Otomotif
BREAKING NEWS :
Bantuan Mengalir Untuk Bayi Usus Berlipat di Kepulauan Meranti, Salah Satunya Dari GPEI Riau
 


Tangguh di Segala Medan, Mitsubishi Colt L300 Layak Jadi Andalan Usaha Angkut Barang
Jumat, 10 September 2021 - 07:05:46 WIB
Mitsubishi Colt L300
Mitsubishi Colt L300

PEKANBARU - Ada banyak faktor yang dapat mendukung kelancaran usaha yang dikembangkan. Salah satunya adalah soal transportasi, terutama untuk usaha yang bergerak di bidang angkut barang. Seperti yang dialami oleh Joko Satriyo, pria asal Temanggung yang telah berkecimpung dalam usaha muatan barang yang dirintis sendiri sejak tahun 2004.

Pria asal Temanggung, Jawa Tengah, ini memiliki keseharian mengambil muatan dari pelanggan untuk diantarkan ke tempat tujuan. Jenis muatannya pun beragam tergantung orderan yang masuk. Saat musim tembakau, ia bisa mengangkut berton-ton tembakau. Tapi di waktu lain, ia juga bisa mengangkut pupuk kandang untuk didistribusikan ke penjual, seperti dilansir dari otosia.

Moda Transportasi Menjadi Hal yang Krusial
Menjalankan usaha angkut barang seperti yang dibangun Joko, moda transportasi jelas jadi hal yang krusial. Berbagai pertimbangan tentu dilakukan dalam memilih kendaraan yang tepat. Dalam menjalankan operasional hariannya, ia ditemani oleh Mitsubishi Colt L300 yang ternyata sudah 10 tahun menemani perjalanannya dalam mengangkut berbagai jenis barang yang masuk sebagai orderan.

"Saya pilih L300 ini karena mesin yang kuat. L300 ini bandel, kuat kalau menempuh medan tanjakan. Tempat tinggal saya ini kan pegunungan jadi jalannya naik turun. Kalau pakai L300 ini mesinnya kuat," cerita Joko dalam sesi wawancara bersama tim Otosia.com pada Selasa (07/09/2021).

Apa yang dikatakan Joko menjadi bukti ketangguhan performa mesin yang diusung oleh Mitsubishi L300. Berbekal Mesin Diesel 4D56, inilah mesin diesel legendaris Cyclone 2.500cc yang sudah teruji ketangguhannya dalam berbagai medan. Termasuk area pegunungan seperti di lingkungan tempat tinggal Joko.

Selain mesin, pertimbangan lain yang dilakukan oleh Joko tentu soal kapasitas kargo yang besar. "Kapasitas juga besar. L300 ini bisa muat sampai 3 ton. Tapi kalau untuk jalan nanjak seperti di sini, 2,5 ton masih bisa. Mesinnya juga kuat angkut beban segitu di jalan nanjak. Kalau di jalan datar, 5 ton juga masih jalan asal bannya super," ungkap Joko kemudian.

Kalau mengintip spesifikasinya lebih jauh, Mitsubishi Colt L300 memang memiliki kapasitas yang besar karena didukung bak berukuran 2.430mm x 1.600mm x 300mm. Hal ini membantu berbagai aktivitas angkut barang, termasuk jasa angkut muatan yang telah dilakukan Joko selama bertahun-tahun.

Bahkan setelah 10 tahun pemakaian, Joko mengaku tetap setia dengan Mitsubishi Col L300 yang menurutnya sudah sangat baik mendukung usahanya. "Masih tetap bandel biarpun sudah 10 tahun. Memang pernah 3 kali turun mesin tapi itu wajar karena di sini kan jalannya tanjakan. Kalau menurut saya sudah sangat bagus," pungkas Joko.
Antusiasme Tinggi dari Masyarakat

Mitsubishi Colt L300 bisa dibilang menjadi salah satu jagoan yang dimiliki Mitsubishi Motors Indonesia di segmen small pickup. Keunggulannya pun disambut antusias oleh konsumen, terutama mereka yang membutuhkan moda transportasi yang tepat untuk menjalankan usahanya. Hingga tahun 2019, penjualan moda transportasi yang satu ini diperkirakan menembus angka fantastis hingga 700 ribu unit.

L300 sendiri memang layak menyandang gelar tersebut mengingat keunggulan yang diusung seperti tenaga dan torsi mesin kuat yang teruji di berbagai medan yang ada di tanah air. Data dari PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) pada Juli 2021, volume penjualan kendataan ini mencapai 2.066 unit. Dengan kata lain, Mitsubishi Colt L300 menyumbang kontribusi besar kedua terhadap total penjualan Mitsubishi, yaitu 22,6%. Kendaraan tersebut berhasil memimpin pasar pikap di area Jawa Barat dan Jawa Tengah.

"Di Juli tahun ini, L300 mempertahankan posisinya sebagai pemimpin di segmen small pikap 4x2 dengan pangsa pasar lebih 66 persen," ujar Irwan Kuncoro, Director of Sales & Marketing Division MMKSI.

Setia Menemani, Kini Jadi Raja Pikap di Tanah Air
Flashback ke belakang, Mitsubishi Colt L300 pertama kali diperkenalkan di Jepang pada 1979. Dua tahun setelah peluncurannya, pikap ini resmi masuk di pasar tanah air dengan varian mesin bensin 1,4 liter. Baru setelahnya di tahun 1984, varian mesin diesel 2,3 liter diperkenalkan dengan kekuatannya yang powerful karena memiliki tenaga 65 ps di 4.200 rpm dengan torsi 137 Nm pada 2.000rpm.

Di tahun 2000, Mitsubishi Motors resmi memutuskan untuk menghentikan penjualan L300 varian bensin. Sejak saat itu, varian Mitsubishi Colt L300 diesel jadi primadona. Bahkan, bisa dibilang sebagai raja small pickup di tanah air yang membantu berbagai usaha milik masyarakat di berbagai daerah.*




Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)





 
Berita Lainnya :
  • Bantuan Mengalir Untuk Bayi Usus Berlipat di Kepulauan Meranti, Salah Satunya Dari GPEI Riau
  • 9 Tahun Bersama, Ertiga jadi Mobil Kebanggaan Keluarga Indonesia
  • Gaji Pokok Dipotong 50 Persen, BKD Riau Proses Pemberhentian Sementara Indra Agus sebagai ASN
  • Ramalan Zodiak 27 Oktober 2021 Capricorn, Aquarius, Pisces: Anda Akan Mencapai Banyak Hal Hari Ini
  • Konsumen Indonesia Lebih Pilih Mitsubishi Xpander, Ini Alasannya
  •  
    Komentar Anda :

     
     

    Suzuki.
    Emisi Gas Buang Suzuki
    Perawatan AC Suzuki Tips Menghemat Bahan Bakar (BBM) Saat Mengemudi Tips Mengemudi Hemat BBM ala Suzuki tanpa Modifikasi
     
     
     
     
     
    MobiL
    Grand Opening OtoXpert, Servis Hemat, Cepat Tepat
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved