperti yang dilansir dari inews? Untuk menjawabnya, berikut komparasi Toyota Avanza versus Hyundai Stargazer.

Eksterior
Toyota Avanza memiliki panjang 4.395 mm hingga 4.200 mm, lebar 1.730 mm, serta tinggi 1.700 mm dan wheelbase 2.750 mm. Ground clearance  juga beragam, mulai dari 195 mm.

Bagian bumper depan dan belakang serta grillnya tidak menggunakan aksen berlebihan. Pada bumper depan terdapat headlamp LED Sharp dan Fog Lamp. Sementara pada bagian belakang terdapat LED dengan lampu backdoor.

Sementara Hyundai Stargazer memiliki ukuran lebih besar, panjang 4.460 mm, lebar 1.780 mm dan tinggi 1.690 mm dengan jarak sumbu roda 2.780 mm. Namun, ground clearance-nya lebih pendek dari Avanza, yakni 185 mm.

Interior
Dari segi interior, Toyota Avanza memiliki tata letak dasbor yang memberikan kenyamanan dengan monitor pada bagian tengah serta tombol-tonbol yang mudah dijangkau pengemudi dan penumpang depan.

Pengaturan kursinya juga bisa dibuat sebagai long sofa mode. Kursi baris kedua bisa digeser maju mundur dengan jarak 20 cm. Sandaran pada kursi baris kedua bisa direbahkan total. Kemudian bagian headrest adjustable bisa dilepas.

Adapun Hyundai Stargazer mengusung konsep Multifunctional Storage Space. Ini memungkinkan semua penumpang dimanjakan, karena banyaknya ruang penyimpanan serbaguna memanfaatkan area tersembunyi. Beberapa di antaranya small tray, cup holder, extra pockets, picnic table, dan lainnya.

Tak ketinggalan Hyundai Stargazer juga menyematkan layar sentuh 8 inci dengan kemampuan sambungan telepon di dashboard.

Fitur
Ada banyak fitur yang dihadirkan Toyota Avanza terbaru, antarra lain New Tilt & Telescopic Steering with Audio & MID Switch yang dapat memudahkan melakukan pengaturan kemudi, audio, dan MID melalui sentuhan tombol pada setir.

Selain itu ada juga New Striking Full Dashboard Design memiliki panel instrumen yang bisa memberikan informasi melalui New Advanced 4.2 Inch Digital TFT MID. Kemudian New Illuminating Start/Stop Button yang memudakan menghidupkan dan mematikan mobil meskipun kondisinya gelap.

Hyundai Stargazer juga tak ketinggalan membawa fitur-fitur yang sangat bersaing dengan kompetitor. Sebut saja fitur keselamatan Hyundai SmartSense yang mencakup Forward Collision-avoidance Assist, Lane Keeping Assist, Blind-spot Collision-avoidance Assist, dan Rear Cross-traffic Collision-avoidance Assist.

Selain itu, ada juga fitur auto collision notification (ACN), tombol SOS dan Roadside Assistance (RSA). Kemudian tidak lupa turut dihadirkan fitur T-intouch yang punya kemampuan find my car, geofencing, e-car, support center dan road assistance.

Mesin
Toyota Avanza menawarkan dua pilihan mesin, yakni 1NR-VE 1.329 cc 4 cylinder 16 valve DOHC dual VVT-i. bertenaga 98 PS pada 6.000 rpm dan torsi 121 Nm pada 4.200 rpm. Kedua 2NR-VE 1.496 cc bertenaga 106 PS pada putaran 6.000 rpm dan torsi 138 Nm pada putaran 4.200 rpm.

Sedangkan Hyundai Stargazer memiliki mesin yang di atas kertas seperti yang diusung Hyundai Creta, yakni 1.5L MPI 4 silinder, 16 valve HLA 1.497 cc. Tenaga maksimal 115 PS pada putaran 6.300 rpm dengan torsi maksimal 144 Nm pada putaran 4.500 rpm.

Harga
Toyota Avanza memiliki lima pilihan tipe, yakni 1.3 E MT ditawarkan Rp233,1 juta, 1.3 E CVT Rp247,8 juta. Adapun varian 1.5 G MT ditawarkan Rp255,1 juta, G CVT Rp269,8 juta, dan G CVT dengan fitur Toyota Safety Sense (TSS) Rp295,8 juta on the road (OTR) Jakarta.

Hyundai Stargazer memiliki enam pilihan, yaitu mulai dari varian Active M/T seharga Rp243,3 juta, Active IVT Rp255,9 juta, Active IVT Rp255,9 juta, varian Trend M/T Rp263,3 juta, Trend IVT Rp275,9 juta, Style IVT296,3 juta, dan Prime IVT Rp307,1 juta.

(*)

   





Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


 
Berita Lainnya :
  • Silaturahmi ke RPBD di Kuansing, Ini Harapan Dit Intelkam Polda Riau
  • Diskes Riau Bakal Gelar Seminar Hari AIDS Sedunia Bersama Mahasiswa Kesehatan
  • 63 Kampung dI Riau Terima Sertifikat Proklim, Jhony Charles Harap Terus Ditingkatkan, Ini Sebabnya
  • Sore ini 3 Titik Panas Terdeteksi di Sumatera, Riau Nihil
  • Set Top Box Tiba-tiba Meledak, Ini Sebabnya
  •  
    Komentar Anda :

     
     

    Suzuki.
    Emisi Gas Buang Suzuki
    Perawatan AC Suzuki Tips Menghemat Bahan Bakar (BBM) Saat Mengemudi Tips Mengemudi Hemat BBM ala Suzuki tanpa Modifikasi
     
     
    MobiL
    Honda CDN Riau Kunjungi halloriau.com
     
     
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved